6 Camilan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes, Scone hingga Donat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi donat (Pixabay.com)

Ilustrasi donat (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita diabetes sering kali diingatkan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi makanan tinggi gula. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah dalam tubuhnya. Selain mengurangi nasi, ada juga beberapa camilan yang harus dihindari karena bisa berbahaya, seperti dikutip dari laman Eat This.

1. Permen

Permen biasanya hanya mengandung gula, dan tidak banyak mengandung lemak, serat, atau protein. Oleh karena itu, begitu seseorang mengonsumsi permen lolipop atau gummy bear favoritnya misalnya, gula dalam permen itu akan cepat diserap tubuh dan akan lonjakan gula darah orang tersebut. Bahkan pilihan permen bebas gula pun tidak bagus untuk penderita diabetes.

2. Es Krim

Es krim tinggi gula dan lemak, dan rendah protein serta serat. Kandungan lemak akan menunda lonjakan gula sedikit saja. Namun, mungkin sulit bagi orang yang menggunakan insulin jika ini dikonsumsi itu saja.

Jika Anda benar-benar menginginkan es krim, cobalah beberapa pilihan ramah gula darah yang hadir dengan sedikit gula dan sedikit lebih banyak protein.

3. Scone

Bila memesan scone mentega di toko roti atau kedai kopi lokal Anda untuk teman minum kopi, itu bisa berakibat buruk bagi penderita diabetes. Scone itu tidak hanya sarat dengan karbohidrat sederhana (tepung putih dan gula), tetapi juga mengandung banyak mentega, yang sangat tinggi lemak jenuhnya.

Bagi siapa penderita diabetes, kombinasi ini bukanlah pilihan yang paling sehat, lebih rentan  mengembangkan penyakit jantung, dan mungkin juga memiliki komorbiditas tambahan seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.

4. Kue

Kue tidak hanya diisi dengan gula, tetapi juga mengandung isian seperti krim, custard, ditambah icing dan frosting di atasnya. Semua ini sarat dengan gula, dan lemak jenuh yang tidak sehat. Kedua komponen ini tidak ideal untuk dikonsumsi secara teratur dengan penderita diabetes, jadi sebaiknya batasi kue hanya untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun. Sebab beberapa kue juga bisa sangat tinggi kalori totalnya.

5. Cinnamon Rolls

Cinnamon rolls dibuat dengan gula dan tepung halus serta dilapisi lapisan gula. Jika makanan penutup tersebut disantap penderita diabetes, maka dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Donat

Donat (dan sebagian besar kue kering) adalah makanan tinggi gula dan lemak lainnya yang mungkin rendah protein dan serat. Makanan penutup ini bukan pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Baca juga: Diabetes pada Wanita, Kenali Ciri dan Faktor yang Meningkatkan Risikonya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."