6 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lidah buaya punya beragam manfaat untuk merawat kecantikan perempuan termasuk rambut. Berkat kekuatannya menghidrasi, lidah buaya termasuk bahan alami yang menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut kamu. Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, perhatikan beberapa cara memakai lidah buaya untuk rambut.

Sebelum mengulik ragam cara memakai lidah buaya untuk mahkota kamu, kita ketahui dulu apa saja manfaatnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Melembapkan Serat Rambut

Bukan cuma melembapkan kulit kepala, lidah buaya juga mampu mengisi batang rambut dengan menghidrasi. Jika kamu memiliki masalah rambut kering dan rapuh, lidah buaya adalah solusinya. Lidah buaya merupakan bahan unggulan untuk mengembalikan kelembapan pada rambutmu.

2. Menenangkan Kulit Kepala

Apakah kulit kepala kamu gatal atau sedang berketombe? Lidah buaya bisa menjadi obat yang menenangkan. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya kulit kepala dari peradangan yang disebabkan oleh ketombe berkat bradikinase, enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan berlebihan.

Gel lidah buaya (Pixabay.com)

3. Membantu Mengatasi Ketombe

Kulit kepala yang kering memang berbeda dengan ketombe, tetapi hal itu bisa menjadi penyebab munculnya serpihan kulit kepala. Mengaplikasikan lidah buaya di kulit kepala kamu dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi ketombe seiring waktu. Ditambah lagi, jika kamu menggunakan lidah buaya sebagai gentle cleanser, hal tersebut dapat membantu menghilangkan serpihan kulit kepala yang muncul sebelumnya.

4. Membantu Mengatasi Noda pada Kulit Kepala

Tahukah kamu bahwa lidah buaya mengandung asam salisilat alami. Apa itu? Asam salisilat adalah salah satu bahan pengobatan jerawat yang terkenal.  Inilah salah satu alasan lidah buaya dapat berfungsi sebagai obat jerawat alami, dan hal itu juga berlaku untuk jerawat pada kulit kepala.

5. Membantu Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E, yang penting untuk pertumbuhan rambut, kata pakar rambut bersertifikat dan penata rambut selebriti, Shab Caspara. Antioksidan tersebut membantu mengurangi dan menetralkan radikal bebas yang dikenal sebagai penyebab kerontokan rambut.

"Lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan B9 (alias asam folat), yang juga merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut, ungkapnya seperti dikutip dari Mind Body Green, Minggu, 5 Februari 2023.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."