Tingkatkan Literasi Gizi Seimbang, Ahli Ingatkan Pentingnya Konsumsi Protein

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anak minum susu (Pixabay.com)

Ilustrasi anak minum susu (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli gizi Marudut Sitompul mengingatkan pentingnya literasi masyarakat dan keluarga di Indonesia untuk paham soal asupan gizi seimbang dan susu sebagai sumber protein. "Salah satu gizi yang penting untuk dipenuhi dalam makanan bergizi seimbang adalah protein dan protein hewani memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap untuk mengoptimalkan tumbuh kembang," kata Marudut dalam peluncuran #KalkulatorFrisianFlag Frisianflag.com pada 31 Februari 2023. 

Marudut mengingatkan bahwa protein bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang. Selain dari makanan, protein hewani bisa didapatkan dari susu. Mengkonsumsi susu secara ryutin dapat menjaga berat badan ideal. "Disarankan untuk tidak lupa minum susu 2 gelas sehari terutama waktu sarapan, sebab sarapan merupakan momen penting untuk pemenuhan gizi untuk memulai hari," katanya. 

Sebelumnya, Frisian Flag Indonesia merilis #KalkulatorFrisianlag, yaitu fitur kesehatan baru di situs Frisianflag.com. Inisiatif ini diluncurkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai gizi seimbang untuk keluarga. Selain itu, harapannya, masyarakat bisa menghitung asupan gizi seimbang setiap hari. Fitur ini bisa digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat secara gratis. Selain fitur itu, website resmi Frisian Flag tersebut menawarkan solusi bagi keluarga Indonesia untuk mendapatkan informasi lengkap soal inspirasi gaya hidup, tips, dan gizi keluarga, demi mendorong terciptanya keluarga Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras. 

Marudut menambahkan bahwa kalkulator online itu bisa menjadi salah satu solusi untuk masyarakat dan keluarga dalam mendapatkan informasi yang lengkap soal gizi. "Hal ini mendorong upaya kita bersama memerangi permasalahan gizi dan meningkatkan status kesehatan keluarga Indonesia," katanya. 

Peluncuran #KalkulatorFrisianlag, yaitu fitur kesehatan baru di situs Frisianflag.com/Frisian Flag

Healthy Food Content Creator Adellia Izza, mengatakan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dan cukup merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit. "Pola hidup sehat bisa dimulai dengan menu sarapan pagi dengan gizi yang seimbang setiap harinya," katanya. 

Adellia pun berharap #KalkulatorFrisianFlag bisa menjadi upaya untuk membantu percepatan literasi gizi kepada keluarga Indonesia. 

Ketidakseimbangan asupan gizi, seperti kekurangan gizi dan gizi berlebih bisa menyebabkan obesitas. Berdasarkan laporan nasional Riset Kesehatan Dasar 2018,  prevalensi obesitas pada orang Indonesia usia 18 tahun ke atas sebesar 21 persen. 

Digital & Marketing Technology Frisian Flag Indonesia, Imam Wibawa Bratakusuma mengatakan masalah gizi menjadi indikator pembangunan kesehatan bangsa yang berpengaruh terhadap kualitas generasi penerus. "Fitur kesehatan terbaru di situs Frisianflag.com hadir sebagai solusi untuk meningkatkan literasi mengenai gizi dan pentingnya menerapkan pola hidup sehat dan aktif di lingkungan keluarga sejak dini," kata Imam. 

Baca: Tips Gaya Hidup Sehat bagi Kamu yang Sibuk Kerja, Jangan Abaikan Gizi Seimbang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."