Trik Mudah Menyimpan Alpukat agar Tahan Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah alpukat kaya manfaat, rasanya juga lezat. Sayangnya sulit memilih alpukat yang bagus dari tampilan luarnya saja.  Meskipun Anda membelinya dalam kondisi matang dan siap dimakan, kadang-kadang buah ini tetap keras. Ketika disimpan, tahu-tahu buah itu sudah kecokelatan dan lembek. Tentu dalam kondisi ini alpukat tidak enak lagi dikonsumsi.

Untuk menghindari hal tersebut, seorang ibu asal Australia punya trik mudah untuk membuat buah alpukatnya bisa disimpan sepanjang tahun. Pendiri halaman Facebook populer 'Slow Cooker Recipes & Tips' itu mengungkapkan, caranya adalah mengiris dan memisahkannya dari kulit, lalu membekukannya di freezer.

Ilustrasi irisan alpukat (Facebook)

"Ini adalah trik simpel yang saya lakukan untuk alpukat," dia menjelaskan.

Ia mengatakan pernah mendengar ada yang menjual buah alpukat dalam kondisi beku. Namun ia tidak pernah berhasil menemukannya di sekitar rumahnya.

“Jadi aku berpikir, 'mengapa tidak membekukannya sendiri?'. Ini berhasil,” kata dia.

Membekukan alpukat dapat menghentikan proses perubahan warna buah menjadi kecokelatan. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan instruksinya.

Pertama, potong alpukat menjadi dua, buang bijinya, lalu potong-potong tipis. Letakkan potongan-potongan alpukat itu di atas nampan yang dilapisi kertas perkamen dan dibekukan. Angkat irisan beku setelah satu hari lalu masukkan ke dalam kantung, lalu simpan kembali di freezer.

Membekukannya secara terpisah terlebih dahulu mencegah potongan buah saling menempel dan memungkinkan Anda menggunakannya satu demi satu.

Jika ingin digunakan, ia tinggal mengeluarkannya dari freezer, lalu mencampurkannya dalam smoothie atau menunggunya mencair untuk membuat sandwich.

Para pengikutnya terkagum-kagum dengan trik ini. "Aku tidak tahu itu bisa membeku," tulis seorang. "Aku benci membuang sisa alpukat karena tidak ada orang lain yang memakannya di rumahku."

Pengikut lain mengatakan, "Ini adalah solusi untuk masalah alpukat yang sering saya alami.”

DAILY MAIL | MIRROR.CO.UK

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."