Tips Mendalami Peran ala Adinia Wirasti, Kuncinya Pendekatan dan Observasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Adinia Wirasti, aktris. Foto: Instagram/@adiniwrst

Adinia Wirasti, aktris. Foto: Instagram/@adiniwrst

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Adinia Wirasti telah menunjukkan kepiawaiannya dalam seni peran dengan menghiasi berbagai layar kaca Indonesia. Adinia Wirasti sendiri aktif memainkan peran dalam berbagai film populer seperti Susah Sinyal, Critical Eleven, dan Ada Apa Dengan Cinta?

Sebagai seorang aktris pasti memiliki beberapa tips yang digunakan oleh dirinya untuk lebih mendalami karakter yang diperankan. Dalam podcast milik Gritte Agatha yang telah dipublikasikan melalui saluran YouTube, Adinia Wirasti membagikan tips dalam mendalami seni peran.

"Pada dasarnya lebih terbuka sama kehidupan manusia aja," katanya kepada Gritte Agatha. Adinia Wirasti lalu menceritakan bagaimana dia diberikan sebuah tugas dari sutradaranya untuk duduk di suatu tempat yang ramai atau hits dan mengamati orang-orang yang berlalu-lalang disana.

"Di situ membuka mata, membuka telinga. Untuk melihat apa sih sebenernya yang terjadi di kehidupan nyata dan orang-orang nyata ini, tapi ya diam-diam. Karena kan maunya mendapat reaksi atau respon senatural mungkin dari orang-orang tersebut," ucapnya pada video yang dipublikasikan 4 Februari 2022.

Selain itu, Adinia Wirasti juga mengungkapkan tips lainnya yaitu memilih orang untuk diobservasi. Dengan melakukan pendekatan langsung terhadapnya, semisal mendapatkan peran sebagai seorang YouTuber maka harus melakukan komunikasi langsung dengannya.

Dan apabila memang mendapatkan karakter yang mempunyai pekerjaan profesional yang tidak memungkinkan untuk ditemui atau ditanyakan secara langsung bisa dengan melakukan riset, banyak baca buku tentang hal tersebut, dan lainnya yang mana itu akan sangat membantu dalam mendalami sebuah karakter yang akan diperankan.

Aurora Ribero dan Adinia Wirasti dalam Film Susah Sinyal. Dok. Starvisionadini

Adinia Wirasti juga menyampaikan cara dia untuk menerima tawaran film yaitu apabila dirinya sudah jatuh cinta atau setidaknya naskah tersebut menarik baginya. "Biasanya kalo baca script udah halaman kelima kalau udah penasaran, udah ada kepengin gue jadi orang ini. Biasanya aku iyain di halaman ke lima."

Dia menuturkan bahwa lima halaman itu seperti lima menit pertama dalam film, dimana penonton akan diperkenalkan hal-hal mendasar dari alur ceritanya. Pun karena kekuatan dari dunia yang akan diceritakan itu distabilkan di lima menit pertama dan memasuki 6-10 menit berikutnya mulai diperkenalkan ke potential conflict.

Saat ini Adinia Wirasti telah kembali lagi dalam film Kamu Tak Sendiri, memerankan karakter sebagai Mira. Ia menuturkan langsung tertarik setelah membaca naskahnya yang terbilang unik, sebab mengangkat isu yang ada di sekitar seperti glass ceiling phenomenon. Merupakan ungkapan metafora untuk menggambarkan hambatan yang dihadapi oleh perempuan dan juga kaum minoritas saat mencoba peran yang lebih tinggi dalam perusahaan.

Baca: Perankan Ibu Pertiwi, Adinia Wirasti Tampil Memukau di Rewind Indonesia 2021

DIAH RETNO ANDANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."