7 Manfaat Buah Bit dan Cara Mengkonsumsinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi smoothie buah bit. shutterstock.com

Ilustrasi smoothie buah bit. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bit atau dikenal dengan beetroot merupakan buah yang sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Salah satu yang membuatnya terkenal adalah khasiat buah bit yang baik untuk untuk aliran darah dalam tubuh. 

Berikut 7 manfaat buah bit dan cara mengkonsumsinya versi Cantika. 

1. Menyembuhkan Anemia 

Khasiat buah bit dapat menyembuhkan orang yang sedang mengalami anemia. Buah bit adalah salah satu makanan yang kaya akan zat besi, yaitu komponen penting dari sel darah merah. Tanpa zat besi, sel darah merah tidak akan mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh.Orang dengan kadar zat besi rendah inilah yang dapat mengalami anemia defisiensi besi. 

Maka dari itu penderita anemia harus meningkatkan konsumsi buah bit dalam makanan sehari-hari agar tubuh dapat menyerap lebih banyak zat besi. Hal ini akan membantu meregenerasi sel darah dan memberikan jumlah oksigen yang cukup ke seluruh tubuh. 

2. Bagus untuk Perkembangan Janin

Manfaat buah bit untuk ibu hamil sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan karena mengandung asam folat yang tinggi. Dengan mendapatkan cukup asam folat dapat membantu mencegah masalah perkembangan tertentu seperti keadaan cacat saat lahir. 

Untuk itu bagi ibu hamil perlu mengkonsumsi secara rutin agar janin tetap sehat. Cara mengkonsumsinya bisa dibuat jus atau dimakan langsung dengan cara direbus, dikukus ataupun dipanggang. 

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah beet untuk kecantikan wanita adalah menjaga kesehatan kulit agar tetap bercahaya. Sebab vitamin C dalam bit membantu mencegah dari penuaan dan juga kerutan. 

Kamu juga bisa mengoleskan jus beet ke kulit mati agar terlihat lebih lembut. Untuk kesehatan kulit secara keseluruhan cobalah minum jus beet yang dicampur dengan wortel atau mentimun karena mengandung banyak antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat buah bit dapat meningkatkan fungsi otak karena terdapat kandungan nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Dilansir dari Healthline, buah bit telah terbukti meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak, area yang terkait dengan pemikiran tingkat tinggi seperti pengambilan keputusan dan memori kerja.

5. Mencerahkan Warna Bibir

Buah beet dapat menjadi solusi untuk kamu yang mempunyai warna bibir hitam, kering dan juga pecah-pecah. Karena warna cerah alami dari buah yang satu ini dapat memberikan nutrisi yang baik untuk bibir sehingga dapat menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. 

Sekaligus bertindak sebagai pelembab alami terbaik untuk bibir. Sifat menghidrasi yang ada dalam bit membantu bibir kamu menjadi lebih lembut dan terlihat lebih sehat cerah. 

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan rutin mengkonsumsi jus buah bit maka sistem pencernaan akan tetap terjaga. Hal ini disebabkan karena buah tersebut mengandung serat yang tinggi. Jadi kamu dapat buang air besar secara teratur tetap teratur, dan mencegah kondisi pencernaan seperti sembelit dan penyakit radang usus. 

7. Mencegah Kanker 

Kegunaan buah bit yang terakhir adalah dapat mencegah penyakit kanker. Karena dilansir dari Medical news today, tinjauan studi pada tahun 2019 menemukan bahwa senyawa tertentu dalam bit dapat mengganggu mutasi sel kanker. Senyawa tersebut termasuk betalain, yang merupakan pigmen yang memberi warna merah dan kuning pada bit.

Resep Jus Buah Bit

Salah satu cara mengkonsumsi buah bit yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan dibuat jus. Karena dinilai lebih mudah membuatnya dan juga bisa disimpan pada kulkas untuk persediaan. Untuk jusnya bisa dicampur dengan buah-buahan lainnya seperti nanas, raspberry, daun mint seperti resep di bawah ini. 

Bahan : 

  • Buah bit 1 
  • Nanas madu 1 buah
  • Raspberry 1 cangkir 
  • Lemon/jeruk nipis 1/2 lalu peras dan ambil airnya
  • Daun mint 6 lembar
  • Madu 1 sdm
  • Air secukupnya

Cara Membuat : 

  • Cuci semua buah lalu potong-potong.
  • Campurkan semua bahan lalu blender sampai halus.
  • Jus pun siap disajikan

Baca: Manfaat Buah Bit, Bisa Turunkan Berat Badan dan Baik Bagi Kesehatan Jantung

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA | HEALTHLINE | MEDICALNEWSTODAY | INSTAGRAM

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."