3 Cara Menyimpan Pasta, dari yang Pasta Kering hingga Pasta yang Dimasak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka pasta. Freepik.com/Azerbaijan_stokers

Ilustrasi aneka pasta. Freepik.com/Azerbaijan_stokers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasta adalah salah satu bahan pokok dapur kebanyakan orang. Bukan cuma mudah dibuat, tapi juga tak perlu waktu lama memasaknya. Agar kamu bisa menikmati kelezatannya, perhatikan juga cara menyimpan pasta. Sebab jika tidak disimpan dengan baik bisa memperpendek usia simpannya dan mengundang serangga pemakan biji-bijian yang mengganggu.

Berikut sederet cara menyimpan pasta dari yang kering hingga pasta sudah dimasak. 

Cara Menyimpan Pasta Kering

Segel yang rapat dan aman akan mencegah serangga menyerang pasta kering. Setelah kamu membuka kotak atau wadah asli pasta, penting untuk memindahkan pasta kering yang tersisa ke wadah penyimpanan kedap udara yang segar. Simpan wadah pasta kedap udara di tempat yang sejuk, gelap, dan kering, seperti lemari. Disimpan dengan cara ini, pasta kering bertahan selamanya.

Cara Menyimpan Pasta Segar

Pasta segar belum mengalami dehidrasi, jadi tidak bertahan lama seperti pasta kering. Yang terbaik adalah makan pasta segar pada hari pembuatannya, tetapi jika disimpan di lemari es, itu akan tetap enak untuk keesokan hari.

Alternatif cara menyimpan pasta segar bisa dibekukan. Adonan pasta segar, dibungkus rapat dengan bungkus plastik dan disimpan dalam kantong plastik yang aman untuk freezer, bertahan sekitar satu bulan di dalam freezer. Cukup cairkan di lemari es semalaman sebelum mengeluarkannya.

Kamu juga bisa membekukan pasta segar; pastikan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar tidak saling menempel. Untuk memulai, masukkan ke dalam tepung, lalu taruh dalam satu lapisan di atas loyang. Biarkan pasta mengering selama sekitar satu jam, lalu simpan di dalam kantong plastik yang aman untuk freezer dan masukkan ke dalam freezer.

Cara Menyimpan Pasta yang Dimasak

Jika memungkinkan, simpan pasta dan saus yang sudah dimasak secara terpisah dalam wadah kedap udara di lemari es. Untuk memanaskan kembali pasta, letakkan di saringan logam dan celupkan ke dalam panci berisi air mendidih selama sekitar 30 detik, atau sampai hangat. Panaskan saus dalam panci terpisah sebelum menambahkannya ke pasta.

Panaskan kembali pasta saus di piring tahan oven yang dangkal, tertutup foil. Panggang pada suhu 350 derajat selama sekitar 20 menit, atau sampai matang.

Bisakah Membekukan Pasta?

Jawabannya bisa, tetapi tujuannya bukan untuk memperpanjang umur simpannya. Saat pasta disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk, kering, dan gelap, pasta akan bertahan lama—tidak perlu dibekukan. Direkomendasikan untuk membekukan pasta segar jika kamu tidak berencana memakannya dalam satu atau dua hari. 

REAL SIMPLE

Baca juga: Alasan Masyarakan Indonesia Suka Pasta Jenis Spageti

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."