Kelopak Mata Kering: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kelopak mata. Foto: Unsplash.com/Jesper Brouwers

Ilustrasi kelopak mata. Foto: Unsplash.com/Jesper Brouwers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Area kelopak mata juga bisa kering seperti kulit lainnya. Terlebih, kulit kelopak mata 80% lebih tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya, sehingga cenderung sedikit lebih rentan dan mudah teriritasi,”kata dokter kulit bersertifikat, Tiffany Jow Libby. Jika Anda sedang berurusan dengan kelopak mata kering, berikut pemaparan dokter tentang ciri, penyebab, hingga cara mengatasinya.

Tanda-tanda Kelopak Mata Kering

Menurut Dr. Libby, kelopak mata kering mengacu pada, iritasi, kulit terkelupas di sekitar mata, yang terjadi karena penghalang normal kulit terganggu. Kulit kering kemudian menyebabkan hilangnya hidrasi dan kelembapan pada kulit serta peradangan.

Seperti semua kulit kering, sebagian besar kasus mudah terdeteksi jika ada perubahan tekstur dan/atau penampilan. “Anda akan tahu memiliki kulit kering di kelopak mata jika Anda mengalami kekeringan, kemerahan, gatal, mengelupas, atau bengkak,” kata Dr. Libby

Dan, karena kulit di sekitar mata tipis dan seringkali sensitif, kondisi ini mungkin lebih mengiritasi kelopak mata Anda daripada di bagian tubuh lainnya.

Hadley King, dokter kulit di New York, Amerika Serikat, mengatakan cara lain untuk mengidentifikasi apakah Anda mengalami kelopak mata kering adalah dengan melihat bagaimana kulit bereaksi dengan pelembap.

Jika ada peradangan dan pengelupasan tidak sembuh dengan pelembap, maka kemungkinan besar kulit kering dan dapat mencakup kondisi seperti dermatitis seboroik, dermatitis kontak, atau eksim.

Penyebab Kelopak Mata Kering

Ada banyak penyebab kelopak mata kering. Mulai dari kondisi kulit genetik, stres, dan kesehatan secara keseluruhan. Namun ketika sampai pada masalah yang paling umum, baik Dr. Libby dan Dr. King setuju bahwa kelopak mata kering sering disertai dengan perubahan musim seperti suhu dingin dan cuaca kering.

“Selama bulan-bulan musim gugur dan musim dingin, cuaca dapat menyebabkan kulit terkelupas dari minyaknya yang merusak penghalang kelembapan alami kulit dan menyebabkan kulit kering dan gatal di tubuh.”

Ini mirip dengan bagaimana bibir Anda terhidrasi dan halus di musim panas, tetapi kemudian berubah menjadi bibir pecah-pecah dan kering di musim dingin.

Penyebab lainnya adalah alergen dan iritan yang merupakan pemicu khas eksim atau kulit meradang. “Penyebab umum mungkin riasan, tetesan parfum, serbuk sari, atau bahkan cat kuku,” ucap Dr. Libby.

Inilah mengapa ahli kulit merekomendasikan untuk menguji produk baru pada area kecil kulit sebelum mengoleskannya ke seluruh wajah Anda. Ini akan membantu Anda memahami jika kulit Anda memiliki reaksi negatif terhadap bahan tertentu.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Kering

Sebagai permulaan, Anda sebaiknya menghindari penggunaan produk dan riasan pada kelopak mata karena dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan. Untuk sementara, sebaiknya hindari krim mata dan riasan mata agar kondisinya tidak semakin parah.

Libby menyarankan untuk membuat perubahan kecil dan mengganti produk yang biasa digunakan dengan produk yang lembut, menghidrasi, dan menenangkan. “Cari produk yang dirancang untuk jenis kulit sensitif dan diberi label lembut, hipoalergenik, dan bebas pewangi,” saran Dr. Libby.

Jika iritasi tidak mereda, coba oleskan hidrokortison 1% yang dijual bebas sekali atau dua kali sehari untuk meredakannya.

Meskipun Dr. Libby memperingatkan bahwa jika Anda sering membutuhkan bantuan ini, setiap beberapa minggu, inilah waktunya untuk mengunjungi dokter kulit Anda untuk mengeksplorasi opsi resep bebas steroid dan pengujian dan evaluasi lebih lanjut.

Jika Anda menemukan bahwa salah satu dari langkah-langkah ini benar-benar menyembuhkan kulit kering di kelopak mata Anda, jangan kembali ke rutinitas awal Anda. Terus gunakan produk ramah kulit yang lembut dan sensitif untuk menutrisi kulit halus di sekitar mata Anda dan menghindari iritasi di kemudian hari.

Bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, vitamin E, niacinamide, squalene, dan ceramide adalah pilihan terbaik Dr. Libby dan Dr. King untuk merawat kulit kering.

Namun, Dr. King menyarankan untuk menghindari bahan oklusif seperti minyak dan lilin yang membentuk lapisan lembam pada kulit dan secara fisik memblokir kehilangan air transepidermal. Ini termasuk bahan-bahan seperti minyak bumi, lilin lebah, minyak mineral, silikon, lanolin dan seng oksida.

Siapa pun dapat memiliki kelopak mata kering dan mungkin kambuh tanpa peringatan. Tapi kabar baiknya adalah, itu pasti bisa disembuhkan.

Kunci untuk menyembuhkan kelopak mata kering adalah menjaga agar produk tetap sederhana, lembut, dan bebas iritasi. Jika kondisinya berlanjut, hubungi dokter kulit Anda. Tetapi dalam kebanyakan kasus, Anda harus dapat mengobati dan mencegah kambuhnya masa depan dengan memilih produk yang lembut untuk meredakan peradangan dan menghidrasi tambalan kering.

Baca juga: Masalah Mata Kering Sering Dianggap Sepele, Padahal...

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."