8 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Dengan Cepat dan Aman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi komedo. Shutterstock.com

Ilustrasi komedo. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedo di wajah seringkali dapat menurunkan rasa percayaan diri seseorang. Komedo biasanya muncul karena pori-pori wajah tersumbat akibat menumpuknya sel kulit mati dan juga minyak. Biasanya masalah komedo kerap dialami orang dengan tipe kulit berminyak. Beberapa mungkin bingung bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung.

Cantika membagikan 8 cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat dan aman. Wajib dicoba karena caranya mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.  

1. Masker Putih Telur

Cara membersihkan komedo di hidung dengan bahan alami bisa menggunakan masker putih telur. Pisahkan putih telur dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Lalu oleskan ke wajah dan biarkan mengering. Jika sudah, kamu dapat mencucinya dengan air bersih. 

Putih telur adalah bahan alami yang bagus karena dapat mengencangkan pori-pori dan folikel rambut yang menghasilkan sebum. Jadi hal ini efektif untuk menghilangkan komedo. Penggunaan madu tujuannya untuk menutrisi kulit, membuatnya halus, lembut dan juga kenyal.

2. Steaming Wajah

Cara alami membersihkan komedo di hidung lainnya adalah steaming wajah atau melakukan penguapan. Menguap wajah adalah cara yang efektif untuk membuka pori-pori sehingga  komedo yang membandel bisa lepas semua. 

Baca Juga:

Caranya adalah siapkan wadah yang berisi air panas lalu kamu menunduk tepat di atas wadah yang berisi air panas itu. Tunggu 15 sampai 20 menit lalu angkat wajah dan siapkan pencabut komedo dan lakukan pemencetan, dijamin akan lebih mudah melakukannya karena posisinya pori-pori sedang terbuka. 

3. Menggunakan Clay Mask

Masker dari bahan clay dapat menghilangkan komedo di hidung secara ampuh. Clay mask atau masker tanah liat dapat membantu mengeluarkan minyak dan racun dari kulit dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat. 

Beberapa masker tanah liat juga mengandung belerang yang bekerja untuk memecah sel kulit mati yang membentuk komedo. Terdapat rekomendasi beberapa produk clay mask yang paling banyak mendapat review positif yaitu Himalaya Purifying Neem Mask, Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask, dan Innisfree Jeju Volcanic Clay Mask.

4. Rajin Melakukan Eksfoliasi  

Cara mengatasi komedo di hidung dapat dibantu dengan rajin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi menggunakan exfoliating toner adalah salah satu tahapan perawatan wajah yang tujuannya untuk menghilangkan sel kulit mati, membersihkan pori-pori tersumbat secara menyeluruh.

Kamu harus memilih exfoliating toner sesuai dengan tipe kulit mu dan yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Seperti yang ada dalam produk Avoskin Miraculous Refining Toner, Skintific Exfoliating Toner dan Whitelab Exfoliating Toner.

5. Menggunakan Pore Pack

Pore pack dapat dipilih sebagai cara hilangkan komedo di hidung yang cepat dan instan. Pore pack adalah sebuah plester yang mengandung zat polimer perekat kationik. Zat ini mengikat isi pori-pori yang tersumbat dan menghilangkannya saat kita menariknya menarik strip.

Kamu hanya perlu mencuci muka terlebih dahulu lalu ketika masih dalam keadaan basah, tempelkan plesternya ke hidung lalu tunggu 10 sampai 15 menit. Setelah menunggu, baru pore pack bisa dilepas dan dijamin komedo akan terangkat semua di atas plester. 

6. Mencuci Seprai dan Sarung Bantal Secara Teratur

Menghilangkan komedo di hidung juga perlu dimulai dari mencuci seprai dan sarung bantal secara teratur. Karena pastinya hampir setiap hari kamu menggunakannya dan jika tidak rutin dibersihkan maka kotoran dan bakteri akan menempel di situ yang akhirnya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. 

Disarankan untuk menggantinya dua kali seminggu untuk membantu mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat. Saat mencuci juga sebaiknya gunakan deterjen bebas pewangi untuk menghindari potensi terjadinya iritasi kulit.

7. Rutin Membersihkan Wajah

Jangan sampai malas membersihkan wajah hanya karena kamu merasa kelelahan setelah padatnya beraktivitas. Karena jika dibiarkan, riasan yang masih menempel di wajahmu bisa menyumbat pori-pori.

Gunakan micellar water terlebih dahulu untuk membersihkan make up dan mengangkat debu kotoran di wajah lalu lanjut cuci muka menggunakan facial wash. Kedua produk ini penting dan wajib setiap hari digunakan untuk membersihkan wajah secara ekstra. 

8. Masker Baking Soda

Rekomendasi terakhir cara menghilangkan komedo dengan cepat adalah bisa menggunakan masker dari baking soda. Bisa dibilang bahwa soda kue adalah exfoliator alami. 

Campurkan soda kue dan air lalu oleskan ke area hidung. Gunakan jari untuk menggosok kulit dengan lembut selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan dua kali seminggu agar komedo dapat hilang secara permanen. 

Kira-kira cara menghilangkan komedo di hidung mana yang paling cocok dengan kamu? 

Baca: Tips Perawatan Kulit, 5 Cara Mudah Membersihkan Komedo di Hidung

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA | BERBAGAI SUMBER

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."