Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi - Efek peningkatan waktu menatap layar perangkat elektronik pada kesehatan mata. (ANTARA/Shutterstock/Fizkes)

Ilustrasi - Efek peningkatan waktu menatap layar perangkat elektronik pada kesehatan mata. (ANTARA/Shutterstock/Fizkes)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah kesehatan mata tak kalah penting dengan anggota tubuh lainnya. Biasanya jika penglihatan buruk dipengaruhi faktor usia, genetika, dan lingkungan. Tak lupa juga gaya hidup sehari-hari berpengaruh pada kesehatan mata. 

Terdapat indikasi bahwa kebiasaan sehari-hari atau gaya hidup dapat memengaruhi penglihatan seseorang dan berkembang menjadi komplikasi lebih lanjut jika tidak ditangani tepat waktu. Berikut kebiasaan buruk yang bisa memengaruhi kesehatan mata Anda. 

1. Terlalu banyak waktu menatap layar 

Bekerja berjam-jam, terutama di depan komputer telah menjadi kenyataan bagi banyak orang di seluruh dunia. Pandemi dan budaya kerja dari rumah membuat orang harus bekerja hampir berjam-jam setiap hari. Gaya hidup seperti itu pasti dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata Anda dan menyebabkan masalah terkait mata jika tidak diperiksa dengan benar. Suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan ini adalah "screen-sightedness" atau sindrom penglihatan komputer. 

Teknik 20-20-20 adalah cara sederhana namun efektif untuk sering-sering beristirahat guna mengurangi stres akibat penggunaan perangkat digital dalam waktu lama. Habiskan setidaknya 20 detik setiap 20 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki.

2. Kurang mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata 

Termasuk makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seng, vitamin C dan E, serta sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, telur, jeruk, dan makanan laut dapat membantu menjaga kesehatan mata.

3. Kurang istirahat 

Kurang tidur, terutama jika terjadi secara teratur, dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan kita, baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuh, penambahan berat badan, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, perubahan suasana hati, dan masalah memori. Ini juga mempengaruhi kesehatan mata kita secara signifikan. Kurang istirahat dapat bermanifestasi dalam mata merah, lingkaran hitam, penglihatan kabur, mata kering, dan kondisi lainnya.

4. Kebiasaan menggosok mata 

Menggosok mata sepanjang hari juga dapat merusak penglihatan Anda. Menggosok mata dapat merusak pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata Anda. Saat mata teriritasi, alih-alih menggosok mata, coba gunakan kompres dingin.

5. Tidak melindungi mata

Mata kita rentan terhadap sinar ultraviolet dan elemen cuaca yang dapat memengaruhi kesehatan penglihatan kita dengan berbagai cara. Mengenakan kacamata hitam yang tepat secara teratur dapat mencegah perkembangan degenerasi makula atau katarak. Selain itu, kacamata hitam juga membantu melindungi dari sindrom mata kering dengan menghalangi angin dan debu yang dapat masuk ke mata Anda.

6. Tetap Terhidrasi

Air sangat penting bagi tubuh untuk membantu menjaga hidrasi. Mata kita bergantung pada air untuk membantu menjaganya tetap terlumasi dalam bentuk air mata. Sangat normal jika debu, kotoran, dan kotoran lain yang ada di udara menyelinap ke mata kita.  Dengan tidak adanya kelembapan, seseorang dapat mengalami mata kering, merah, atau bengkak. Karena itu, penting untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi banyak air setiap hari.

Baca: Cara Melindungi Kesehatan Mata dari Bahaya Sinar Ultraviolet

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."