Sebelum Nonton Film Balada Si Roy, Yuk Mengenal Si Roy Lebih Dekat

Abidzar Al-Ghifari dalam film Balada Si Roy. Foto/Dokumentasi: IDN Pictures

ragam

Sebelum Nonton Film Balada Si Roy, Yuk Mengenal Si Roy Lebih Dekat

Selasa, 27 Desember 2022 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Puluhan tahun sejak pertama kali terbit, kisah Balada Si Roy berulang kali gagal diangkat ke layar lebar. Gol A Gongpenulis BSR, menyebutnya: kutukan! Entah sudah berapa banyak pembaca BSR yang terinspirasi dengan kisah si bandel Roy. Ada yang tiba-tiba menyandang ransel, menyusuri jalanan, mencumbui aroma pegunungan, hingga menggelandang ke pelosok Nusantara, bahkan mancanegara. Balada Si Roy seolah sudah bukan lagi cerita, melainkan sikap. Cara seseorang memandang persahabatan, juga kehidupan.

Di penghujung tahun 2022 ini, IDN Pictures kembali menghadirkan kaya terbarunya, yaitu film Balada Si Roy. Setelah dinanti-nanti oleh para penikmat film dan penggemar novelnya, akhirnya film “Balada Si Roy” akan segera dirilis pada 19 Januari 2023. Untuk menyambut peluncuran filmnya, IDN Pictures merilis official poster dan trailer terbarunya.

Film “Balada Si Roy” diangkat dari novel legendaris karya Gol A Gong dengan judul yang sama. Sejak pertama kali diterbitkan, novel “Balada Si Roy” telah banyak dikenal masyarakat Indonesia dan sudah terjual hingga 300.000 eksemplar. Disutradarai oleh Fajar Nugros dan diproduseri oleh Susanti Dewi, film “Balada Si Roy” menampilkan sejumlah pemain muda maupun senior Tanah Air, diantaranya Abidzar Al Ghifari, Febby Rastanty, Bio One, Zulfa Maharani, Sitha Marino, Jourdy Pranata, Omara Esteghlal, Yusuf Mahardika, Lulu Tobing, Dede Yusuf, Marthino Lio, dan sederet nama pemeran lainnya.

Nah, sebelum menonton filmnya yang akan rilis pada awal tahun nanti, Sahabat Cantika zaman now mungkin bertanya-tanya, siapa sosok Roy dalam film Balada Si Roy. Melalui event bertajuk "Balada Si Roy, Menepis Kutukan" yang diinisiasi oleh kolaborasi Penerbit Epigraf, Nusalayaran, KaKa Cafe, Toko Buku Kabar Kampus, kenangan ihwal Roy pun dipaparkan. 

Gol A Gong, penulis Balada Si Roy/Foto: Doc. Istimewa

Gol A Gong, penulis Balada Si Roy mengungkapkan bahwa proses penulisan BSR saat ia dalam petualangannya ke berbagai kota dan negara. Tentang betapa tak mudah untuk menemukan mesin tik demi ia harus tetap menuliskan naskah BSR yang saat itu tayang sebagai serial di Majalah HAI. Ia biasanya mendatangi kantor pemerintah atau ke tempat penyewaan mesin tik yang tak gampang ditemukan. Interaksinya dengan masyarakat lokal, aneka pembelajaran yang ia raih, perjumpaan dengan hal-hal baru, semuanya ia alihkan sebagai kisah dari Roy.

"Roy bercerita tentang kesetiakawanan, perjuangan, kreativitas, nilai-nilai yang akan selalu ada di zaman kapan pun. Ayo kita tularkan kepada kawan-kawan dengan menyaksikan film Balada Si Roy," ajak Gol A Gong kepada Sahabat BSR muda, Sabtu, 24 Desember 2022 di Kaka Kafe, Bandung. Sedangkan kepada Sahabat BSR senior, Gong memastikan film ini tak akan mengecewakan meski ia belum menyaksikannya langsung. 

Dalam kesempatan yang sama penulis yang juga CEO Penerbit Epigraf, Daniel Mahendra, bercerita tentang pengalaman pertamanya sebagai pembaca BSR. Ia menyebut nama-nama tokoh cerita yang saat itu muncul sebagai sosok idola remaja, seperti Lupus dan Si Boy. "Saat itu saya tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Timur, Jember. Rasanya cerita mereka terlalu metropolitan. Nggak cocok. Makanya begitu membaca BSR, wiiiih ... ini gue banget! Berandalan, suka memberontak, tukang bolos, suka nulis, disukai cewek-cewek."

Terlebih saat ia mengetahui kalau penulis BSR hanya mengetik dengan lima jari tangan kanannya. Seolah itu menjadi lecutan baginya untuk serius membuat karya, selain melakukan pengelanaan seperti yang dilakukan Si Roy.

"Acara betul-betul berjalan sesuai ekspektasi, dihadiri lebih dari 50 orang, diskusi yang hangat dan dinamis, para penampil yang bikin gereget suasana, serta tak kalah penting: tidak hujan sama sekali. Sampai bertemu di acara yang sama, 7 Januari 2023, di Jaringan Warkop Nusantara, Tangerang Selatan, Banten, dan jangan lupa nonton film BSR pada19 Januari 2023," tambah Daniel.

CEO Penerbit Epigraf dan pengisi acara bertajuk "Balada Si Roy, Menepis Kutukan" , Daniel Mahendra/Foto: Instagram/Doc. Ostimewa

Sinopsis Film Balada Si Roy

Film Balada Si Roy menceritakan kisah Roy, murid baru pemberontak yang harus beradaptasi dengan kehidupan barunya di kota pesisir kecil bernama Serang. Berbeda dari laki-laki kebanyakan, membuat Roy disukai oleh banyak sekali perempuan di sekolahnya. Tapi hanya Ani, gadis manis yang juga dikejar Dullah sang penguasa sekolah, yang bisa merebut hatinya. Perseteruannya dengan Dullah yang merasa terancam dengan kehadiran Roy, berujung pada kematian Joe.

Sepeninggal Joe, Roy memiliki dua orang sahabat, Andi dan Toni, yang berkubu dengannya melawan kubu Dullah. Tapi karena suatu musibah, Andi meninggal dunia dan Toni harus pindah ke kota lain untuk berobat. Kembali sendiri tanpa sahabat, Ani menjadi satu-satunya tempat ia berlabuh. Tapi karena ulah Dullah yang membeberkan aib keluarga Roy, orang tua Ani pun melarang hubungan mereka. Roy yang terpuruk, melarikan diri ke balap liar.

Menyerah dan kalah pada keadaan bukanlah pilihan bagi Roy. Ia bertekad untuk bangkit dan berjuang untuk menemukan jawaban atas segala pertanyaannya sendiri. Bertualang seorang diri menjadi pilihannya.

Official poster film Balada Si Roy yang tayang pada 19 Januari 2023/Foto: Instagram/Balada Si Roy

Saksikan film Balada Si Roy yang akan tayang mulai 19 Januari 2023 di bioskop-bioskop kesayangan Sahabat Cantika.

Baca: Febby Rastanty Tampil Beda di Film Balada Si Roy yang Tayang Awal Tahun

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika