10 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pepaya. Foto: Unsplash.com/Happy Surani

Ilustrasi pepaya. Foto: Unsplash.com/Happy Surani

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua orang pasti tahu jika mengonsumsi buah pepaya dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk saluran pencernaan. Namun masih banyak yang belum tahu bahwa biji dari buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat yang tak kalah hebatnya dari daging buahnya. Penasaran apa saja itu? Berikut 10 manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang wajib diketahui. 

1. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat biji pepaya untuk wanita, yaitu dapat meredakan nyeri saat terjadi siklus menstruasi. Dikutip dari laman Pharmeasy, pepaya mengandung karoten dan zat ini sangat penting dalam membantu tubuh mengatur produksi hormon yang dikenal sebagai hormon estrogen. Sementara biji pepaya dapat membantu menginduksi menstruasi dan juga meningkatkan frekuensinya juga dapat membantu mengatasi kram selama menstruasi.

2. Melindungi Kerja Ginjal

Baca Juga:

Khasiat biji pepaya juga dapat melindungi fungsi kerja ginjal agar tetap sehat. Karena biji buah ini kaya akan antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel  dan dapat melindungi kesehatan ginjal. 

Dikutip dari Healthline, hal itu juga didukung dengan sebuah penelitian pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal. Namun, karena penelitian di bidang ini masih terbatas pada penelitian pada hewan, diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia.

3. Dapat Merawat Kulit

Biji pepaya juga dapat membantu meregenerasi sel kulit. Dengan mengonsumsi biji pepaya, kulitmu dapat lebih lembut, halus dan tidak terlalu keriput. Selain itu, bijinya mampu mengurangi jerawat karena memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. 

Baca Juga:

Caranya siapkan biji dan haluskan dengan cara di blender atau di tumbuk lalu tambahkan sedikit air. Gunakan pada jerawat dan diamkan selama 10 menit dan kemudian bersihkan. Kamu akan melihat beberapa jerawat itu akan menghilang dalam waktu seminggu.

4. Memiliki Sifat Antikanker

Alasan mengapa biji pepaya memiliki sifat antikanker adalah karena profil nutrisi dan antioksidannya yang mengesankan. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian bahwa terdapat satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari perkembangan kanker. 

Penelitian tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa bisa juga menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara dikeringkan, lalu ditumbuk atau dihaluskan. Setelah itu, digunakan sebagai pengganti lada hitam sebagai bumbu pada masakan. 

Ilustrasi buah pepaya. Unsplash.com/Pranjall Kumar

5. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan lainnya adalah dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan karena biji pepaya kaya akan flavonoid, antioksidan alami dengan indeks glikemik rendah.

Oleh karena itu bagus dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk mengatur kadar gula darah. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara  menggiling atau menghancurkannya, lalu mencampurnya dengan makanan kesukaanmu.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sama seperti daging buahnya, bijinya juga memiliki sumber serat yang baik. Oleh karena itu, dapat menjaga kesehatan pencernaan seperti mengatasi sembelit, meredakan gejala wasir, dan bisa melindungi dari penyakit radang usus. 

Jika untuk mengobati asam lambung lebih baik mengonsumsi daging buahnya juga karena terdapat enzim papain di dalamnya yang dapat membantu meringankan gejala asam lambung seperti kembung, dan juga gas ketika maag terjadi.

Dikutip dari Pharmeasy, dosis untuk mengonsumsi biji pepaya sebaiknya tidak lebih dari 1 sendok teh biji per harinya karena dapat menyebabkan diare. Selain itu, tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membahayakan janin yang ada di dalam tubuh. 

7. Dapat Mengatur Kesuburan

Ekstrak bijinya secara signifikan juga mempengaruhi parameter motilitas sperma bagi pria yang penting untuk kesuburan. Hal ini dapat menjadi kontrasepsi pria secara alami tanpa mengurangi libido. Jadi, dapat mencegah kehamilan yang baik jika memang kamu dan pasangan sedang berencana menunda untuk mempunyai anak. 

8. Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah (DBD)

Biji pepaya dapat menyembuhkan penyakit DBD karena memiliki sifat antibakteri dan juga anti inflamasi. Kamu bisa menghaluskannya dan mencampurkannya ke dalam sup atau meminumnya dengan air dan menambahkan sedikit madu karena rasanya lumayan pahit. 

9. Melindungi Fungsi Organ Hati

Nutrisi yang ada dalam bijinya juga bisa membantu membuang dan menetralkan racun yang ada di hati sehingga hati dapat berfungsi secara efektif. Kandungan antioksidannya juga dapat mengurangi peradangan pada hati.

10. Memperbaiki Kerusakan Rambut

Tidak hanya untuk tubuh, manfaat lain biji pepaya ternyata ampuh mengatasi berbagai permasalahan rambut. Seperti rambut kering, kusut dan juga berketombe. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan vitamin A, kaya akan asam folat, protein, juga kaya antioksidan dan memiliki sifat antibakteri di dalamnya. 

Cara menggunakannya untuk rambut adalah kamu bisa mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu. Setelah itu, menggilingnya atau menghaluskannya, lalu mencampurkannya dengan madu untuk dijadikan sebagai masker rambut.

Itulah penjelasan tentang manfaat biji pepaya. Semoga bermanfaat, ya sahabat Cantika.

Baca juga: 5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Penguat Imunitas

LINTANG OLIVIA | HEALTHLINE | PHARMEASY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."