10 Hari Tayang, Avatar: The Way of Water Raup Rp13,3 Triliun

Cuplikan Film Avatar: The Way of Water/Disney

ragam

10 Hari Tayang, Avatar: The Way of Water Raup Rp13,3 Triliun

Senin, 26 Desember 2022 10:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam 10 hari penayangannya, Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 menjadi film terlaris kelima tahun ini dengan penjualan tiket global sebesar USD855 juta atau senilai Rp13,3 triliun. Menurut Variety, Senin, 26 Desember 2022, sekuel James Cameron yang telah lama tertunda itu telah menghasilkan USD253,7 di box office domestik dan USD600 juta secara internasional.

Sekuel Avatar diperkirakan akan menghasilkan pendapatan kotor yang besar dalam beberapa hari mendatang, meski cuaca musim dingin yang keras di Amerika Utara dan meningkatnya kasus COVID, RSV serta flu di seluruh dunia.

Film beranggaran 350 juta dolar ini diperkirakan akan mencapai angka USD1 miliar pada akhir tahun. Ini adalah tolok ukur yang hanya berhasil dicapai oleh dua film lainnya, Top Gun: Maverick dan Jurassic World Dominion, pada tahun 2022.

Di luar Amerika Utara, Avatar 2 telah mendapat jumlah penonton terkuat, seperti dari China USD100,5 juta, Korea USD53 juta, Prancis USD52,3 juta, dan Jerman USD35,7 juta.

Avatar: The Way of Water. Foto: Instagram/@avatar

Ada beberapa alasan mengapa film lanjutan ini akan berjuang untuk mencapai pendapatan pendahulunya, yang berhasil mendapat USD2,97 miliar di seluruh dunia dan menjadi film berpenghasilan kotor tertinggi dalam sejarah.

Baca juga: Berakting di Avatar: The Way of Water, Zoe Saldana Ungkap Pencapaian Terbaiknya

Pertama, box office di seluruh dunia belum sepenuhnya pulih dari pandemi, dan pasar penting seperti China sedang mengalami kebangkitan virus. Selain itu, sekuelnya tidak akan diputar di Rusia, di mana film aslinya meraup 116 juta dolar.

Imax telah menyumbangkan sebagian besar penjualan tiket global, dengan 97 juta dolar berasal dari layar premium. Seperti aslinya, tiket Imax dan 3D yang lebih mahal diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keseluruhan untuk Avatar 2.

" Avatar: The Way of Water menunjukkan daya tahan yang kuat di box office global yang kami harapkan, terutama dengan kinerjanya yang fenomenal secara internasional di mana beberapa pasar utama meningkatkan pendapatan kotor mereka selama pembukaan akhir pekan," kata Rich Gelfond, CEO Imax.

Sinopsis Avatar: The Way of Water

Sekuel dari film Avatar (2009) ini menghadirkan pengalaman sinematik imersif dan emosional dengan keindahan bawah laut Pandora yang memanjakan mata dalam durasi 3 jam 10 menit.

Melanjutkan film pertama, Sam Worthington dan Zoe Saldaña kembali memerankan Jake Sully dan Neytiri yang merupakan makhluk Na’Vi. Keduanya kini telah menjadi orang tua dari empat anak dan melakukan segalanya yang mereka bisa untuk menjaga kebersamaan keluarga mereka. Jake Sully berusaha untuk menjadi suami sekaligus ayah yang dapat melindungi keluarganya dari ancaman manusia langit.

Para karakter di film pertama yang sempat dinyatakan meninggal, kembali muncul di film kedua ini. Mereka adalah Sigourney Weaver dan Stephen Lang. Namun kemunculan mereka tentunya dengan wujud yang berbeda. Cerita semakin kaya dengan bertambahnya karakter baru yang memiliki hubungan dengan Kiri (Sigourney Weaver) dan Kolonel Miles Quaritch (Stephen Lang) yang sangat berperan penting di akhir film.

Cuplikan film Avatar: The Way of Water. Dok. 20th Century Studios

James Cameron sebagai sutradara memang menghadirkan berbagai adegan dan dialog yang mengingatkan penonton dengan film pertama 13 tahun lalu. Itu juga yang membuat durasi film ini begitu panjang.

Meski demikian, tetap sangat disarankan penonton yang ingin menyaksikan Avatar: The Way of Water untuk menyelesaikan Avatar film pertama terlebih dahulu. Hal tesebut karena konflik yang terjadi berkaitan dengan akhir cerita di film pertama.

Pertarungan keluarga Sully bersama pasukan Na'vi dalam melawan musuh sangat intens dai bagian pertengahan hingga akhir film. Kekuatan musuh yang sangat besar dan dilengkapi dengan banyak senjata, seimbang dengan pasukan Na'vi yang memihak pada keluarga Sully. Hal tersebut membuat pertarungan mereka menjadi seru sampai ada yang harus dikorbankan.

Avatar: The Wayof Water tayang perdana di bioskop Indonesia pada Rabu, 14 Desember 2022

ANTARA | MARVELA

Baca juga: Keindahan Alam di Avatar: The Way of Water Ingatkan untuk Jaga Kelestarian Laut

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika