6 Makanan dan Minuman Pemicu Kecemasan yang Wajib Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan makanan manis. Unsplash/Thomas Kelley

Ilustrasi wanita makan makanan manis. Unsplash/Thomas Kelley

IKLAN

5. Kopi

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kira Auf Der Heide

Kopi dapat memperburuk kecemasan, tetapi sekali lagi sama halnya dengan minuman alkohol, efek berbeda pada setiap orang. Perhatikan tingkat stres yang kamu alami setelah minum kopi. Jika kamu menikmati secangkir kopi, minumlah dengan sedikit tambahan gula.

6. Alkohol

Ilustrasi Minuman Beralkohol atau Minuman Keras. REUTERS/Mike Blake

Meskipun alkohol dapat memperburuk kecemasan, dampaknya tidak sama pada semua orang. Jika kamu mengonsumsi alkohol, lakukan dalam jumlah sedang dan perhatikan bagaimana alkohol mempengaruhi perasaanmu.

Bila kamu merasa gelisah atau cemas saat minum alkohol, maka alkohol bukan ditujukan untukmu. Dan, ketahuilah bahwa alkohol dan koktail juga memiliki dampak lain pada kesehatan fisik. Pilihlah minuman yang rendah sirup tambahan, gula, dan jus.

Jadi, sekali lagi sama-sama kita menghindari makanan dan minuman pemicu kecemasan. Fokuslah pada pola makan nabati yang kaya nutrisi dengan banyak lemak sehat dan protein bersih. Serat, adalah nutrisi yang penting untuk mikroba usus, yang berasal dari makanan yang mengenyangkan seperti sayuran, lentil, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang dicerna lebih lambat dan turut membantu menjaga emosi dan gula darah agar tetap stabil.

Baca juga: 6 Penyebab Gangguan Kecemasan Meningkat dan Cara Mengatasinya

WIDYA FITRIANINGSIH | MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."