Mengulik Perawatan Ultherapy, dari Prosedur hingga Lama Hasil Bertahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara untuk mengencangkan wajah, dagu, leher, alis, hingga beahan dada adalah ultherapy. Perawatan non-invansif (tanpa bedah) ini menggunakan teknologi yang sama dalam radiologi untuk pencitraan ultrasound selama kehamilan. Cara kerjanya, mesin menggunakan energi gelombang suara melalui kulit untuk menembus otot area yang dirawat.

Mesin memiliki beberapa sambungan yang digunakan untuk memungkinkan penetrasi superfisial, sedang, dan dalam. Ini menyebabkan otot berkontraksi dan menyusut, yang secara estetis menghasilkan efek pengencangan, penghalusan kerutan, dan pembentukan.

"Ini salah satu prosedur yang paling populer karena cukup mudah dilakukan. Tidak ada pemotongan, selesai perawatan, Anda bisa berjalan keluar," kata Dr. Colbert, dikutip dari laman Women's Health, Jumat, 6 Januari 2023.

Namun satu hal penting yang perlu diperhatikan bahwa ultherapy bukanlah pencegahan. "Anda tidak akan datang dengan wajah sempurna di usia dua puluhan atau tiga puluhan," kata Dr. Colbert. "Banyak orang melakukan itu, tapi tidak ada indikasi nyata untuk itu. Ini bukan pencegahan semacam itu."

Prosedur Ultherapy

Prosedur ultherapy berlangsung sekitar 45 menit hingga satu jam. Tidak ada masa pemulihan atau downtime setelah perawatan.

Diawali dengan mengaplikasikan gel ultrasound terlebih dahulu, kemudian melewati area perawatan dalam tiga lintasan pada kedalaman yang berbeda: dua milimeter dan tiga setengah milimeter.

"Semakin dalam Anda pergi, semakin dalam Anda ke dalam otot, semakin banyak kontraksi yang Anda dapatkan," kata Dr. Colbert.

"Kami melakukannya dalam pola tertentu. Bayangkan sebuah diagram wajah dengan banyak garis yang sejajar dengan wajah—Anda cukup mengikuti pola itu." Pasien paling sering datang untuk garis rahang dan leher, tetapi juga efektif di sekitar alis dan area belahan dada.

Ultherapy juga dapat dikombinasikan dengan prosedur lain untuk hasil yang lebih baik. "Kadang-kadang orang akan memiliki timbunan lemak di bawah dagu mereka sehingga mereka tidak memiliki garis rahang yang benar-benar jelas," Dr. Colbert menjelaska.

Menurutnya, pasien tersebut bisa melakukan CoolSculpt, Sculpsure, atau Kybella untuk membekukan, larutkan, atau hancurkan sel-sel lemak, kemudian Ultherapy untuk mengencangkannya.

Apakah Ultherapy Menyakitkan?

Mengingat semua tindakan terjadi tanpa pemotongan, itu tidak sepenuhnya menyakitkan.

"Ada suara dan pasien tahu berapa lama suara itu akan bertahan. Jadi, mereka hanya mengertakkan gigi dan banyak orang baik-baik saja dengan itu — itu sangat individual," kata Dr. Colbert. "Saya punya pasien yang bisa duduk dan melakukan apa saja, tidak mati rasa, tidak apa-apa... dan mereka bahkan tidak mengernyit."

Dia menambahkan bahwa dia biasanya melakukan pra-pengobatan dengan obat penghilang rasa sakit atau gas tawa, tetapi banyak orang tidak menggunakan apa pun.

Selain itu, Anda mungkin merasakan nyeri atau mati rasa di area tersebut selama beberapa hari yang kemudian hilang.

Seberapa Cepat Hasil Ultherapy?

Beberapa pasien dapat melihat hasilnya dengan cepat—bahkan seketika. Ini terutama benar jika Anda adalah seseorang dengan kulit kendur, kata Dr. Colbert. Ultherapy bekerja karena memicu pembentukan kolagen baru dengan menimbulkan cedera termal.

"Kolagen membangun kembali dirinya sendiri dan terus tumbuh selama sekitar tiga bulan dan kemudian berhenti," katanya. "Beberapa orang mungkin tidak langsung melihat hasilnya, tetapi dalam dua hingga tiga bulan Anda akan melihat hasil yang lengkap."

Berapa Lama Hasil Ultherapy Bertahan?

Anda hanya membutuhkan satu sesi untuk mendapatkan hasil, dan itu berlangsung selama satu tahun.

"Sesekali, saya akan mengizinkan seseorang untuk melakukannya secara bertahap jika mereka tidak menyukai prosedurnya. Kami akan melakukan kedalaman yang dangkal di satu hari, di hari lainnya kami merawat area yang lebih dalam," jelas Dr. Colbert.

Jika mau, Anda dapat kembali dalam enam bulan untuk mendapatkan izin tambahan tetapi dapat dilakukan setahun sekali atau dua tahun sekali untuk pemeliharaan. "Itu juga tergantung pada usia Anda dan bagaimana Anda merespons," tambahnya.

Biaya Ultherapy

Di tempat praktik Dr. Colbert di New York, Amerika Serikat, ultherapy untuk seluruh wajah dan leher senilai USD5.000 atau sekitar lebih dari Rp78 juta, wajah dan leher bagian bawah berharga USD3.800 atau hampir Rp60 juta, dan belahan dada dibanderol USD2.500 atau sekitar Rp39 juta. Meskipun harga itu dapat bervariasi di berbagai kota dan negara, Anda dapat memperkirakan kisarannya.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit untuk Mengurangi Tanda-tanda Penuaan di Usia Muda

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."