Perawatan Rambut Dimulai dari Menjaga Kulit Kepala Tetap Sehat

Hindari produk perawatan rambut yang berbahan keras agar rambut tidak rusak. (Pexels/Chermiti Mohamed)

kecantikan

Perawatan Rambut Dimulai dari Menjaga Kulit Kepala Tetap Sehat

Senin, 9 Mei 2022 23:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan dan keseimbangan kulit kepala menjadi problema bagi sebagian besar orang di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di kota besar, di mana kulit kepala berketombe, berminyak, gatal, dan sensitif menjadi keluhan yang paling sering dirasakan konsumen.

Berbagai faktor eksternal seperti polusi, tingkat stres berlebih, diet yang tidak seimbang, pemakaian alat pengering rambut yang berlebihan, hingga faktor genetik, dapat memberi pengaruh buruk pada keseimbangan ekosistem kulit kepala. Oleh karena itu, kulit kepala menjadi perhatian utama konsumen dan mereka mencari perawatan kulit kepala untuk mendapatkan perawatan rambut yang indah dan sehat.

Dermatolog, Rita Maria mengatakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala, keseimbangan mikrobioma adalah salah satu kuncinya. Sama seperti bagian lain di tubuh kita, kulit kepala memiliki bentuk kehidupan atau ekosistem kompleks yang tersusun atas berbagai jenis mikroorganisme.

"Ekosistem inilah yang dinamakan mikrobioma. Keseimbangan mikrobioma kulit kepala memainkan peran besar dalam kesehatan dan kemampuannya untuk mendukung keindahan rambut. Ketika mikrobima di kulit kepala terganggu oleh agresi eksternal, maka rambut akan tampak kusam dan kulit kepala rentan terhadap masalah, seperti ketombe,” kata dokter yang kerap memberikan edukasi ke masyarakat melalui akun Instagram @dokterkulitbicara.

Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

Ia menambahkan bahwa Prebiotik dan Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobioma di area kulit kepala, menciptakan kulit kepala sehat serta rambut yang kuat dan berkilau. Kedua zat tersebut dapat sekaligus berperan sebagai perawatan tambahan untuk masalah kulit kepala seperti dermatitis seboroik, ketombe, kebotakan/kerontokan rambut (alopesia androgen, alopesia areata, alopesia sikatrikal).

Sementara itu, Reny Agustia, Brand General Manager, Kérastase Indonesia menjelaskan kecantikan adalah perpaduan antara kesehatan dan keseimbangan dari dalam, sama halnya dengan kulit kepala yang menjadi pondasi bagi kesehatan dan keindahan rambut. "Satu hal yang perlu disadari adalah, kondisi dan kebutuhan perawatan kulit kepala pada umumnya akan serupa dengan kulit wajah, karena itu di Kérastase, kami senantiasa berinovasi dengan formulasi terdepan untuk memberikan produk perawatan terbaik untuk pelanggan setia kami," ucapnya.

Kérastase meluncurkan Potentialiste, serum terbaru dengan microbiome science yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Serum Potentialiste yang sesuai untuk semua jenis kulit kepala, dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Potentialiste kini tersedia di salon partner Kérastase, untuk melengkapi rangkaian perawatan rambut premium profesional konsumen di Indonesia.

“Kami dengan bangga menghadirkan Potentialiste, universal scalp defense serum dengan microbiome science, yang merupakan hasil L’Oréal Advanced Research selama dua dekade. Potentialiste dirancang untuk menyeimbangkan mikroorganisme yang menjaga kulit kepala, agar tetap bekerja secara optimal. Produk ini merupakan sebuah terobosan inovatif dan menjadi solusi bagi masyarakat urban untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan kulit kepala mereka sekaligus melengkapi rangkaian produk Kérastase favorit yang selama ini Anda gunakan," ucap Reni melalui siaran pers, Senin, 9 Mei 2022. 

Potentialiste memiliki kandungan aktif 10% Pre dan Probiotik, serta 1 persen Vitamin C Glucoside yang dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan ekosistem kulit kepala, sekaligus memberikan pertahanan terhadap agresi eksternal. Uji konsumen membuktikan 100 persen setuju kulit kepala terasa dingin seketika setelah pemakaian pertama, 98 persen setuju terasa nyaman, 90 persen setuju berkurangnya rasa gatal karena kulit kepala sensitif,; serta memberikan wangi tahan hingga 48 jam.

Jika selama ini Anda sudah terbiasa menggunakan perawatan wajah dengan microbiome science, maka sekarang saatnya untuk menambahkannya dalam ritual perawatan kulit kepala dan rambut Anda sehingga kulit kepala seimbang dan sehat.

Baca: Protein, Oil dan Vitamin Sangat Baik untuk Perawatan Rambut