Perawatan Rambut dengan Bahan Alami, dari Minyak Kelapa Hingga Madu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak produk perawatan rambut yang sarat dengan bahan kimia buatan yang dapat mengeringkan rambut dan mengiritasi kulit kepala. Namnun, terdapat bahan alami yang memiliki manfaat kesehatan utama untuk rambut Anda, apakah Anda ingin menghidrasi rambut kering, melindungi rambut diwarnai, atau mengurangi ketombe.

Bahan alami mungkin mengandung vitamin, berfungsi sebagai pelembab, atau bertindak sebagai agen antijamur, tergantung pada bahannya. 

Berikut bahan alami terbaik untuk perawatan rambut yang bisa Anda coba:

1. Minyak alpukat

Minyak alpukat adalah emolien alami, yang berarti dapat melembutkan dan menghaluskan rambut. Secara khusus, ini dapat membantu menghidrasi batang rambut dan juga dapat mencegah kerusakan akibat penataan panas, sebagian besar karena hidrasi yang diberikannya. Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dan mengurangi kerusakan rambut. Ini karena minyak alpukat mengandung asam lemak, yang dapat membantu memperbaiki kutikula, menghidrasi rambut, dan mencegah kerusakan, kata Farber.

Minyak alpukat juga mengandung antioksidan. Antioksidan membantu melindungi dari polusi lingkungan dan mengurangi kerapuhan yang dapat dihasilkan dari paparan ini. Ini juga bagus untuk masker rambut untuk mengurangi keriting dan mencegah kerusakan.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa bersifat hidrofobik, artinya menolak air. Ini memungkinkannya menembus rambut secara mendalam dan melindungi kutikula rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh seringnya membasahi dan mengeringkan.

Membasahi rambut secara terus-menerus dapat menyebabkan batang rambut, atau pangkal rambut, membengkak. Ketika batang rambut membengkak dengan cepat, itu lebih rentan terhadap hilangnya kelembapan saat rambut mengering.

3. Minyak argan

Minyak argan kaya akan zat yang dapat menembus batang rambut dan mengurangi kekeringan, kata Krishnan. Senyawa tersebut antara lain vitamin E, asam oleat, dan asam linoleat. Minyak argan sangat bagus untuk menambah kilau pada rambut, sebagian besar karena komponen vitamin E, dan juga sangat bermanfaat untuk rambut yang diwarnai.

Sebuah studi tahun 2013 menerapkan minyak argan ke ekstensi rambut manusia yang diwarnai dan menemukan bahwa minyak argan efektif dalam mencegah kehilangan protein dan mengurangi kerusakan yang biasanya disebabkan oleh pewarna rambut.

4. Madu 

Ilustrasi madu. Freepik.com

Madu kaya akan antioksidan, yang berarti dapat memerangi kerusakan rambut akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Karena itu, Krishnan mengatakan madu dapat membantu mencegah dan membalikkan kerusakan akibat terlalu lama terpapar sinar matahari dan polusi lingkungan.

Selain menggunakan bahan alami di rumah, Anda juga bisa memilih salon rambut yang sesuai dengan preferensi untuk perawatan rambut.  Ada beragam pertimbangan bagi kaum hawa untuk merawat diri di salon atau klinik kecantikan.

Seiring berjalannya waktu, kini sudah semakin banyaknya salon kecantikan dan spa khusus untuk perempuan. Salah satunya Gerai Salon Cantik yang mengkhususkan diri untuk perempuan dan para terapis dan stylistnya pun perempuan. Gerai Salon Cantik yang terletak di sejumlah daerah dengan 18 salon ini menjadi salah satu solusi bagi para perempuan berhijab untuk merawat rambut, wajah, tubuh dan kecantikan kuku.

Gerai salon Cantik yang mengusung konsep homey ini bisa dijadikan rekomendasi untuk memanjakan diri, merawat kecantikan diri, dengan harga terjangkau dengan fasilitas ruangan perawatan yang nyaman.

Gerai Salon Cantik merupakan salon kecantikan dan perawatan tubuh yang didedikasikan untuk melayani berbagai kebutuhan perawatan tubuh dan kecantikan secara khusus untuk perempuan.

Tempat ini aman dari percampuran lawan jenis dan dari bahan-bahan non halal maupun yang membahayakan kesehatan tubuh. Untuk jenis layanan, Gerai Salon Cantik terbilang lengkap karena mereka melayani beberapa jenis treatment.

Hair treatment meliputi potong rambut, cuci blow, aneka pilihan creambath, hair spa , rambut rontok dan ketombe yang semua adakah permasalahan utama kaum hawa. Selain itu, salon ini juga menjual produk produk perawatan rambut seperti shampo, serum-serum,vitamin rambut serta masker wajah.

Baca: Perawatan Rambut ala Salon di rumah, Hair Tonic Menjadi Pilihan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."