Dalam Waktu Kurang dari 5 Menit, Kim Kardashian Beli Liontin Salib Putri Diana Seharga Miliaran Rupiah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Putri Diana memakai kalung dengan liontin berbentuk salib yang ikonik pada tahun 1987, yang baru-baru ini dilelang dan jatuh ke tangan Kim Kardashian. Instagram.com/@sothebys

Putri Diana memakai kalung dengan liontin berbentuk salib yang ikonik pada tahun 1987, yang baru-baru ini dilelang dan jatuh ke tangan Kim Kardashian. Instagram.com/@sothebys

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bintang reality show dan pengusaha, Kim Kardashian membeli liontin salib Attallah dari batu kecubung (amethyst) yang terkenal setelah dikenakan oleh Putri Diana. Menurut laporan People, pada Rabu, 18 Januari 2023, waktu setempat, mantan istri Kanye West itu membeli liontin mewah tersebut dari rumah lelang Sotheby's dalam program tahunan Royal and Noble Auction.

Kim menawar liontin itu seharga 197.453 dolar atau sekira Rp2,9 miliar. Ia langsung membelinya dalam waktu kurang dari lima menit. Ada empat penawar di lelang tersebut, termasuk Kim.

Pihak Sotheby's menyatakan bahwa harga yang ditawar Kim, dua kali lebih besar daripada yang diperkirakan rumah lelang itu.

"Ini adalah perhiasan yang berani dalam segi ukuran, warna, dan gaya yang tidak mungkin gagal ketika seseorang ingin membuat pernyataan, baik mode ataupun keyakinan, atau bahkan keduanya," ujar Kepala Perhiasan Sotheby's London Kristian Spofforth dalam pernyataannya.

Pihak Sotheby's juga menyatakan senang bahwa perhiasan legendaris itu kini memiliki kehidupan baru di tangan pemilik baru yang merupakan sosok terkenal secara global.

Seorang sumber yang dekat dengan Kim mengatakan kepada People bahwa Kim Kardashian merasa terhormat memiliki perhiasan legendaris yang pernah dikenakan oleh mendiang Putri Diana.

Riwayat Liontin Salib

Mendiang Putri Diana mengenakan liontin itu dalam beberapa kesempatan, yang paling terkenal adalah gala amal Birthright's di London pada 1987 yang mendukung organisasi kemanusiaan untuk mereka yang sedang hamil dan melahirkan. Kala itu, ia mengenakan gaun Catherine Walker beludru hitam-ungu yang serasi. Perhiasan tu adalah langkah berani dari pihak Diana, dan ia diyakini telah mengenakan liontin itu di untaian mutiaranya sendiri.

Bicara soal desain, liontin berbentuk salib itu adalah potongan yang berani dan berwarna-warni dengan batu kecubung berpotongan persegi dan beraksen berlian berpotongan melingkar, menurut  pernyataan dalam siaran pers Sotheby.

Salib itu memiliki berat total berlian sekitar 5,25 karat dan berukuran sekitar 136 x 95mm. Desain bergaya fleurée diciptakan oleh Garrard pada tahun 1920-an, ahli perhiasan yang sama di balik cincin pertunangan safir ikonik milik Diana.

Berdasarkan keterangan Sotheby's, perhiasan mewah tersebut memiliki sejarah selama puluhan tahun sejak rumah mode Garrard merancang liontin itu di tahun 1920-an.

Liontin itu kemudian dibeli oleh mendiang Naim Attallah, mantan kepala eksekutif grup Asprey & Garrard yang sering meminjamkan permata itu kepada Putri Diana pada tahun 1980-an. Menurut rilis Sotheby's, salib itu hanya terlihat dikenakan oleh Diana dan setelah kematiannya, liontin salib itu belum terlihat di depan umum sampai sekarang.

Kim Kardashian dikenal karena kecintaannya pada fashion bersejarah. Dia sempat mengenakan gaun "Happy Birthday, Mr. President" Marilyn Monroe ke Met Gala 2022. Gaun yang disebut  "World’s Most Expensive Dress" dikenakan Monroe ketika dia menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada John F. Kennedy di pesta ulang tahunnya ke-45 di Madison Square Garden pada tahun 1962.

Baca juga: Momen Manis Kim Kardashian dan Putrinya Kunjungi Tempat Bersejarah di Milan

ANTARA | PAGE SIX

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."