Tips Perawatan Kulit untuk Mengurangi Tanda-tanda Penuaan di Usia Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kulit kita juga akan mengalami penuaan. Anda tidak dapat menghentikan waktu—tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi efeknya pada kulit Anda. 

Berikut adalah tips perawatan kulit anti-penuaan paling umum yang tersedia. 

1. Terapi Toksin Botulinum

Lebih dikenal sebagai Botox, Dysport atau Xeomin, suntikan toksin botulinum membantu mengurangi garis kerutan (garis glabellar) di antara alis dan kerutan di sudut mata. Perawatan ini bekerja dengan menjaga otot-otot di area ini agar tidak mengencang. 

Biasanya tidak ada waktu pemulihan untuk prosedur kosmetik ini, tetapi bisa memakan waktu hingga seminggu untuk melihat efeknya. Hasilnya biasanya bertahan sekitar 3 hingga 4 bulan.
 

2. Dermabrasi

Digunakan untuk mengobati kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari, dermabrasi menggunakan sikat berputar khusus untuk menghilangkan lapisan luar kulit dari area kecil di wajah. Kulit baru yang lebih halus tumbuh untuk menggantikannya. Kulit baru akan terlihat merah atau merah muda selama beberapa minggu, dan Anda mungkin mengalami keropeng atau bengkak selama beberapa minggu setelah perawatan. 

Diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk melihat hasil lengkapnya. Anda mungkin perlu mengambil cuti dari pekerjaan atau komitmen lainnya. Anda mungkin hanya memerlukan satu perawatan, tetapi orang dengan bekas luka yang dalam atau tanda-tanda penuaan kulit yang signifikan mungkin memerlukan lebih dari satu dermabrasi.

Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

3. Mikrodermabrasi

Seperti dermabrasi, perawatan ini menghilangkan lapisan kulit paling atas. Namun alih-alih sikat yang berputar, mikrodermabrasi menggunakan mesin khusus untuk menyemprotkan partikel kecil ke kulit. Ini kurang abrasif daripada dermabrasi dan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk sembuh.

Ini dapat digunakan pada semua jenis kulit, tetapi Anda mungkin memerlukan beberapa sesi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Banyak orang memasukkan mikrodermabrasi sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit anti-penuaan mereka.
 

4. Chemical Peeling

Selama pengelupasan kimia, dokter Anda menggunakan asam untuk mengelupas lapisan kulit terluar. Ini menghilangkan bintik-bintik penuaan dan kerutan, dan memberi Anda warna kulit yang lebih cerah. Kulit Anda akan membutuhkan waktu untuk sembuh setelah dikupas dan akan tampak merah selama satu atau dua minggu. Tergantung pada jenis kulit yang Anda terima, Anda mungkin perlu menjalani lebih dari satu perawatan untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

5. Filler 

Filler adalah zat yang disuntikkan dokter ke kulit Anda untuk mengisi kerutan dan garis. Beberapa pengisi populer termasuk kolagen, gel asam hialuronat, dan lemak. Anda dapat menggunakan filler pada bibir, wajah, dan tangan Anda. 

Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak memerlukan waktu henti setelah mendapatkan pengisi, dan Anda akan langsung melihat hasilnya. Pengisi bertahan dari 2 bulan hingga 3 tahun, tergantung pada jenis apa yang Anda dapatkan. Kolagen adalah salah satu pengisi yang paling tahan lama, sedangkan suntikan lemak Anda sendiri bertahan 1 hingga 3 tahun.

Ilustrasi fillers. Shutterstock

Sebagai brand industri kecantikan, perawatan kulit dan rambut, Erha selalu hadir dengan inovasi layanan maupun produk terkini yang diperuntukan untuk konsumen setianya.  Terobosan yang dilakukan Erha dapat dikatakan tanpa henti dan terus berkelanjutan, bahkan pada saat industri kebanyakan sepi di awal dan selama pandemi – Erha tetap menyediakan waktu untuk menciptakan inovasi dan terobosannya. Baik di dalam hal pengembangan bisnisnya, maupun di aspek yang dapat dirasakan langsung oleh konsumen yaitu layanan, treatment dan produknya. 

Hampir sebulan setelah perayaan hari jadinya yang ke-23 tahun, Erha berinisiasi dengan mengadakan acara terbesar dan terlengkap, “Erha Endless Innovation Week” yang akan diselenggarakan mulai Rabu, 26 Oktober – Minggu, 30 Oktober 2022 di Main Atrium Senayan City Jakarta. 

Beberapa brand yang dibawah naungan Erha yang terbagi menjadi Erha Clinical Group dan Erha Skincare Group akan mengkomunikasikan inovasi terbarunya melalui booth/ stand dan rangkaian kegiatan menarik selama acara ini berlangsung. 

“Kurun waktu pandemi kemarin, kami tidak berdiam diri tetapi kami tetap memprioritaskan untuk menciptakan terobosan yang dapat memberikan nilai lebih dan solusi terbaik untuk konsumen kami, sehingga proses berinovasi itu tetap berjalan”, ungkap Amriel Aditya, selaku General Manager Strategic Brand, PR & Creative Management Erha yang sekaligus Project Manager dari kegiatan akbar ini. 

“Melalui event ini kami ingin lebih mendekatkan diri dan mengkomunikasikan kepada konsumen bahwa ERHA hadir dengan inovasi terbaru yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen setia kami untuk kualitas hidup yang lebih baik,” tambah Amriel Aditya. “

Rangkaian acara yang akan berlangsung selama ini lima hari ini konsumen akan dimanjakan dengan teknologi terkini, seperti Skin Age Detector, dilayani oleh Frontliner Metaverse Human dan akan diisi dengan bincang-bincang menarik mengenai permasalahan dan kesehatan kulit dan rambut bersama skin expert Erha, pengenalan Brand Ambassador, acara hiburan hingga promo menarik. 

Baca: Tips Perawatan Kulit ala Son Ye Jin, Kuncinya Pelembab dan Tabir Surya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."