Merak Asih jadi Konsep Kebaya Akad Nikah Kiky Saputri, Ini Maknanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Komika, Kiky Saputri sah menjadi istri Muhammad Khairi, kekasihnya sejak dua tahun lalu. Keduanya menikah di The Tribrata Darmawangsa pada Sabtu, 28 Januari 2023/Foto: Instagram/Bridestory

Komika, Kiky Saputri sah menjadi istri Muhammad Khairi, kekasihnya sejak dua tahun lalu. Keduanya menikah di The Tribrata Darmawangsa pada Sabtu, 28 Januari 2023/Foto: Instagram/Bridestory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komika, Kiky Saputri sah memiliki pasangan dan menjadi istri Muhammad Khairi, kekasihnya sejak dua tahun lalu. Keduanya menikah di The Tribrata Darmawangsa pada Sabtu, 28 Januari 2023. Menteri BUMN Erick Thohir menjadi saksi pernikahannya. 

"Saya terima nikah dan kawinnya, Rizhky Nurasly Saputri binti Aslih Nuro dengan maskawin tersebut dibayar tunai," kata pengacara itu dengan lancar saat mengucap janji nikah dengan menjabat tangan ayah Kiky. Pria yang melamar Kiky pada 22 Oktober 2022 itu mengucapkannya dengan satu tarikan napas dengan nada tegas. 

Makna Merak pada kebaya akad nikah Kiky Saputri

Konsep Merak Asih spesial dirancang desainer Ikat Indonesia karya Didiet Maulana untuk akad nikah Kiky Saputri dan Muhammad Khairi/Foto: Doc/Ikat Indonesia

Kiky tampil beda dengan kebaya putih adat Sunda berkonsep Merak rancangan desainer Didiet Maulana. Melalui keterangannya kepada Cantika, makna Merak menjadi perlambang keanggunan, kemuliaan, dan keindahan. Merak diabadikan dalam beberapa motif khas Sunda pada batik dan berbagai kriya lainnya. Asih berarti pengasih, penuh cinta.

"Sebuah konsep yang dihadirkan untuk menggambarkan keanggunan penuh kasih kedua mempelai hari ini. Konsep kebaya Kiky mengambil inspirasi model kerah kebaya Sunda dengan potongan yang menampilkan keanggunannya.  Dengan selendang sutera berlipit beraksen serupa sayap-sayap perlambang Merak," ucap Didiet Maulana.

Sementara itu, untuk mempelai pria memakai Beskap dengan bentuk beskap klasik dengan motif bordir halus berpola sulur-sulur tumbuhan. Perlambang kehidupan yang selalu berproses untuk tumbuh.

"Keduanya memakai kain batik tulis Jawa Barat dengan motif Sawat Penganten. Yang menggambarkan hubungan serasi manusia dalam mikrokosmos (eksistensi bathin dan lahir manusia) dan makrokosmos (hubungan manusia dengan alam semesta). Sebuah motif klasik untuk pasangan pengantin," jelasnya. 

Muhammad Khairi memakai beskap klasik dengan motif bordir halus berpola sulur-sulur tumbuhan/Foto: Doc. Ikat Indonesia

Komentar Kiky Saputri di Unggahan Muhammad Khairi

Kebahagiaan pernikahan itu terekam detik per detik dari unggahan dua sahabat Kiky, yakni Ayu Ting Ting dan Hesti Purwadinata. Ketiga makin dekat sejak membintangi program komedi kriminal, Lapor Pak! yang tayang di Trans7. 

Sehari sebelum menikah, Muhammad Khairi, yang mendapatkan gelar sarjana hukum di Universitas Padjadjaran, Bandung dan meraih magister hukum di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta itu, mengunggah pas fotonya bersama Kiky. "Foto terakhir sebagai pacar, bismillah," tulisnya dalam Bahasa Inggris. 

Unggahan itu dikomentari Kiky, komika yang kerap membuat para pejabat mati kutu dengan roastingannya tapi tak bisa marah itu. "Hai calon suami, deg-degan ya gak bisa bobo. Besok malem, kita udah sekamar loh, ihiyyyy," tulisnya jenaka. 

Celetukan Jenaka Ayu Ting Ting dan Hesti Purwadinata

Ayu Ting Ting sendiri mengunggah foto bersama pasangan pengantin dan Hesti Purwadinata. "Alhamdulillah lancar ya Ki sayang...Udah sah amin. Semoga jadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, amin. Cepat dapat momongan sayang luv. Ccieeeee penganten baru aahhhaaaayyyy...ajak teteh dong biar ketularan, amin-amin cepat nikah dapat jodoh amin yang kencengggg," tulisnya. 

Komentar jenaka terlihat dari unggahan Hesti Purwadinata. Ia mengunggah video saat Kiky digandeng komika, Neneng Wulandari ke pelaminan, untuk dipertemukan dengan suaminya. "Cakep amat," tulisnya dengan men-tag akun Instagram Kiky. Saat bertemu M. Khairi, Kiky mencium tangan suaminya. "Salim dulu mau berangkat sekolah," tulisnya.  

Baca: Intip Potret Prewedding Kiky Saputri, Temanya Nuansa Monokrom

ISTIQOMATUL HAYATI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."