10 Efek Samping Makan Cokelat Setiap Hari, Bisa Menambah Energi atau Bikin Gelisah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

IKLAN

6. Memicu Masalah Perut

"Tergantung pada jenis cokelatnya, masalah perut mungkin muncul ketika makan cokelat yang mengandung lebih banyak produk susu dan tambahan gula," kata Yeung. Masalah perut yangbisa timbuh adalah diare, kembung, sakit perut, dan gas - terutama jika Anda memiliki intoleransi laktosa, IBS, atau sensitivitas gula.

"Selain itu, jika Anda makan banyak cokelat dan sensitif terhadap kafein, kafein juga dapat memicu buang air besar," tambah Yeung. Itu karena kafein merangsang kontraksi di saluran pencernaan Anda dan memicu produksi asam lambung, menurut Clinic Cleveland.

7. Bikin Suasana Hati Lebih Baik

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres," kata Yeung.

Salah satu penelitian tersebut, tinjauan sistematis Oktober 2013 di ‌Nutrition Review‌‌‌ mengamati bahwa camilan manis dapat meningkatkan suasana hati seseorang, dan bahkan membantu membalikkan suasana hati yang menyenangkan.

Namun para peneliti mencatat bahwa hubungan antara cokelat dan suasana hati masih belum jelas. Dengan kata lain, tidak ada cukup bukti untuk mengetahui apakah efek peningkatan hanya berhubungan dengan pengalaman inderawi yang menyenangkan saat makan cokelat atau atribut farmakologis tertentu.

Demikian pula, studi Januari 2022 lainnya di ‌Journal of Nutritional Biochemistry‌ menunjukkan bahwa cokelat hitam juga dapat membantu menghilangkan suasana hati yang negatif. Tetapi dalam kasus ini, penulis menyimpulkan bahwa sifat prebiotik cokelat hitam, yang meningkatkan keragaman dan kelimpahan bakteri usus, dapat memengaruhi sumbu usus-otak dan bertanggung jawab atas potensi manfaat berbasis suasana hati.

Namun perlu diingat, diet tinggi gula tambahan telah dikaitkan dengan depresi dan kecemasan, kata Yeung. Sebaiknya Anda memilih cokelat hitam rendah gula.

Ilustrasi makan cokelat. Shutterstock

8. Berkontribusi pada Batu Ginjal

"Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, sebaiknya hindari makan cokelat setiap hari," kata Yeung. Itu karena cokelat tinggi oksalat, zat alami yang ditemukan di banyak makanan, katanya.

Batu ginjal terbentuk ketika ada konsentrasi tinggi bahan kimia tertentu, seperti oksalat, dalam urine Anda, menurut Harvard Health Publishing.

Ketika itu terjadi, kristal terbentuk, yang dapat berkembang menjadi batu yang melewati saluran kemih. Tetapi jika batu tersangkut dan membatasi aliran urin, itu bisa menyebabkan banyak rasa sakit.

Meskipun Anda tidak perlu memotong cokelat sepenuhnya, membatasinya pada acara-acara khusus mungkin merupakan ide yang aman jika Anda rentan terhadap batu ginjal.

9. Memicu Migrain

Percaya atau tidak, cokelat batangan kesayangan Anda bisa menjadi sumber sakit kepala Anda yang berdenyut. "Cokelat adalah pemicu umum migrain," kata Yeung.

Alasannya, cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine. Kedua stimulan dapat mempengaruhi cara kerja sistem saraf dan menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang pada akhirnya menyebabkan migrain, kata Yeung.

"Selain itu, banyak cokelat yang mengandung banyak gula tambahan, yang dapat menyebabkan gula darah dan fluktuasi hormonal yang juga memengaruhi pembuluh darah," tambahnya.

Meski begitu, sejumlah penelitian masih belum memastikan apakah cokelat memicu sakit kepala. Contohnya, dalam ulasan Nutrients pada Maret 2022, setelah mengevaluasi 25 studi tentang topik‌,‌ penulis menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan pasti antara cokelat dan migrain.

Selain itu, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa cokelat mungkin berfungsi sebagai pencegahan sakit kepala pada orang-orang tertentu, kata Yeung.

Simpulannya, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah cokelat batangan Anda dapat menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan. Dan, jika cokelat tampaknya menjadi salah satu pemicu migrain Anda, hindarilah, kata Yeung.

10. Memicu Jerawat

Makan cokelat setiap hari bisa memicu masalah kulit termasuk jerawat. Sebab makanan tinggi gula seperti susu dan coklat putih bisa memperparah jerawat.

Begini cara kerjanya, makanan kaya gula menyebabkan lonjakan gula darah, yang dapat memicu respons peradangan dan meningkatkan produksi sebum (yaitu minyak), menurut American Academy of Dermatology Association (AAD).

Tetapi bahkan varietas rendah gula seperti cokelat hitam dapat menyabotase kulit Anda. Itulah yang ditemukan oleh sebuah studi kecil Mei 2016 di ‌International Journal of Dermatology‌. Sebanyak 25 orang yang rawan jerawat makan 25 gram (sekitar 1 ons) 99 persen cokelat hitam setiap hari selama sebulan.

Setelah empat minggu, para peneliti mencatat peningkatan yang signifikan secara statistik dalam jumlah komedo (komedo putih atau komedo) dan papula inflamasi (jerawat).

Tapi gula bukan satu-satunya komponen dalam cokelat yang bisa memperparah jerawat. Susu sapi, yang bisa menjadi bahan utama dalam jenis cokelat tertentu seperti, cokelat ‌susu‌, juga memicu jerawat, menurut AAD.

Baca juga: Makan Cokelat Hitam Bisa Kurangi Risiko Depresi, Kata Penelitian

LIVE STRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."