Erina Gudono Anggun Berkebaya Brokat Warna Ungu di Malam Midodareni

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Erina Gudono menjalani prosesi midodareni Jumat, 9 Desember 2022, jelang pernikahannya dengan Kaesang Pangarep (tangkapan layar Kompas TV)

Erina Gudono menjalani prosesi midodareni Jumat, 9 Desember 2022, jelang pernikahannya dengan Kaesang Pangarep (tangkapan layar Kompas TV)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Erina Gudono, calon istri Kaesang Pangarep muncul setelah rombongan Presiden Jokowi pulang dari kediamannya di Sleman, Yogyakarta untuk menghadiri malam midodareni, Jumat, 9 Desember 2022. 

Dalam balutan kebaya serba ungu atau lavender yang berkilau, Erina tampak semringah dan anggun setelah acara yang dimulai pukul 19.00 WIB itu selesai kurang lebih 1,5 jam.  "Terimakasih untuk keluarga besar Mas Kaesang dan keluarga besar saya sudah hadir di acara midodareni ini," kata Erina.

Ia mengaku betul-betul bersyukur, rangkaian prosesi pernikahannya yang sudah dimulai sejak dua hari terakhir sampai saat ini berjalan lancar tanpa kendala. "Insyaallah besok kami akan menikah di Pendopo Ambarrukmo, semoga besok lancar semuanya," kata Erina.

Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 itu mengatakan,  dalam prosesi midodareni ia dikuatkan dan diberi semangat oleh calon mertuanya, Iriana Jokowi serta kakak ipar serta kakak perempuan Kaesang, Selvi Ananda dan Kahiyang Ayu. "Tadi saat ketemu Ibu Iriana, Mbak Selvi dan Mbak Kahiyang lebih menyapa, tanya kabar, banyak bercanda dan ngobrol seperti biasa saja," kata Erina.

"Mereka juga memberi nasehat, semangat, agar saya banyak istirahat agar saat akad hatinya juga tenang," kata dia.

Erina menuturkan dalam prosesi itu, keluarga Kaesang memberi sejumlah seserahan sebagaimana layaknya tradisi pernikahan Jawa. "Untuk seserahan lebih kepada barang barang yang memang kebutuhan sehari-hari, yang sering saya pakai juga," kata Erina.

Barang Langkahan 2 Kakak Erina Gudono

Erina menuturkan dalam prosesi langkahan dua kakaknya lantaran menikah lebih dulu, ia mengaku memilih mengikuti tradisi umumnya di keluarga Jawa. "Untuk barang pelangkah yang saya berikan kepada kakak-kakak saya seperti kain batik, baik untuk atasan maupun bawahan," ujarnya.

Putri mendiang guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada itu mengaku sudah siap lahir batin menjalani prosesi akad nikah besok siang, Sabtu, 10 Desember 2022. Tapi ia belum mau membeberkan rencana bulan madunya. "Untuk bulan madu saya belum tahu, ikut Mas Kaesang saja," kata dia.

Jokowi Kenakan Busana Adat Solo

"Dalam prosesi midodareni ini keluarga Pak Jokowi menggunakan busana adat Solo sedangkan keluarga Erina pakaian adat Yogyakarta," kata pimpinan wedding organizer Pengantin Production yang menangani pernikahan Kaesang dan Erina, Wiragung Wratsangka.

Midodareni ini, kata Wiragung, sebagai prosesi menjelang akad nikah Kaesang-Erina pada esok harinya, Sabtu, 10 Desember 2022. "Dalam midodareni, Erina belum boleh bertemu Kaesang karena masih dipingit, jadi masih di dalam kamar," kata dia.

Momen midodareni ini warga tidak bisa masuk area lokasi. Mereka menggelar nonton bareng di Gedung Serbaguna Purwosari tak jauh dari kediaman Erina melalui layar berukuran besar yang telah disiapkan. Di gedung itu warga disediakan berbagai stan makanan mulai bakso, soto, hingga angkringan. Selain makanan, warga juga dihibur kesenian seperti hadrah. 

Baca: 5 Fakta Menarik Erina Gudono Sungkeman, dari Air Mata hingga Helaian Rambut

ISTIQOMATUL HAYATI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."