8 Manfaat Minyak Rosemary untuk Rambut, dari Menebalkan hingga Atasi Rambut Kusut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak rosemary. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi minyak rosemary. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak rosemary adalah minyak esensial yang berasal dari ramuan rosemary aromatik. Dan ketika digunakan untuk rambut, minyak esensial ini adalah produk andalan bak bintang bersinar. Tidak hanya secara klinis terbukti efektif untuk pertumbuhan rambut, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memperkuat rambut yang sudah kamu miliki. Simak sederet manfaat minyak rosemary untuk rambut.

Berikut Manfaat Minyak Rosemary untuk Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

1. Menghidrasi Rambut

Kamu harus selalu memasangkan minyak rosemary dengan minyak esensial lainnya seperti jojoba untuk membantu menjaga rambut tetap terhidrasi. Minyak tersebut berfungsi sebagai pelembap alami.

2. Menebalkan Rambut

Minyak rosemary juga bantu menutrisi folikel rambut, sehingga meningkatkan ketebalan dan jumlah rambut.

3. Jaga Kesehatan Rambut

Karena minyak rosemary memiliki sifat anti-inflamasi, minyak tersebut dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan iritasi pada kulit kepala. Dengan begitu, sifat tersebut membantu pertumbuhan rambut yang sehat

4. Merangsang Kulit Kepala

Minyak atsiri, seperti rosemary, dapat merangsang sirkulasi di kulit kepala, yang membantu mengalirkan aliran darah dan nutrisi sehat ke folikel rambut.

5. Menghilangkan Penumpukan Minyak Berlebih

"Minyak rosemary memiliki sifat memurnikan yang menjadikannya bagian penting dari rutinitas rambut saya dan salah satu campuran rambut favorit saya," kata Leslie Lewis, direktur senior pelatihan dan pendidikan global di Young Living.

Kemampuan memurnikan tersebut dapat membantu memperjelas kulit kepala dan mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan penumpukan dari folikel.

6. Mengurangi Rambut Kusut

Jika Anda kesulitan mengatasi rambut kering, minyak rosemary yang diencerkan dapat meredakan rambut kusut dan mencegah kerusakan.

7. Menambah Kilau Rambut

Minyak nabati secara khusus (termasuk rosemary), melapisi rambut dengan lapisan yang memantulkan cahaya, menambah kilau tinggi pada helai rambut. Plus, rosemary penuh dengan polifenol, seperti carnosol, asam carnosic, dan asam rosmarinic1.

Mengingat antioksidan ini dapat membantu menetralkan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit kepala dan rambut, minyak rosemary dapat membantu memperkuat helai rambut yang Anda miliki dan membuatnya tetap hidup dan subur.

8. Mengurangi Ketombe

Karena minyak rosemary juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antijamur, minyak ini juga dapat membantu meminimalkan gejala ketombe.

Cara Kerja Minyak Rosemary untuk Rambut

Rosemary memiliki sejarah panjang dalam penggunaan obat herbal (sangat dihargai di Mesir, Yunani, dan Roma untuk manfaat kecantikannya). Di luar penggunaan historisnya, minyak rosemary juga telah dipelajari secara klinis, dengan hasil yang menjanjikan.

Salah satu faktnya, uji coba komparatif acak tahun 2015 menemukan bahwa minyak esensial rosemary sama efektifnya dengan minoksidil (bahan aktif dalam banyak produk penumbuh rambut komersial) untuk mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan oleh androgen—juga dikenal sebagai pola kebotakan pria atau wanita— setelah enam bulan.

Dan coba tebak? Dalam penelitian tersebut, minoksidil memiliki tingkat gatal dan ketidaknyamanan yang lebih tinggi pada kulit — namun minyak rosemary tidak. Mungkin itu sebabnya ahli bedah plastik holistik, Anthony Youn, menganggap campuran tersebut sebagai pilihan yang sangat masuk akal bagi orang yang ingin tetap alami dan memiliki masalah penipisan rambut.

Baca juga: Manfaat Minyak Argan untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."