10 Efek Samping Makan Cokelat Setiap Hari, Bisa Menambah Energi atau Bikin Gelisah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

IKLAN

5. Memicu Penambahan Berat Badan

"Seperti makanan apa pun, cokelat memiliki kalori. Dan saat mengonsumsi kalori berlebih, hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan," kata Yeung.

Dalam hal menambah berat badan, yang membuat cokelat sangat bermasalah adalah kandungan gulanya. Makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin (seperti varietas coklat manis) dapat menyebabkan rasa lapar dan makan berlebihan, menurut Harvard T. H. Chan School of Public Health. Seiring waktu, pola ini dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, serta risiko diabetes dan penyakit jantung.

Tapi sekali lagi, moderasi adalah kuncinya. "Makan sedikit cokelat setiap hari bersama dengan diet seimbang dan bervariasi secara keseluruhan tidak akan berkontribusi pada penambahan berat badan," kata Yeung.

Itu terutama benar jika Anda makan cokelat hitam, yang memiliki lebih sedikit gula dan lemak daripada susu dan cokelat putih.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."