Manfaat Minyak Argan untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak argan. shutterstock.com

Ilustrasi minyak argan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutin meminyaki rambut salah satu cara menjaga kesehatan rambut. Sebab kebiasaan itu bisa meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus menghidrasi rambut. Bukan cuma itu, ada sederet manfaat minyak argan untuk rambut yang perlu kamu ketahui beserta cara menggunakannya.

Disebut sebagai "emas cair" oleh banyak orang, Healthline menegaskan bahwa minyak argan memang sehat untuk rambut Anda. Minyak argan membantu mengunci kelembapan, mengurangi kerusakan, dan menghilangkan rambut kusut. Minyak berwarna kuning ini juga secara efektif membuat rambut terasa sangat halus.

Keunggulan lainnya dari minyak argan adalahs seperti pembangkit tenaga listrik, dan tonik rambut jika dikombinasikan dengan minyak rambut lain seperti jojoba, kastor, dan kelapa.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, diimbau menggunakan minyak argan sesuai jenis tekstur rambut. Bagi pemilik rambut tebal dan keriting, sebaiknya menggunakan minyak argan, sedangkan versi yang lebih ringan paling baik untuk tekstur rambut lainnya. 

Jika Anda tidak menggunakan minyak rambut dengan cara yang benar, itu bisa mengeringkan helai rambut Anda. "Molekul dalam minyak argan terlalu besar untuk menembus kutikula rambut Anda," kata penata rambut selebriti Mark Townsend, yang telah bekerja dengan bintang Hollywood seperti Elizabeth Olsen, Natalie Portman, dan Aubrey Plaza.

"Karena tidak bisa menembus, sebenarnya hanya menempel di atas rambutmu." Ini bisa menjadi masalah jika Anda menggunakannya saat rambut Anda basah, atau jika Anda menggunakannya terlalu banyak.

Apa Itu Minyak Argan?

Minyak argan adalah minyak yang diekstraksi dari pohon argan, yang berasal dari Maroko. Dapat digunakan di dapur atau untuk keperluan kosmetik dan skincare. Dalam bentuknya yang paling alami, ramuan populer ini mengandung asam lemak dan antioksidan, termasuk vitamin E.

Ini adalah minyak ringan yang cocok untuk semua jenis rambut, dan strukturnya sebenarnya sangat mirip dengan sebum yang diproduksi tubuh kita secara alami, membuatnya sangat bermanfaat. bagi mereka yang memiliki rambut kering.

Selain rambut, minyak tanpa bobot itu juga bisa digunakan untuk memperbaiki kulit kering dan menyembuhkan kuku yang lemah dan rusak.

Cara Menggunakan Minyak Argan Untuk Rambut

Jika Anda tahu cara menggunakan minyak argan untuk rambut dengan benar, ini bisa efektif mengurangi rambut kusut. Gunakan hanya satu atau dua pompa untuk seluruh kepala Anda dan aplikasikan ke rambut kering untuk mengunci kelembapan yang sudah Anda masukkan ke dalamnya, seperti dengan kondisioner tanpa bilas.

Hal ini memastikan produk rambut Anda yang menghidrasi tetap menempel sambil tetap meratakan rambut kusut, dan rambut Anda tidak akan menjadi kering tulang seiring waktu.

Yang perlu diingat sekali lagi, jangan mengaplikasikan minyak argan ke rambut basah sebelum benar-benar kering.Sebab hal itu hanya akan membuat rambut Anda terasa halus pada awalnya, tetapi seiring waktu, justru bisa mengeringkannya.

"Minyak argan menciptakan penghalang di atas rambut Anda, yang menghalangi pelembap yang mencoba masuk," jelas Townsend.

Baca juga: 5 Cara Memberikan Nutrisi Rambut dengan Minyak Argan

POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."