Dear Ladies, Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita melakukan senam yoga. shutterstock.com

Ilustrasi wanita melakukan senam yoga. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hampir sebulan memasuki tahun 2023, jika kamu ingin memperbarui tujuan kesehatan Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Buatlah rencana kegiaan yang tidak hanya melatih kebugaran fisik Anda tetapi juga kesehatan mental Anda, dan jangan lupa untuk fokus mencintai diri sendiri.

Dokter Padma Srivastava, konsultan dokter kandungan dan ginekolog, Motherhood Hospitals, Lullanagar, membagikan lima kebiasaan yang dapat membantu Anda tetap sehat baik secara fisik dan juga kesehatan mental

1. Waktu tidur lebih awal

Jika Anda, seperti kebanyakan orang, tidak tidur 7-9 jam per malam seperti yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation, Anda mungkin harus melakukan beberapa perubahan untuk memastikan kesehatan Anda. Tapi kita tidak berbicara tentang yang drastis, yang perlu Anda lakukan hanyalah menambah waktu tidur Anda hanya 30 menit setiap minggu. Anda akan tidur lebih nyenyak, kata Srivastava.

2. Aktivitas fisik

Daftar resolusi kesehatan banyak orang dimulai dengan tujuan kebugaran. Namun, jika Anda memulai setelah lama tidak bergerak, harus ada masa transisi dari bekerja di meja sepanjang hari dan joging satu mil dalam waktu kurang dari 10 menit. Mulailah aktivitas fisik dengan bangun pagi dan berjalan-jalan setiap minggu di sekitar lingkungan Anda. Selanjutnya, tingkatkan jumlah dan durasi jalan kaki Anda.

3. Kesehatan payudara

Banyak wanita tidak menyadari tentang isu-isu krusial seperti kepadatan payudara terkait dengan risiko kanker payudara. Kepadatan payudara adalah proporsi jaringan kelenjar dan fibrosa terhadap jaringan lemak di payudara. Wanita harus selalu menyadari kepadatan payudara mereka dan berbicara dengan ahli kesehatan mereka tentang hal itu karena kepadatan payudara memengaruhi peluang seseorang terkena kanker payudara. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kepadatan payudara Anda dan potensi masalah kanker saat Anda menjalani mammogram berikutnya.

4. Beristirahatlah secara teratur untuk otak Anda

Kelelahan bukanlah sesuatu yang Anda inginkan. Temukan sesuatu yang tidak berguna untuk dilakukan selama satu jam; hindari mencoba melakukan banyak tugas atau menyelesaikan tugas lain pada saat yang bersamaan. Setel pengatur waktu dan lakukan sesuatu untuk mengisi waktu Anda sambil menunggu.

5.  Mencintai diri sendiri

Luangkan waktu untuk mencintai diri sendiri. Itu berarti tidak menghukum diri sendiri ketika Anda tidak menyelesaikan tugas atau mencoret sesuatu dari daftar tugas Anda. Cobalah untuk tidak berkubang jika Anda mengalami hari yang tidak efektif atau buruk. Beri diri Anda pujian karena telah melakukan yang terbaik dan berusahalah untuk meningkatkan hari esok.

“Pilih satu atau dua kebiasaan ini untuk memulai. Saya menyarankan untuk berkonsentrasi pada masalah utama yang Anda hadapi sekarang untuk fokus pada masalah yang ingin Anda perbaiki. Meskipun (tentu saja) tidak praktis untuk mencoba mencapai semua 50 tujuan dalam daftar Anda, berkonsentrasi pada satu tekad dari setiap bidang kehidupan Anda, seperti kecantikan, kesehatan mental, dan kesehatan fisik, tidak diragukan lagi dapat membantu Anda merasa lebih baik. 2023,” kata Srivastava.

Baca: Self Love ala Kunto Aji, Jangan Abai dengan Masalah Kesehatan Mental

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."