Chanyeol EXO Ungkap Lebih Dewasa dan Tenang usai Wajib Militer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Chanyeol. Foto: Instagram/real_pcy

Chanyeol. Foto: Instagram/real_pcy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Park Chan-yeol atau akrab disapa Chanyeol ungkap perubahan dirinya usai menjalani wajib militer (wamil) beberapa waktu lalu. Personil grup EXO sekaligus subunit EXO-SC itu mengaku merasa lebih dewasa usai wamil.

"Aku merasa lebih dewasa dan tenang," kata Chanyeol saat konferensi pers sebelum acara "EXO-SC BACK TO BACK FANCON” di Beach City International Stadium, Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2023

Chanyeol diketahui menyelesaikan layanan militernya pada 28 September 2022 sebagai tentara aktif sejak Maret 2021. Dia mengaku semuanya terasa tak nyata.

Chanyeol menjadi personel kelima EXO yang berhasil menyelesaikan wajib militernya setelah Suho, Xiumin, Chen dan D.O.

Hampir empat bulan berselang, Chanyeol bersama Sehun, rekannya di EXO dan EXO-SC, menyapa EXO-L, sebutan untuk penggemar EXO, di Indonesia melalui gelaran acara "EXO-SC BACK TO BACK FANCON”.

Pria 30 tahun itu mengaku bersemangat karena sudah lama tidak menginjakkan kaki di Indonesia sejak menyelesaikan wajib militer. Chanyeol, Sehun bersama rekan-rekan mereka di EXO mengunjungi Indonesia dalam gelaran konser bertajuk "EXO PLANET #5 - EXplOration" di Tangerang pada November 2019 silam. Kala itu, tiga personel grup yakni D.O., Xiumin, dan Lay absen dari konser.

"Aku di sini sekarang dengan Sehun, tampil untuk kalian juga dan aku sangat bersemangat serta deg-degan," tutur salah satu pelantun lagu History itu.

Soal EXO-L dan Album 1 Billion Views

Ketika ditanya makna EXO-L baginya, Chanyeol mengatakan awalnya seperti teman, tapi kini berubah menjadi seperti keluarga.

"Kami sudah debut selama 11 tahun. Dulu aku merasa EXO-L seperti teman, tapi, sekarang lebih seperti keluarga," ucapnya.

Dia kemudian ditanyai mengenai pengalamannya berpartisipasi dalam pembuatan album EXO-SC, yakni 1 Billion Views bersama Sehun. Album tersebut berisi sembilan lagu. Chanyeol maupun Sehun terlibat dalam penulisan lirik seluruh lagu dan menciptakan tiga lagu di antaranya.

"Aku pikir banyak bersenang-senang dan belajar banyak hal berbeda, seperti memproduksi dan mengarahkan (lagu). Bekerja dengan Sehun, aku juga memulai mempelajari mengenai lagu," imbuhnya.

Selain mereka, personel Dynamic Duo yakni Gaeko juga berpartisipasi dalam produksi album. Sehun mengatakan Gaeko termasuk salah seorang rapper dan produser terbaik di Korea Selatan.

Album 1 Billion Views yang dirilis pada Juli 2020 sempat menduduki peringkat satu di iTunes untuk Top Album Chart di 51 wilayah seluruh dunia dengan penjualan album melebihi 500.000 unit. Capaian ini menjadikan EXO-SC sebagai half-million seller yang membuktikan popularitas global mereka.

Baca juga: Tak Sampai 10 Menit Sehun EXO Sapa Penggemar, Whitelab Sampaikan Maaf

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."