5 Inspirasi Dekorasi Imlek 2023, Datangkan Keberuntungan dan Kemakmuran di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Dekorasi Imlek/ IKEA

Ilustrasi Dekorasi Imlek/ IKEA

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu siap menyambut tahun kelinci pada Imlek 2023? Dalam budaya Tiongkok, tahun kelinci melambangkan umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Orang-orang yang memiliki shio kelinci pun dipercaya memiliki kepribadian yang cerdas, tangkas, dan pandai.

Masyarakat memprediksi tahun 2023 sebagai tahun yang penuh harapan. Tidak heran dalam merayakan Imlek 2023, kota-kota dan rumah-rumah biasanya mengadakan parade, menikmati berbagai makanan bersama kerabat, membeli baju baru sebagai lambang awal yang baru, serta saling memberikan angpao merah dan kado. 

Merayakan Imlek 2023 bisa dilakukan dengan banyak cara. Tentunya selebrasi Imlek 2023 tidak hanya bisa melalui makanan dan pakaian saja, melalui berbagai dekorasi rumah unik dan cantik pun bisa dilakukan. Salah satu yang mungkin diperhatikan dalam dekorasi perayaan Imlek 2023 adalah warna merah.

IKEA, melalui koleksi FÖSSTA menawarkan ide dekorasi yang terinspirasi dari budaya dan teknik kesenian Tiongkok. FÖSSTA adalah sebuah lini produk yang indah dan praktis dengan menggabungkan sisi modern dan tradisional.

Koleksi FÖSSTA menghadirkan desain embossed khas Dinasti Tang dan motif plum blossom (bunga prem) yang terinspirasi dari lukisan tinta dan kuas tradisional Tiongkok. Tentunya koleksi ini dilengkapi dengan desain kelinci untuk mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan ke hunian kamu sepanjang tahun. 

Simak 5 inspirasi dekorasi Imlek 2023 untuk mempercantik rumahmu.

1. Ciptakan energi yang tenang dengan bantal yang cozy

Bantal Kursi Kelinci/IKEA

Apakah kamu sedang menunggu tamu-tamu yang akan hadir di rumah? Dalam mempersiapkan acara kumpul keluarga besar itu, jangan sampai kamu kelelahan ya. Kamu bisa beristirahat sejenak menjelang perayaan yang panjang menunggumu. Bantal kursi kelinci ini sangat cocok untuk kamu gunakan saat bersantai di sofa dan untuk menciptakan vibe yang homey di ruang tamu selama perayaan berlangsung. 

Desainer IKEA Willy Chong dan Zhelin Lian mengatakan Imlek tahun ini merayakan kedatangan tahun kelinci dan sebagai bagian dari koleksi FÖSSTA. "Kami menggabungkan kelinci menggemaskan ini dalam desain produk-produk kami. Kami berharap dapat meningkatkan semangat Tahun Baru Imlek di rumah kamu sekaligus membawa nuansa yang rileks nan meriah di era pasca-pandemi ini," katanya dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 19 Januari 2023.

2. Lampion untuk mengundang kesuksesan dan keberhasilan di tahun yang baru

Ilustrasi Lampion/IKEA

Selama Tahun Baru Imlek kamu akan sering melihat lampion karena mereka dipercaya dapat mengusir nasib yang kurang baik. Berdasarkan ilmu Feng Shui, kamu dianjurkan untuk menggantung lampion di kedua sisi pintu secara sejajar untuk menyeimbangkan yin dan yang dalam hidupmu. Merah merupakan lambang keberuntungan dan kebahagiaan, apabila kamu menggantungkan lampion merah di pintu masuk, artinya keberhasilan dan peluang akan mendatangimu. 

Ketika siang berganti malam, lampion tentunya bisa menghidupkan suasana yang spektakuler untuk perayaan Imlek-mu. Dengan menggantungkan lampion, diharapkan kesuksesan dan keberhasilan akan datang bagimu di tahun baru ini!

3. Atur ruang tamu dan gunakan organizer untuk bangun energi yang positif dan nyaman bagi kerabat

organizer/Ikea

Suasana yang nyaman dan positif bagi keluarga dan teman sangat penting, terutama di ruang tamu yang harus bersih dan rapih. Menurut Feng Shui, ruangan yang tertata akan membawa aliran energi dan keseimbangan yang baik. Storage box FÖSSTA bisa membantu kamu merapihkan majalah, buku, dan benda-benda lain untuk membuat ruangan menjadi lebih apik. “Ketika mendesain kain untuk koleksi FÖSSTA saya terinspirasi dari lukisan plum blossom khas Tiongkok yang dibuat dengan teknik ink wash – yang digunakan untuk kaligrafi. Fitur yang paling menonjol dari desain ini adalah bunga-bunga berwarna putih yang kontras dengan background yang polos,” kata Desainer IKEA Jennifer Idrizi.

4. Table runner merah dengan lukisan plum blossom melambangkan tekad kuat dan ketekunan

Table runner /IKEA

Meja menjadi salah satu tempat utama ketika perayaan Imlek 2023. Maklum pada hari spesial itu, seluruh keluarga akan menikmati hidangan bersama. Table runner merah cocok untuk menghias meja makanmu dan juga bisa digunakan untuk mempercantik meja lain di rumah. Dalam budaya Tiongkok, merah merupakan warna yang populer untuk melambangkan keberuntungan, sukacita, dan kebahagiaan. Sedangkan plum blossom adalah salah satu pohon buah yang mekar di akhir musim dingin, sehingga dianggap menjadi lambang harapan setelah melewati musim dingin yang panjang. 

5. Sumpit cantik menandakan umur panjang, kebersamaan, dan momen penuh keceriaan

Ilustrasi Sumpit/IKEA

Bukan Tahun Baru Imlek namanya kalau tidak dipenuhi dengan beragam hidangan lezat seperti bakmi yang mewakili kesehatan dan kuo tie yang melambangkan kekayaan. Ketika makananmu yang mengumpulkan semua orang, dekorasi cantiklah yang akan membuat kerabatmu semakin betah! Salah satu cara untuk memperindah meja makanmu adalah dengan sumpit berdesain indah.

Sumpit merupakan tanda peradaban dan lambang sejarah Tiongkok. Sumpit juga menjadi bagian penting dari adat istiadat Tiongkok, di mana untuk para lansia, sumpit melambangkan umur panjang dan kesehatan. Bagi orang tua dan pasangan, sumpit menandakan kebersamaan sedangkan untuk anak-anak, hal ini merupakan lambang masa kecil yang bahagia. 

Kamu bisa menggunakan sumpit FÖSSTA yang memiliki 4 pasang ini untuk menyantap seluruh makanan khas Imlek dengan orang-orang kesayanganmu.

“IKEA berkomitmen untuk memberikan solusi dan inspirasi perabot rumah tangga bagi semua orang, dan hal ini pun tergambar dalam koleksi FÖSSTA yang terinspirasi dari keindahan seni dan budaya Tiongkok. Kami percaya bahwa melalui koleksi ini, masyarakat dapat merayakan Imlek dengan lebih berkesan dan penuh kehangatan bersama orang-orang terdekat mereka,” kata Communication and Public Relations Manager IKEA Indonesia Metha Tri Rizka.

Semoga kamu terinspirasi oleh koleksi ini dan kamu bisa menyambut tahun kelinci yang penuh dengan kebahagiaan dan kemakmuran.

Baca: Sambut Imlek 2023, Berikut Pilihan Drama China untuk Ditonton bersama Pasangan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."