Adinia Wirasti Ungkap Tantangan Perankan Dokter Sekar di Serial Mendua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Adinia Wirasti  mengenakan busana rancangan Jan Sober x Iwan Tirta Collectiondi momen karpet biru Disney Content Showcase APAC 2022 di Marquee, Marina Bay Sands, Singapura, pada Rabu malam, 30 November 2022. Foto: Dok. Disney

Adinia Wirasti mengenakan busana rancangan Jan Sober x Iwan Tirta Collectiondi momen karpet biru Disney Content Showcase APAC 2022 di Marquee, Marina Bay Sands, Singapura, pada Rabu malam, 30 November 2022. Foto: Dok. Disney

IKLAN

CANTIKA.COM, Singapura - Aktris, Adinia Wirasti ungkap ekspektasi diri sendiri jadi tantangannya memerankan dokter Sekar di serial Mendua. Mengingat Mendua merupakan adaptasi dari serial Inggris Doctor Foster yang meraih penghargaan BAFTA Awards, Asti sapaan akrabnya tak memungkiri ada momen karakter tokoh sebelumnya memengaruhi ekspektasinya dalam berperan.

"Tantangannya adalah ekspektasi diri sendiri. Apakah aku harus berakting seperti dokter foster, no i'm playing dokter sekar. Haruskah aku bermain seperti dokter Ji Sun Woo, no aku bermain menjadi dokter Sekar," tuturnya dalam sesi wawancara roundtable Disney Content Showcase Asia Pacific 2022 di Marina Bay Sands, Singapura, pada Kamis, 1 Desember 2022.

"Ekspektasi itu kalau ditempel dengan serial dari negara lain itu sangat sulit, beban jadinya. Kalau jadi beban, aku gak total mengerjakannya. Maka dari itu, aku jadikan itu tantangan," lanjutnya.

Saat ditanya apakah ia menonton serial asli dan serial adaptasi Korea Selatan, Asti mengaku menontonnya, meski tak diwajibkan oleh sang sutradara, Pritagita Arianegara.

Cara Adinia Wirasti Dalami Peran Dokter Sekar di Mendua

Tokoh Sekar M. Atmajaya di serial Mendua digambarkan sebagai dokter spesialis penyakit dalam alias internis yang sukses dan tinggal di kawasan elit Jakarta bersama suami dan putranya. Namun hidup Sekar yang terlihat sempurna hancur seketika saat dia mengetahui perselingkuhan suaminya.

Untuk mendalami karakter dokter, Adinia Wirasti sapaan akrabnya mengulik dan mengamati dari sejumlah anggota keluarganya yang berprofesi sebagai dokter. 

"Kebetulan beberapa saudara aku sekeluarga dokter. Jadi, aku tahu betapa struggle-nya menjadi dokter," tuturnya.

"Profesi peran apa pun yang sedang aku mainkan, penting banget untuk dikulik. Meski ini bukan serial tentang medis, aku tetap kulik dengan baik," tambah aktris 35 tahun itu.

Asti juga mengobservasi hal-hal yang dipelajari internis, bagaimana saat mereka bekerja, dan hubungan antara dokter dengan pasien. Ia mengungkapkan sangat terbantu dengan naskah yang detail.

"Di skrip benar-benar detail bagaimana cara Sekar merespons pasien. Jadi, saya menganalisis dan mendalami dengan mudah," imbuhnya.

Ditanya soal bagaimana menciptakan gejolak emosi sebagai istri yang diselingkuhi, Asti mengatakan perselingkuhan bisa dialami siapa pun, tak hanya soal romantis. 

"Perasaan itu (diselingkuhi) bisa dilalami oleh siapa pun, itu adalah emosi dan konflik manusia yang cukup general (umum). Ketika kita mengekspos diri kita ke manusia lain, possibility (kemungkinan) itu (diselingkuhi) akan ada. Memang ada di sekitar kita, gak melulu romantis, bisa dialami di lingkup pertemanan, kolega," tandasnya.

Serial Mendua yang dibintangi Adinia Wirasti tayang pada 17 Desember 2022. Foto: Instagram/@disneyplushotstarid

Sinopsis Serial Mendua

Serial Mendua merupakan adaptasi dari serial pemenang penghargaan BAFTA berjudul Doctor Foster yang ditulis dan dibuat oleh Mike Bartlett, dan diproduksi oleh Drama Republic untuk BBC One. Menyusul kesuksesan dari beberapa adaptasi lokal Doctor Foster, termasuk versi Korea Selatan dengan judul The World of the Married, Mendua telah diadaptasi untuk para penonton di Indonesia dengan format serial sebanyak 8 episode berdurasi masing-masing 45 menit.

Disutradarai oleh Pritagita Arianegara, cerita serial drama romantis ini ditulis dan dikembangkan oleh Keke Mayang, Sinar Ayu Massie, dan Dono Indarto, bersama Wicky V. Olindo sebagai produser, serta Anthony Buncio sebagai showrunner dan produser eksekutif.

Serial Mendua juga dibintangi oleh Chicco Jerikho sebagai Ivan, suami dokter Sekar, Tatjana Saphira sebagai Bella, Bima Azriel, Widyawati Sophiaan, Jolene Marie, Winky Wiryawan, Melissa Karim, Dennis Adhiswara, Karina Salim, Morgan Oey, dan Ibrahim Risyad. Mendua tayang eksklusif di Disney+ Hotstar pada Sabtu, 17 Desember 2022.

Baca juga: Tips Mendalami Peran ala Adinia Wirasti, Kuncinya Pendekatan dan Observasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."