7 Ciri-ciri Pemimpin yang Efektif, Komunikator yang Baik dan Andal Menyelesaikan Masalah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada berbagai macam karakter pemimpin, salah satunya pemimpin yang efektif. Ciri-ciri pemimpin yang efektif antara lain tahu bagaimana menghadapi situasi dan menyelesaikan persoalan tanpa membuat musuh dengan rekan satu tim mereka. Bukan cuma itu, mereka juga sosok pemengaruh yang baik tanpa memaksa.

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut 7 ciri-ciri pemimpin yang efektif

1. Dapat Mengatur Diri Sendiri

Mengelola orang lain itu sulit terutama jika kamu tidak dapat mengelola diri sendiri. Pemimpin yang efektif dapat mengatur waktu, emosi, dan perhatian mereka, mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, dan mengetahui bagaimana menangani diri mereka sendiri. Mereka mempertahankan kontrol diri dan mendisiplinkan tindakan mereka sendiri.

2. Komunikator yang Baik

Pemimpin yang sukses dan kuat tahu kapan harus mendengarkan, diam, dan kapan harus berbicara. Mereka tahu arti sebenarnya dari komunikasi yang efektif dan mereka mampu menjelaskan kepada karyawan mereka mulai dari tugas khusus hingga tujuan organisasi. Pemimpin yang efektif juga dapat berbicara dan berkomunikasi di semua saluran komunikasi, yakni telepon, email, dan media sosial.

Baca juga: 6 Cara Tepat Komunikasi di Tempat Kerja

3. Bertanggung Jawab dan Akuntabel

Manajer yang baik tahu bagaimana menggunakan otoritas dan kekuasaan mereka dengan tepat. Mereka juga melakukannya tanpa membebani karyawan mereka. Seorang manajer yang baik akan menganggap dirinya bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuatnya.

4. Punya Visi yang Kuat

Pemimpin yang baik mampu melihat masa depan departemen, perusahaan mereka, dan membuat tujuan yang jelas yang menguntungkan organisasi mereka. Seorang visioner yang baik tahu bagaimana mengelola perubahan dan mereka juga dapat mencapai keseimbangan antara pertumbuhan dan stabilitas.

5. Andal Mengatasi Masalah

Pemimpin yang efektif dapat mengelola kompleksitas di tempat kerja mereka. Mereka mampu menilai kompleksitas situasi dan mereka tahu tindakan yang tepat yang harus diambil.

6. Pemengaruh yang Baik

Salah satu ciri pemimpin yang efektif adalah memengaruhi timnya tanpa memaksa. Mereka fokus pada pemahaman motivasi dan mendorong tim untuk memberikan pendapatnya. Setelah itu, sang pemimpin akan menggunakan pengetahuan yang ada untuk membuat perubahan dan menunjukkan bahwa suara tim sangat penting untuknya.

7. Terbuka dengan Ide Baru

Perubahan merupakan hal yang dapat dihindari seorang pemimpin. Mengingat pemimpin menjadi kepala suatu tim atau departemen yang berisi beragam individu dengan perspektif berbeda, dia harus terbuka dan memahami ide-ide baru yang muncul. Pemimpin efektif akan menjadikan keberagaman ide itu menjadi keuntungan. Mereka akan memandu tim, dan menunjukkan perubahan ke arah tujuan bersama.

TIMES OF INDIA

Baca juga: Dear Bos, Begini 5 Cara Bikin Karyawan Bahagia dan Produktif

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."