Cara Memakai Concealer agar Tampil Natural, Kuncinya Bintik-bintik Kecil dan di Area Tertentu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai concealer. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi wanita memakai concealer. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Concealer adalah salah satu produk tata rias wajah atau makeup andalan wanita. Tak hanya untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, concealer juga bisa menyamarkan bintik hitam, bekas luka atau membuat warna kulit tampak lebih rata. Untuk mendapatkan tampilan natural, ada sejumlah cara memakai concealer yang perlu diketahui. 

1. Pilih Warna Sesuai Kulit

Sama seperti kunci pemilihan alas bedak atau bedak, pilihlah warna concealer yang sesuai dengan warna kulit wajah kamu. Tujuannya untuk meminimalkan kontras antara concealer dengan kulit.

Jika kulit kamu cenderung terang, maka pilihlah concealer berwarna lebih terang atau pucat. Bila kamu memiliki warna kulit yang cenderung gelap, sawo matang atau kuning langsat, kamu bisa memilih concealer dengan warna kekuningan atau oranye.

Gunakanlah warna concealer yang berbeda untuk beberapa bagian wajah jika kulit tidak merata.

"Untuk area bawah mata, gunakan warna yang lebih muda dari kulit Anda untuk mencerahkan area tersebut,” kata Nick Barose, penata rias atau makeup artist selebriti Hollywood. 

2. Aplikasikan Sedikit demi Sedikit

“Ambil concealer dan buat bintik-bintik kecil di sekitar wajah di area mana terdapat bintik hitam, kemerahan, atau kulit tidak merata,” kata Katie Jane Hughes, penata rias selebriti Hollywood. Gunakan tekanan ringan saat mengaplikasikan.

“Dengan hati-hati membaurkan semua area tersebut dengan kuas kecil bulu sintetis," ujarnya.

Sementara itu, menurut Romy Soleimani yang juga penata rias selebriti Hollywood seperti Cara Delevingne, ia juga kerap menggunakan ujung jari untuk meratakannya dengan hati-hati dan perlahan.

“Kamu tidak perlu mengaplikasikan concealer ke seluruh area di bawah mata. Cukup di area yang gelap saja. Seperti area sepertiga dari bagian dalam mata dan sedikit di ujung luar mata," imbaunya. 

Dia juga mengingatkan jangan terlau dekat ke area bulu mata bawah untuk mencegah gumpalan atau kerutan. 

Bila area bawah mata butuh tingkat kecerahan yang ekstra, Soleimani menetralkannya dengan color corrector warna peach.

Concealer. shutterstock.com

3. Primer jadi Alas

Untuk menyamarkan jerawat, penata rias Vincent Oquendo menyarankan terlebih dahulu mengaplikasikan primer matte sebelum concealer. Pertimbangannya, jerawat memproduksi minyak berlebih. Jadi, primer menjadi alas agar concealer menempel dengan baik.

Oquendo juga mengatakan bisa menggunakan color corrector berwarna hijau dengan bahan dasar tea tree untuk mengobati jerawat. Lalu, dilapisi dengan concealer.

4. Pakai Kertas Minyak dan Setting Powder

Kamu bisa memakai kertas minyak untuk mengurangi efek wajah mengkilap. Soleimani juga menggunakan kuas kecil untuk mengaplikasikan setting powder di area di bawah mata dan di sekitar hidung.

Untuk mendapatkan efek wajah cerah dan bercahaya, Oquendo merekomendasikan untuk melakukan baking pada area bawah mata dengan bedak transparan.

Dengan bedak transparan, concealer akan tahan lama, lingkaran hitam lebih samar, dan mengurangi tampilan garis-garis halus.

5. Akhiri dengan Kontras Warna Terang

Hughes menyarankan mengaplikasikan sedikit perona pipi kemerahan untuk membantu menambahkan rona alami kembali ke wajah. Jika ingin menambahkan sedikit efek lebih bercahaya, kamu bisa mengoleskan krim highlighter pada tulang pipi.

Baca juga: 9 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Keluhan Mata Panda

MIND BODY GREEN | VOGUE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."