Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Jantung dan Mata

Ilustrasi jus alpukat. shutterstock.com

kesehatan

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Jantung dan Mata

Kamis, 27 Mei 2021 21:44 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda penggemar alpukat? Selamat, itu berarti Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan dari buah unik ini. Meskipun sebagian besar buah terutama terdiri dari karbohidrat, alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi. Ada banyak manfaat alpukat bagi jantung dan mata. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Alpukat telah menjadi makanan yang sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan. Buah ini sering disebut sebagai makanan super mengingat khasiat kesehatannya. Di dalamnya terkandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Dalam satu porsi 3,5 ons (100 gram) alpukat terdapat vitamin K, folat, vitamin C, kalium, vitamin B5 dan B6, serta vitamin E. Selain itu, ada juga sejumlah kecil magnesium, mangan, tembaga, besi, seng, fosfor dan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin) dan B3 (niasin).

Semua kandungan ini, hadir bersama 160 kalori, 2 gram protein, dan 15 gram lemak sehat. Meski mengandung 9 gram karbohidrat, 7 di antaranya adalah serat, jadi hanya ada 2 karbohidrat bersih, menjadikannya makanan nabati ramah rendah karbohidrat.

Alpukat tidak mengandung kolesterol atau natrium dan rendah lemak jenuhnya. Inilah sebabnya alpukat disukai oleh beberapa ahli yang percaya zat ini berbahaya, yang merupakan topik perdebatan.

Alpukat menyehatkan jantung

Alpukat adalah makanan berlemak tinggi. Faktanya, 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati paling berlemak yang ada. Tapi buah berdaging hijau kekuningan ini tidak hanya mengandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan diyakini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatannya.

Asam oleat telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Lemak dalam alpukat juga agak tahan terhadap oksidasi akibat panas. Ini menjadikan minyak alpukat pilihan yang sehat dan aman untuk memasak.

Delapan studi terkontrol pada orang telah meneliti manfaat alpukat pada beberapa faktor risiko penyakit jantung. Studi ini menunjukkan bahwa alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol total secara signifikan; mengurangi trigliserida darah hingga 20%; menurunkan kolesterol LDL hingga 22%; dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) hingga 11%.

Alpukat juga mengandung kalium, nutrisi yang biasanya tidak diasup secara cukup oleh banyak orang. 

Padahal nutrisi ini membantu menjaga gradien listrik dalam sel tubuh Anda dan melayani berbagai fungsi penting. Nah, alpukat sangat tinggi kalium. Paket porsi 3,5 ons (100 gram) memberikan 14% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Alpukat juga kaya akan serta yang bisa berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah dan sangat terkait dengan risiko yang lebih rendah dari banyak penyakit.

Alpukat mengandung antioksidan yang tinggi

Alpukat tidak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, tetapi juga antioksidan yang tinggi. Ini termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata. Dua fitokimia ini sangat terkonsentrasi di jaringan di mata yang memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan larut lemak bermanfaat lainnya, seperti beta-karoten. Ini membuat alpukat dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

Studi menunjukkan bahwa mereka terkait dengan penurunan risiko katarak dan degenerasi makula secara drastis, yang umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Oleh karena itu, makan alpukat bisa bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

Itu tadi adalah manfaat alpukat bagi kesehatan jantung dan mata Anda. Ada banyak resep makanan sehat dan bergizi menggunakan alpukat yang bisa Anda coba jika bosan mengonsumsi jus alpukat. Salah satunya avocado toast atau roti panggang dengan alpukat. 

Baca juga: Avocado Toast ala Luna Maya, Pakai Telur Ceplok dan Krim Keju

HEALTHLINE | MEDICAL NEWS TODAY