Mengenal Nabila Ishma, Ciptakan CDEF untuk Beri Ruang Aman bagi Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Nabila Ishma Nurhabibah. DokPribadi

Nabila Ishma Nurhabibah. DokPribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nabila Ishma Nurhabibah atau yang akrab dikenal sebagai Nabila Ishma adalah sosok anak muda kelahiran Bandung, 8 Mei 2001 yang kini menjadi mahasiswa aktif di Universitas Padjajaran dengan mengambil konsentrasi jurusan Hukum. 

Sosok Nabila Ishma ini memang terkenal mempunyai segudang prestasi, salah satunya yang paling memukau adalah sudah menjadi change maker dari ASHOKA sebuah organisasi internasional yang memberi apresiasi terhadap anak-anak muda yang sangat berbakat. 

Ada sebuah buku yang berjudul "Teman Untuk Semua" yang bercerita tentang Nabila Ishma ini, kemudian salah satu gerakan yang Nabila Ishma selalu gaungkan kepada masyarakat adalah bagaimana kita memberi ruang kepada teman-teman kita, dulu Nabila bahkan pernah mendapat julukan pembela penjahat. 

Dilansir dari live Instagram cantikadotcom, Selasa, 24 Januari 2023, Nabila turut aktif diberbagai organisasi sejak tahun 2012 yang pada saat itu berumur ia masih berumur 11 tahun dan organisasi pertamanya adalah dengan mengikuti Forum Anak. Nabila pun membagikan alasannya mengapa ia mengikuti organisasi tersebut. 

Hal itu dikarenakan, dulu Nabila mengidolakan sosok ibunda Linda Gumelar yang merupakan mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang aktif berkampanye dan memberikan dukungan pada pejuang kanker, dari situlah Nabila mulai aktif berorganisasi sampai masa kuliah. 

Kemudian, dari organisasi yang ia jalani pada saat kecil inilah yang membuka pandangan Nabila terkait dengan dunia anak. Ia belajar bahwa penting memberikan ruang aman untuk anak itu belajar tanpa adanya kekerasan dan juga tanpa merasa waspada. Dari pengalamannya pada saat SMP ia kerap melihat banyak anak yang kurang mendapat perlakuan yang sesuai dari orang dewasa. 

"Seperti dihukum dengan kata-kata yang tidak mengenakan, kemudian dipermalukan di depan umum, dan tidak adanya ruang aman bagi para anak. Oleh karena itu, dengan pengalaman yang sudah ia dapatkan ini ia membuat wadah komunikasi untuk para anak agar bisa berekspresi dengan positif sesuai dengan ketertarikannya," ungkap Nabila. 

Beri empati, ciptakan CDEF 

Hal itulah yang membawanya menciptakan gerakan aksi yang bernama CDEF yang tergabung pada Forum Anak Nasional pada tahun 2014 yang merupakan gerakan aksi yang membantu anak-anak menemukan wadah yang mereka sukai. CDEF ini sendiri merupakan kepanjangan dari Cari Tahu, Dekati, Empati, dan Forum. 

"Ketika kita melihat anak yang membutuhkan bantuan sebisa mungkin kita cari tahu terlebih dahulu apa masalahnya, kemudian berikan dekati, berikan empati, dan yang terakhir forum agar kita bisa memberi wadah dan mencari jalan keluar masalah itu bersama-sama. Karena, yang mengetahui dan memahami seorang anak adalah anak itu sendiri dan anak yang berada seusianya," tambah Nabila.

Selain mengikuti organisasi kemanusiaan, Nabila Ishma pun turut aktif dalam dunia entertainment. Seperti, ia pernah menjadi finalis Gadis Sampul pada tahun 2014, kemudian menjadi bintang iklan, hingga sampai saat ini pun ia turut aktif menjadi bintang iklan brand kecantikan, maupun menjadi pembicara dan juga narasumber di berbagai tempat.

WIDYA FITRIANINGSIH 

Baca: Eril Ulang Tahun, Nabila Ishma dan Camillia Laetitia Azzahra Masak Apple Pie

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."