Michelle Yeoh jadi Aktris Asia Pertama Raih Nominasi Oscar: Saya Hanya Bekerja Sangat Keras

Michelle Yeoh di Golden Globes 2023. Instagram.com/msjordanjohnson

karir

Michelle Yeoh jadi Aktris Asia Pertama Raih Nominasi Oscar: Saya Hanya Bekerja Sangat Keras

Rabu, 25 Januari 2023 08:45 WIB
Reporter : Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mari kita awali pagi ini dengan sosok inspiratif, kali ini dari dunia akting. Aktris Michelle Yeoh masuk dalam daftar nominasi Best Actress Oscar 2023 berkat perannya di film Everything Everywhere All at Once sebagai Evelyn Wang. Ini merupakan nominasi pertamanya di ajang penghargaan film Amerika yang juga dikenal dengan Academy Awards itu.

Bukan cuma itu, Yeoh juga menjadi aktris Asia pertama yang masuk nominasi tersebut di sepanjang sejarah Oscar.

"Saya rasa, apa arti (nominasi) itu kepada saya adalah semua orang Asia di luar sana berkata, 'Lihat 'kan, itu mungkin terjadi. Jika dia bisa melakukannya, saya juga bisa'," kata Michelle Yeoh usai pengumuman nominasi Oscar 2023 kepada Deadline, Selasa, 24 Januari 2023.

"Itu hal yang paling penting. Saya biasa saja. Hanya saja saya bekerja sangat keras. Ada banyak aktris dan aktor di luar sana yang mengetahui bahwa mereka memiliki kesempatannya. Yang harus mereka lakukan adalah mencari kesempatan dan meraihnya," tambah perempuan 60 tahun itu.

Saat berbincang dengan majalah Time pada Desember 2022, Yeoh tak menutupi adanya keinginan untuk meraih piala Oscar, tapi bukan kebutuhan untuk pengakuan.

"Bukan tentang membutuhkannya (pengakuan). (sebaliknya) Perasaan itulah yang tidak perlu kamu jelaskan yakni bentuk cinta dari orang lain (untuk pekerjaan)," jelas aktris asal Malaysia itu.

"Lenganku terbuka (meraih Oscar)," pungkas Yeoh.

Poster film Everything Everywhere All at Once yang dibintangi Michelle Yeoh. Foto: Instagram/@michelleyeoh_official

Kata Michelle Yeoh Soal Aktris Asia 

Michelle Yeoh mengatakan dia telah memikirkan fakta bahwa tidak ada wanita Asia yang pernah memenangkan Aktris Terbaik di Oscar. "Dan bukan hanya saya - saya merasa komunitas Asia saya telah memikirkannya," jelasnya

"Mereka mendatangi saya dan berkata, 'Kamu (bisa) melakukannya untuk kami,'" kata Yeoh kepada Time.

Dia juga menyebutkan rekan-rekannya di Hollywood yang kebetulan adalah wanita kulit putih, termasuk pesaing penghargaan lainnya tahun ini, Cate Blanchett, Olivia Colman, dan Helen Mirren, mengatakan, "Saya iri dengan semua kesempatan berbeda yang [mereka] dapat tunjukkan [mereka] bakat lagi dan lagi."

"Ketika kamu mendapat kesempatan seperti ini, kamu harus mencurahkan hati dan jiwamu ke dalamnya, karena kamu tidak tahu kapan kesempatan berikutnya," jelas Yeoh tentang perannya di Everything Everywhere All at Once.

"Saya pikir itu adalah ketakutan terbesar saya: Tolong jangan biarkan ini menjadi satu-satunya."

Academy Awards telah dikritik di masa lalu karena menominasikan terutama aktor kulit putih. Namun, tahun ini, beberapa aktor Asia mendapat kesempatan yang sama dari Academy termasuk lawan main Yeoh, Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu, serta Hong Chau untuk The Whale.

Ini menandai jumlah tertinggi nominasi akting Asia dalam sejarah Oscar, menurut Variety.

Baca juga: Michelle Yeoh Terima Gelar Doktor Kehormatan Seni Rupa dari American Film Institute

Michelle Yeoh berpose dengan penghargaan Best Actress dalam Musical or Comedy Motion Picture untuk film Everything Everywhere All at Once di ajang Golden Globe Awards Ke-80 di Beverly Hills, California, Amerika Serikat, 10 Januari 2023. REUTERS/Mario Anzuoni

Penghargaan dan Nominasi Michelle Yeoh di Tahun 2023

Yeoh telah meraih beberapa penghargaan di jalur penghargaan di awal tahun ini, termasuk Golden Globes 2023 untuk kategori aktris terbaik atau Best Actress. Dia menjadi aktris Asia kedua yang memenangkan penghargaan tersebut. Seperti diketahui Awkwafina memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 2020 untuk perannya dalam The Farewell.

Yeoh juga menerima penghargaan sebagai Aktris Terbaik dari National Board of Review. Dalam pidato kemenangannya, ia mengungkapkan bangga mencetak sejarah.

"Saya sangat bangga menjadi aktris Asia pertama dalam 45 tahun yang menerima penghargaan ini."

"Saya harap ini berarti Hollywood dan komunitas pembuat film menyadari betapa film ini sangat menentukan, dan semua hal yang telah saya perjuangkan dan coba capai dalam karir empat dekade saya," tambahnya.

Yeoh juga membawa pulang penghargaan aktris terbaik dari Saturn Awards dan Hollywood Critics Association untuk perannya dalam film tersebut, dan dinominasikan untuk penampilan utama yang luar biasa di Gotham Independent Film Awards. Dia juga siap untuk penampilan utama terbaik di Film Independent Spirit Awards pada 4 Maret 2023.

Baca juga: Raih Aktris Terbaik di Golden Globe 2023, Michelle Yeoh: Mimpi jadi Kenyataan

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika