Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Jujube? Ini Kata Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah jujuebe. Foto: Freepik.com/dashu83

Buah jujuebe. Foto: Freepik.com/dashu83

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernah dengar buah jujube? Itu bukan nama permen, melainkan buah asli. Buah yang bentuknya seperti kurma itu populer di beberapa bagian Asia Selatan. Buah jujube memiliki rasa manis dan tekstur kenyal alias chewy. Karena rasa manisnya, buah ini kerap dikeringkan dan dijadikan permen di negara-negara Asia

Berkat kandungan gizinya, buah ini juga telah lama digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional. Satu porsi buah jujube 3 ons (sekitar tiga buah) memiliki 79 kalori dan 20 gram karbohidrat, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA.

Buah jujube juga kaya kandungan vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah penuaan, menurut Office of Dietary Supplements. Bukan cuma vitamin C, vitamin B dan mineral seperti zat besi dan fosfor juga ditemukan dalam buah jujube, kata Shanthi Appelö, ahli diet terdaftar dan juru bicara kesehatan dan kebugaran dengan Blue Cross Blue Shield of Michigan di Detroit.

Lantas, apakah boleh penderita diabetes mengonsumsi buah jujube mengingat rasa manisnya? Yuk, kita simak uraian berikut.

Amankah Buah Jujube Dikonsumsi Pasien Diabetes?

Jika Anda pengidap diabetes, Anda mungkin bertanya-tanya apakah buah jujube adalah pilihan buah yang baik. Menurut Appelö, buah jujube aman dikonsumsi pasien diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi.

"Dibandingkan dengan buah lainnya, buah jujube memiliki serat yang tinggi," jelasnya. Appelö membandingkan buah jujube dengan pisang berukuran sedang, yang memiliki 3 gram serat, versus satu porsi buah jujube, yang memiliki 10 gram.

Mengapa serat penting bagi pasien diabetes? Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga memiliki efek langsung yang lebih sedikit pada gula darah. Ini juga lebih mengenyangkan daripada karbohidrat lain dan membantu pencernaan Anda.

Namun berhati-hatilah, buah jujube kering cenderung lebih tinggi gula. Itu berarti Anda harus tetap memperhatikan ukuran porsi Anda. 1 porsi buah jujube kering mengandung 15 gram karbohidrat. Jadi, sebaiknya hanya menyantap maksimal sekitar 2 sendok makan, kata Appelö.

Cara makan jujube untuk pasien diabetes rekomendasi Appelö

- Campurkan satu atau dua sendok makan buah jujube kering ke dalam adonan.

- Tempatkan buah jujube kering di atas oat panggang.

- Untuk jujube segar, iris di atas salad, oatmeal, atau yogurt.

LIVE STRONG

Baca juga: 6 Camilan yang Wajib Dihindari Pasien Diabetes, Scone hingga Donat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."