Tips Perawatan Kulit dengan Kojic Acid yang Mengandung Antioksidan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/Diana.Grystsku

Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/Diana.Grystsku

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa bahan tips perawatan kulit direkomendasikan untuk menghilangkan hiperpigmentasi dan bintik hitam tanpa efek samping yang buruk. Namun bahan ini, kojic acid sedikit berbeda. Meskipun memiliki nama acid atau sama, namun bukan exfoliator. Kojic acid secara alami berasal dari jamur dan cara kerja mencerahkan warna kulit Anda jauh lebih lembut. 

Alih-alih secara kimiawi mengelupas lapisan terluar kulit berbintik-bintik seperti yang dilakukan chemical exfoliant, kojic acid bekerja dengan menghambat aktivitas tirosinase, enzim pembentuk melanin di kulit, sehingga memudarkan area hiperpigmentasi yang ada dan mencegah bintik-bintik kulit gelap di masa depan, menurut  dokter estetika, Dr Fiona McCarthy. Hasilnya, tambah Dr Ifeoma Ejikeme, warna kulit akan tampak lebih cerah dan merata.

Kojic acid terkenal untuk meratakan warna kulit,. "Dengan menekan kelebihan produksi melanin di kulit,  secara efektif menargetkan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan bekas jerawat, " kata dokter estetika Dr Ana Mansouri,

Manfaat kojic acid untuk kulit lainnya adalah sebagai antioksidan. “Kojic acid dapat menetralkan radikal bebas, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kulit kusam, garis-garis halus prematur, pigmentasi dan kemerahan,” kata Dr Ejikeme.

Belum lagi, kojic acid memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. “Ini bagus untuk penderita jerawat karena mengandung kedua kualitas ini, tidak seperti kebanyakan asam lainnya,” catat dokter estetika Dr Sophie Shotter.

Kojic acid tidak memutihkan atau 'mencerakan' kulit Anda dengan cara yang sama seperti hidrokuinon, bahan resep yang kontroversial. Ini perbedaan penting yang harus dibuat karena kojic acid meratakan warna kulit Anda alih-alih mencerahkannya.

Namun, dalam pengaturan klinik, kojic acid kadang-kadang dikombinasikan dengan hidrokuinon. “Kombinasi keduanya memiliki efek sinergis pada hiperpigmentasi,” kata Dr McCarthy, yang sangat menyukai penggunaan kedua bahan tersebut secara bersamaan.

Dr. McCarthy menambahkan kojic acid secara umum aman digunakan dan dapat ditoleransi dengan baik. “Saya selalu menyarankan untuk memulai dengan konsentrasi rendah (1-4 persen) dan memasukkannya ke dalam rejimen perawatan kulit Anda secara perlahan,” tambahnya. Sama seperti zat aktif lainnya, termasuk asam salisilat, asam kojic tidak dianjurkan jika kulit Anda sensitif karena dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan iritasi.

Cara memanfaatkan kojic acid untuk perawatan kulit

Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

“Kojic acid dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda,” kata Dr Sophie Shotter. Itu ditemukan dalam campuran produk - dari pembersih hingga serum - plus, bekerja dengan baik dengan bahan pencerah kulit lainnya seperti vitamin C dan niacinamide. “Tergantung pada formulasinya, beberapa sediaan dapat digunakan hingga dua kali sehari untuk memanfaatkan manfaatnya secara maksimal,” tambah Dr Mansuri.

Meskipun kojic acid tidak dianggap terlalu keras, jika Anda khawatir akan dehidrasi, Dr Ejikeme mengingatkan jika Anda menggunakannya dalam sabun atau pembersih, gunakan produk yang mengandung ceramide setelahnya, untuk mengembalikan hidrasi.

Selain itu jangan lupa menerapkan tabir surya sebagai langkah terakhir dalam rutinitas Anda. "Kalau tidak, Anda hanya menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari baru saat mencoba mengatasi masalah yang sudah ada," kata Dr Shotter.

Kecepatan kojic acid bekerja tergantung pada tingkat keparahan hiperpigmentasi, serta persentase dan formulasi produk yang digunakan. “Hasil biasanya terlihat setelah empat hingga enam minggu penggunaan rutin dan seterusnya, tetapi meningkat dengan penggunaan jangka panjang," kata Dr Mansuri menambahkan bahwa masalah kulit dapat kembali jika Anda menghentikan penggunaan. “Saya merekomendasikan kojic acid sebagai bagian dari rencana pemeliharaan jangka panjang untuk warna kulit yang merata."

Baca: Tips Perawatan Kulit ala Hailey Bieber, Rajin Bersihkan Riasan Wajah Sebelum Tidur

YUNIA PRATIWI | GLAMOUR UK

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."