Mitos atau Fakta? Yoga Wajah Bisa Mengurangi Garis Halus dan kerutan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan hanya karena manfaat fisik dan mentalnya, banyak orang telah melakukan yoga karena keajaiban yang diyakini bekerja pada kulit, terutama dalam hal mengurangi tanda-tanda penuaan. Jadi tidak mengherankan jika yoga wajah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dan dilakukan sebagai yoga wajah

Namun, apakah berita tersebut mitos atau fakta? Dokter Tishya Singh, seorang dokter kulit, membahas topik tersebut di salah satu postingan Instagram-nya.

Ahli mengatakan bahwa yoga wajah adalah "serangkaian latihan wajah di mana Anda dengan sengaja mengencangkan otot wajah Anda yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi, meningkatkan drainase limfatik, dan melepaskan ketegangan," tulisnya. diyakini bekerja dengan menargetkan "otot wajah, kulit, dan limfatik".

Namun, dia dengan cepat menambahkan bahwa terlepas dari popularitasnya, belum ada penelitian klinis yang dilakukan untuk membuktikan “korelasi positif antara pencegahan kerutan dan latihan wajah.” Dia lebih lanjut menekankan bahwa klaim tentang yoga wajah membantu wajah lebih tirus juga belum tentu kebenarannya. 

“Melatih bagian tubuh tertentu tidak menjamin penurunan berat badan di lokasi tertentu. Kita tidak bisa menentukan bagian tubuh mana yang kita gunakan untuk membakar kalori,” tambahnya.

“Cara terbaik untuk mendapatkan wajah yang lebih tirus adalah dengan fokus pada olahraga umum yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secara normal — atau, untuk mentolerir proses penuaan alami, yang memerlukan penipisan bantalan lemak yang mendasari pipi yang cenderung membuat wajah lebih cekung. (tapi juga, lebih keriput),” tambahnya.

Namun, Dokter Rashmi Shetty, dokter kulit selebriti, Pendiri & Pencipta RA Skin & Aesthetics, mengatakan bahwa yoga wajah dapat melangsingkan wajah, karena menggerakkan otot membantu mengurangi retensi air ekstra di wajah dan membantu drainase limfatik. “Oleh karena itu, jika Anda memiliki wajah yang tahan air dan melakukan gerakan otot dan leher, pasti akan membantu mengurangi bengkak pada wajah,” ujarnya.

Tishya lebih lanjut menunjukkan bahwa klaim tentang yoga wajah yang membantu mengencangkan kulit juga “dipertanyakan”. “Sebaliknya, kontraksi otot yang berulang dapat menyebabkan kulit Anda berkerut (pikirkan: dua garis yang muncul di dahi Anda dari kerutan alis atau kaki gagak dari penyempitan mata Anda). Memberikan 'latihan' otot wajah Anda secara teratur hanya akan mempercepat prosesnya, meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan kerutan lebih cepat, ”tambah Trishya.

Senada dengan Dokter Rashmi, ia menambahkan bahwa yoga wajah tidak akan pernah bisa membantu mengurangi kerutan. “Jika sama sekali, itu dapat meningkatkan kerutan karena terbentuk oleh gerakan otot. Dan tidak seperti tubuh, otot-otot wajah Anda melekat pada kulit dan bukan pada tulang, jadi ketika mereka bergerak, mereka menggerakkan kulit bersamanya. Oleh karena itu, setelah gerakan berulang, kerutan dan garis terbentuk, jadi yoga wajah hanya akan memperburuknya.”

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang yoga wajah dan keefektifannya, ahli yoga Sharmilee Agrawal Kapur, Co-founder dan direktur Atmantan Wellness Centre, yang mengatakan bahwa yoga wajah membantu seseorang melatih otot wajah dan leher secara terencana. “Meskipun yoga wajah mungkin tidak selalu mengurangi kerutan, yoga meningkatkan elastisitas, sculpting, dan munculnya kerutan atau garis halus yang ada, membuatnya terlihat kurang menonjol.”

Dia menambahkan bahwa dengan melatih otot wajah dan leher yang tidak terpakai selama 30 menit setiap hari, seseorang bahkan dapat memperbaiki garis rahang dan definisi wajah. “Tapi yoga perlu dilakukan dengan pernapasan yang sistematis. Yoga wajah, seperti yoga, meningkatkan sirkulasi darah ke area yang sedang berolahraga, dan mendapat manfaat dari dalam ke luar, ”tambahnya.

Ditanya apakah ada penelitian yang mendukung klaim tersebut, dia berkata, “Ya, ada beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan selama bertahun-tahun, tetapi tidak cukup. Satu studi, yang disebut Alam 2018 (studi klinis yang dilakukan oleh North Western University), menunjukkan bahwa yoga wajah ketika dilakukan selama 20 minggu selama 30 menit sehari (siklus 32 latihan) anti-penuaan orang sekitar 2 tahun ( berdasarkan pengujian visual).

Ada tips lain untuk menjaga kesehatan kulit?

Diet sehat, tidak merokok, mengelola stres, melembabkan kulit kering seperlunya, dan mengoleskan tabir surya terbukti sangat membantu. “Selain itu, suntikan seperti Botox yang berfungsi untuk mengurangi gerakan otot wajah dan mencegah keriput juga merupakan pilihan yang bagus. Juga, begitu kerutan terbentuk, mereka dapat dihaluskan dengan laser tertentu, dan micro-needling dengan platelet rich plasma atau dermal fillers,” ungkap Trishya.

Baca: Kerutan dan Kulit Kering, Antioksidan dan Radikal Bebas Tidak Seimbang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."