10 Tanda Terlalu Ambisius dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Fxquadro

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Fxquadro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda selalu ingin unggul dari semua orang? Apakah Anda berpegang pada standar tertinggi? Hal tersebut bisa termasuk tanda terlalu ambisius. Perlu diketahui, terlalu ambisius seringkali dapat merusak mental dan emosi.

Sebab seseorang yang terlau ambisius sering bekerja terlalu keras dari yang seharusnya untuk berhasil. Mereka tidak hanya memiliki etos kerja yang berkembang tinggi, mereka juga cenderung perfeksionis, memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang buruk, dan rasa harga diri yang rendah.

“Terlalu ambisius adalah orang yang melakukan hal-hal hebat, tetapi masih perlu mencapai lebih banyak. Meskipun mereka mencapai lebih banyak kesuksesan daripada kebanyakan orang, mereka tidak pernah puas dan selalu berusaha untuk mencapai lebih banyak lagi,” jelas penulis dan konsultan pendidikan, Kendra Cherry.

Meskipun kecenderungan ini dapat menghasilkan kesuksesan akademik dan profesional yang mengesankan, terlalu ambisius dapat menyebabkan perasaan hampa dan tidak seimbang dalam hidup. Karena Anda mungkin mengabaikan keluarga, teman, dan diri sendiri untuk berhasil dalam karier dan kehidupan Anda.

Cherry menambahkan, “Sering kali mengorbankan kesehatan, kebahagiaan, dan hubungan mereka sendiri untuk mengejar target yang selalu melampaui mereka.”

Ketika Anda menilai diri sendiri hanya berdasarkan seberapa banyak yang telah Anda capai dalam hidup, maka itu adalah indikator yang baik bahwa Anda adalah orang yang terlau ambisius.

Meski begitu, terlalu ambisius belum tentu merupakan hal yang negatif. Jika teman dan keluarga Anda menganggap Anda berprestasi, itu berarti mereka menganggap Anda pekerja keras, berdedikasi, dan sukses.

Namun, jika Anda secara mental dan emosional diliputi oleh kecemasan dan ketakutan akan ketidakpastian, kegagalan, dan masa depan, maka Anda perlu melihat diri Anda lebih dalam. Terlalu ambisius sering kali merupakan hasil dari upaya mati-matian untuk menghindari penilaian negatif, kata Robert Arkin, Ph.D., profesor psikologi di The Ohio State University.

Hanya karena Anda sukses bukan berarti Anda tidak bisa bergumul dengan kecemasan dan depresi. Kebanyakan orang berprestasi sering diam-diam bergumul dengan masalah kesehatan mental. Namun, “hanya karena seseorang tampak berjuang, bukan berarti mereka tidak berjuang — dan apa pun persepsi Anda, Anda berhak mendapatkan bantuan dan dukungan,” jelas The Mighty.

Berikut Tanda Terlalu Ambisius yang Wajib diwaspadai

1. Hanya Peduli pada Hasil

Bagi orang terlalu ambisius, mencapai hasil lebih penting dari apa pun. Anda percaya bahwa orang lain menilai Anda berdasarkan pencapaian Anda.

Dr. Arkin menjelaskan bahwa orang yang terlalu ambisius percaya bahwa orang-orang di sekitar mereka, dan diri sendiri, menilai kelayakan mereka berdasarkan seberapa baik mereka melakukannya.

"Kecenderungan untuk berprestasi berlebihan membuat kita percaya bahwa kegagalan adalah cerminan pribadi, kata John Eliot, Ph.D., profesor klinis dalam kinerja manusia dan penulis buku Overachievement.

Cherry menambahkan, “Kegagalan bukan hanya bagian dari proses untuk berprestasi — itu adalah bagaimana mereka mengukur kelayakan mereka. Hasil yang buruk tak selalu sangat menghancurkan, dari sana bisa melihat apa yang sudah dilakukan untuk menghindari kegagalan yang sama.

2. Hanya Merasa Lega, Bukan Bahagia

Mengatasi hambatan atau mencapai tujuan membuat Anda merasa lega. Karena fokus Anda terutama untuk menghindari kegagalan daripada menikmati pekerjaan Anda, Anda hanya dapat merasakan kelegaan dan bukan kebahagiaan atau kepuasan.

Inilah perbedaan mendasar antara orang yang berkinerja tinggi dan orang yang terlau ambisius.

Dr. Arkin berkata, “Ketika Anda menghindari hasil yang buruk, kehidupan emosional Anda dialami lebih sebagai kelegaan daripada dialami sebagai kegembiraan, dan itu tidak memuaskan. Ketika Anda terus-menerus merasa cemas dan takut gagal, Anda tidak benar-benar memenuhi potensi Anda sepenuhnya. Upaya Anda untuk menghindari kegagalan menghalangi Anda untuk mengalami hidup. Mereka kebanyakan memikirkan masa lalu dan masa depan, daripada hidup di saat ini dan menikmati kesenangannya.”

Cherry menjelaskan, “Alih-alih merasa bangga atas pencapaian mereka, mereka merasa lega bahwa mereka tidak gagal.”

Ilustrasi perempuan stres/depresi. Shutterstock.com

3. Perfeksionis

Pencapaian yang berlebihan mengarah pada rasa perfeksionisme yang salah dan merusak. Sikap perfeksionis ini tidak hanya bisa disaksikan di tempat kerja, tetapi juga di rumah.

Orang yang terlalu ambisius berusaha keras untuk menjadi pasangan atau orang tua yang sempurna, kata Eliot. Mereka percaya bahwa ketidakmampuan untuk menjadi sempurna adalah tanda kegagalan, sehingga mereka sering mengambil tindakan ekstrem untuk mempertahankan reputasi sempurna mereka.

Cherry menulis bahwa menjadi seorang perfeksionis “seringkali berarti Anda menghargai pekerjaan yang baik dan berkomitmen untuk melakukan yang terbaik. Saat perfeksionisme ini menjadi sumber stres dan kecemasan, hal itu dapat mulai merusak kesehatan fisik dan mental Anda.

Faktanya, sebuah studi tahun 2015 oleh John D. Kelly, IV, MD mengungkapkan bahwa perfeksionisme berhubungan langsung dengan kecemasan.

Penelitian menemukan bahwa “perfeksionisme berasal dari masalah kecemasan atau harga diri, yang dikaitkan dengan kepuasan pribadi yang kurang dan peningkatan risiko bunuh diri. Memang, perfeksionis berisiko lebih tinggi mengalami gangguan makan, gangguan kecemasan, dan depresi.”

4. Kerap Berpikir Diri Sendiri Tak Berharga

Semua orang yang terlalu ambisius diam-diam memiliki keyakinan bahwa mereka tidak cukup baik, itulah sebabnya mereka selalu berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan, terutama untuk diri mereka sendiri.

Keraguan diri dan kritik diri tentang kemampuan Anda sendiri adalah tanda terlalu ambisius yang perlu diwaspadai.

Anda percaya harga diri dan identitas Anda dibangun di atas kesuksesan Anda. Dan ketika Anda merasa tidak mampu, Anda bahkan dapat menggunakan strategi sabotase diri.

Cherry menambahkan bahwa orang yang terlalu ambisius memiliki kecenderungan untuk mencaci diri sendiri karena gagal memenuhi harapan mereka yang terlalu tinggi.

5. Termotivasi dari Rasa Takut

Penyebab utama terlalu ambisius adalah ketakutan. Takut gagal. Takut mengecewakan diri sendiri dan orang lain. Takut dikritik. Takut orang lain melihat Anda seperti Anda melihat diri sendiri.

Ketakutan ini dapat memotivasi setiap orang yang terlalu ambisius memberikan semua yang mereka miliki untuk mencapai tujuan mereka. Karena mereka takut terlihat tidak kompeten dan lemah di hadapan orang lain, mereka mulai mengalami kecemasan, stres, dan depresi.

“Jenis motivasi ini berfungsi sebagai sumber kecemasan,” jelas Cherry. “Pada akhirnya, Anda bekerja keras untuk menghindari hasil negatif (kegagalan) daripada mencapai hasil positif (mencapai tujuan yang diinginkan).”

Ini adalah bentuk perilaku berbasis penghindaran yang dapat mengakibatkan kekhawatiran, kecemasan, kesusahan, dan emosi negatif lainnya, yang dapat sangat memengaruhi harga diri, harga diri, dan kepercayaan diri Anda.

6. Tak Ada Keseimbangan

Anda menemukan diri Anda berjalan terus-menerus dari satu tugas ke tugas lainnya dan karenanya, Anda tidak dapat menemukan keseimbangan kehidupan kerja.

Anda sering menjadi orang pertama yang mencapai tempat kerja Anda dan yang terakhir pergi.

Anda cenderung mengabaikan kebutuhan pribadi untuk lebih fokus pada pekerjaan. Karena Anda selalu sibuk dengan pekerjaan Anda, Anda tidak akan pernah bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai.

7. Hanya Fokus pada yang Akan Datang

Anda hanya fokus pada masa depan dan terlalu sibuk mengkhawatirkan hal-hal yang akan datang.
Karenanya, Anda tidak dapat menikmati keindahan saat ini. Anda tidak pernah mengambil hari libur atau liburan atau istirahat kecil di siang hari.

8. Penetapan Tujuan yang Tak Realistis

Kebutuhan untuk menghindari kegagalan dengan segala cara seringkali dapat memaksa Anda untuk mengambil risiko yang tidak perlu dan berbahaya, sehingga dapat merusak kesejahteraan dan reputasi Anda. Hal ini sering mengarah pada penetapan tujuan yang tidak realistis dan perilaku yang tidak etis.

9. Mudah Frustrasi dan Marah

Karena Anda berada di bawah tekanan terus-menerus untuk menghindari kegagalan, Anda sangat rentan terhadap ledakan emosi ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda.

Ilustrasi perempuan marah. Shutterstock

10. Tidak Dapat Menerima Kritik

Karena Anda perfeksionis, Anda tidak dapat menerima kritik.Sebab, bagi Anda, kritik menandakan bahwa Anda telah gagal dalam sesuatu. Bahkan kritik konstruktif sekecil apa pun dapat membuat Anda merasa cemas dan takut.

Sejumlah Langkah Mengatasi Terlalu Ambisius

1. Bertanya pada Diri Sendiri

Tujuan itu penting. Tetapi penting juga untuk mengetahui mengapa mereka penting. Saat Anda didorong oleh rasa takut akan kegagalan, tanyakan pada diri sendiri hal terburuk apa yang dapat terjadi jika Anda tidak dapat mencapai tujuan ini. Apakah Anda benar-benar peduli tentang hal itu? Apakah ini tujuan yang realistis?

“Meskipun mungkin tidak mengubah pikiran Anda tentang mengejar tujuan Anda, ini dapat membantu Anda mendapatkan sedikit perspektif tentang mengapa Anda mengejar tujuan ini,” tulis Cherry.

2. Belajar Menerima Kegagalan

Kegagalan belum tentu merupakan hal yang buruk. Ini bisa menjadi pengalaman belajar yang luar biasa yang dapat membawa Anda selangkah lebih dekat menuju kesuksesan. Kegagalan dapat mengajari Anda hal-hal yang tidak pernah bisa dilakukan kesuksesan.

Setelah Anda belajar untuk menerima kepahitan kegagalan dan kegembiraan mengatasinya, Anda akan lebih mungkin melewati berbagai rintangan dalam hidup. Memiliki kemampuan untuk bangkit kembali setelah terjatuh akan membuat Anda lebih tangguh dan lebih mungkin untuk berhasil.

3. Fokus pada Proses, Bukan Hasil

Jika Anda ingin mengatasi kecenderungan Anda untuk selalu unggul dari yang lain, maka Anda perlu memahami dengan hati-hati perbedaan antara berprestasi dan kinerja tinggi. Tidak seperti orang yang terlalu ambisius, orang yang berkinerja tinggi lebih fokus pada kinerja mereka daripada menghindari kegagalan.

Jika Anda ingin mengatasi kebiasaan terlalu ambisius, Anda perlu mengubah pola pikir dan fokus pada proses, bukan pada produk.

Cherry menulis, “Sukses tidak hanya berarti menyelesaikan tepat waktu atau menyelesaikan tugas tertentu dari daftar. Sebaliknya, ini semua tentang perjalanan itu sendiri, seberapa baik proyek itu berjalan, dan seberapa banyak yang mereka pelajari selama ini.”

4. Lakukan Hal yang Membahagiakan

Aih-alih mengejar promosi Anda berikutnya atau menyerahkan segalanya untuk menjadi lebih sukses, fokuslah pada apa yang benar-benar penting bagi Anda. Alih-alih mencoba mengesankan dan menyenangkan orang lain, lakukan apa yang memperkaya jiwa Anda dan membuat Anda bahagia.

“Periksa apa yang benar-benar membuat Anda bahagia,” jelas Amanda Smear Baudier, instruktur yoga dan pendiri The Social Sutras.

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

5. Bangun Hubungan

Terlalu ambisius dapat berdampak besar pada hubungan Anda. Tetapi sekarang Anda harus berhenti membiarkan hubungan Anda menderita karena tujuan Anda.

Terhubunglah dengan orang yang Anda cintai karena hubungan sosial yang sehat dapat memotivasi dan mendukung Anda untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Kendra menambahkan, “Jangkau orang lain, luangkan waktu untuk orang yang Anda cintai, dan rela membiarkan orang lain mendukung Anda selama ini.” Selain itu, dukungan dari orang yang Anda cintai juga akan membantu mengelola kecemasan dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

6. Jaga Diri Sendiri

Hanya karena Anda menyukai pekerjaan Anda dan menikmati kesuksesan bukan berarti Anda akan mengabaikan kebutuhan Anda sendiri.

Sukses tanpa kebahagiaan tidak ada artinya. Dan kebahagiaan dimulai dengan cinta diri dan perawatan diri. Pastikan untuk menjaga diri sendiri, bahkan ketika Anda sibuk mengejar tujuan dan impian Anda.

Cherry menyarankan, “Jangan abaikan kesehatan Anda, baik fisik maupun mental, hanya agar Anda tetap memperhatikan batu asah itu. Beri diri Anda istirahat, hargai upaya Anda, dan lakukan sesuatu setiap hari yang akan bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

7. Lepaskan Beberapa Hal

Kita bisa memilih untuk berhenti. Kita bisa berhenti takut gagal. Kita bisa berhenti berlari dari satu pencapaian ke pencapaian lainnya. Kita bisa berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita bisa berhenti memaksakan diri untuk bersaing. Kita bisa berhenti menilai, menyabotase diri sendiri, dan mengkritik diri sendiri. Kita bisa memutus siklusnya.

Anda bisa bahagia hanya dengan menjadi diri sendiri. Dengan melakukan apa yang Anda sukai, meskipun terkadang Anda tidak berhasil. Itu tidak apa-apa.

“Kita semua memiliki tujuan unik untuk terungkap dalam hidup ini dan semakin cepat kita berhenti mencoba satu sama lain, semakin cepat kita menemukan jalan menuju apa yang benar-benar akan memberi kita kegembiraan,” tambah Baudier.

Cherry menyimpulkan bahwa terlalu ambisius dapat menjadi tidak sehat dan berkontribusi pada stres, hubungan yang buruk, dan ketakutan. Untungnya, mengambil langkah mundur dan lebih fokus pada kualitas kesuksesan Anda daripada kuantitas dapat membantu Anda mendapatkan perspektif pencapaian pribadi yang lebih baik.

Baca juga: 10 Alasan Sering Marah, dari Stres Berat hingga Kesedihan yang Belum Terselesaikan

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."