Penuaan Dini jadi Masalah Kulit yang Dialami Perempuan, Apa Sebabnya?

Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

kecantikan

Penuaan Dini jadi Masalah Kulit yang Dialami Perempuan, Apa Sebabnya?

Senin, 11 Juli 2022 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Klinik kecantikan kulit adalah salah satu destinasi yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh konsumen, berbagai inovasi dan tren baru untuk produk maupun treatment selalu hadir disetiap tahunnya. Klinik kulit ini sudah menjadi sebuah kebutuhan lintas gender, tak hanya digunakan kaum hawa namun juga diminati kaum pria. 

Hadirnya banyak klinik kulit yang menawarkan berbagai solusi untuk konsumen tentunya didasari dengan tingginya demand masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi secara global. Kebutuhan masyarakat pun beragam dan pasarnya sangat luas. Pangsa pasar anti aging sendiri mempunyai potensi market yang cukup baik. Hal ini disebabkan karena penuaan pada kulit memang menjadi dilema tersendiri di kalangan kaum urban ibu kota. 

Head of Erha Ultimate Anti Aging, Irinne Dwiyuliana Pratiwi mengatakan berbicara mengenai penuaan dini pada kulit, pada usia muda kulit akan beregenerasi setiap 28 hingga 30 hari dan seiring bertambahnya usia maka akan semakin lambat kulit beregenerasi. Dengan bertambahnya usia dan mulai dari usai 20-30 tahun, kolagen di tubuh berkurang dari 1-3 persen sehingga elastisitas pada kulit akan berkurang dan berakibat munculnya kerutan dan garis-garis pada wajah. 

"Di sisi lain, masalah penuaan pada kulit ini juga mulai disadari dari orang yang berusia muda saat ini, yang sering dikatakan penuaan dini. Tentunya penuaan dini banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor, antara lain gaya hidup tidak sehat, radikal bebas, paparan sinar matahari, dan juga karena stres yang melanda," ucapnya dalam peluncuran kampanye Ageless Limitless dan nonton bareng Thor: Love & Thunder, Kamis, 7 Juli 2022. 

Banyak orang rela mengeluarkan kocek fantastis untuk mendapatkan kulit kencang dan awet muda. Pertumbuhan pasar "Beauty and Personal Care" akan terus berkembang dari tahun ke tahun, hal ini tentunya berpengaruh positive terhadapat ketegori anti aging. Hal ini di perlihatkan dari value growth 2019-2020 pada +7.6 persen untuk "skin care category". 

Wulan Guritno saat ditemui di acara kampanye Ageless, Limitless Erha Ultimate Anti Aging di Jakarta, Kamis, 7 Juli 2022.

Menurut laporan Euromonitor - Skin Care Indonesia 2020. Berdasarkan data internal ERHA, potensi pasar dari Anti Aging hampir sama dengan kebutuhan konsumen dalam memperoleh wajah cerah glowing dan wajah tanpa jerawat. Peningkatan traffic konsumen yang melakukan tindakan treatment untuk Anti-Aging kategori pada tahun 2020 ke 2021 meningkat 3 persen walaupun dalam keadaan pandemik dan di proyeksi kan di akhir 2022 meningkat 41 persen dari tahun 2021. 

Hal ini sejalan dengan pernyataan bahwa pandemik yang melanda dunia beberapa tahun terakhir tak menghalangi konsumen dalam membeli produk maupun treatment untuk perawatan kulit. Banyak konsumen percaya hubungan antara harga dan kesuksesan produk ataupun treatment terkait erat. Itu sebabnya penjualan produk anti-aging premium maupun advanced treatment tetap kuat, Konsumen ingin berinvestasi pada kulit mereka.

Sebagai Anti-Aging Expert yang didukung dengan fasilitas lengkap serta teknologi modern untuk berbagai treatment yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan konsumen yang sudah Dermatologist Tested and Approved untuk semua program klinisnya, Erha mampu memberikan solusi dengan hasil yang efektif dan nyata terlihat dalam 1 kali treatment. Menjadi awet muda adalah impian semua orang. Dengan tampil awet muda, tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menjadikan sebagai bukti melawannya waktu yang tidak dapat dihindari. 

Menjaga penampilan dengan merawat kulit agar kulit menjadi sehat & tampak lebih muda, akan lebih gampang untuk melawan tanda tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, kulit kendur, flek hitam, dan melasma. Namun seiring dengan bertambahnya usia, proses penuaan tidak bisa dihindari namun bisa dicegah ataupun diatasi dengan cara dan ditangan yang tepat. 

Beberapa program dipersiapkan dan siap untuk memberikan solusi menjadi awet muda. Ultimate Younger Program (Ultimate Younger Look Solution), solusi untuk mengatasi semua tanda penuaan kulit seperti kerutan, garis halus, melasma, flek hitam, dan kulit kendur. Bloom In Youth Program (Pre-Aging Preventive Solution), solusi untuk mencegah dan menghambat proses tanda-tanda penuaan dini sehingga kulit akan tampak lembab, segar, dan kenyal dan No Wrinkle In Time Program (Wrinkle Solution), solusi khusus untuk mengatasi kerutan dan garis-garis halus pada wajah dan menjaga kesehatan kulit.

Selain menjadi awet muda, tentunya masyarakat juga memiliki impian dan inspirasi yang ingin dicapai. Namun banyak impian dan inspirasi yang dilupakan akibat adanya batasan yang hadir bagi setiap individu tersebut untuk mencapainya. Seharusnya masyarakat memiliki kesadaran penuh bahwa tidak ada keterbatasan untuk menggapai impian dan inspirasi yang dimiliki seluruh orang, tanpa melihat usia, gender, ataupun profesi.

"Kami ingin menjadi bagian untuk bisa ada di sisi setiap orang yang ingin atasi masalah penuaan pada kulit, selain itiu kami juga ingin mendorong setiap konsumen untuk percaya bahwa tidak ada batas umur untuk bisa selalu berkarya, mengapai impian dan terus menginspirasi. Dan kami berharap peluncuran kampanye brand kami dengan tema "Ageless, Limitless" ini bisa menjadi pesan yang kuat bagi setiap masyarakat," ungkap Irinne. 

Baca: Khasiat Beras untuk Perawatan Kulit Wajah Alami, Cegah Penuaan Dini