Libatkan Anak dan Konten Kontroversial dalam Iklan, Balenciaga Minta Maaf

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kim Kardashian dan direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia. Instagram.com/@demnagram

Kim Kardashian dan direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia. Instagram.com/@demnagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa waktu brand Balenciaga kesandung masalah iklan. Dalam kampanye terbaru yang dirilis telah dinilai mengandung konten kontroversial yang menuai keriuhan di jagat maya. 

Direktur Kreatif dan CEO rumah mode Prancis Balenciaga meminta maaf atas kampanye iklan yang memicu kritik di media sosial atas tuduhan bahwa iklan tersebut menampilkan gambar yang tidak pantas yang melibatkan anak-anak.

"Saya secara pribadi ingin meminta maaf atas kesalahan pemilihan konsep artistik untuk kampanye pemberian hadiah dengan (melibatkan) anak-anak," kata Direktur Kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, berdasarkan laporan Reuters, Minggu, 4 Desember 2022. 

Secara terpisah, label mengeluarkan pernyataan yang ditandatangani oleh CEO Balenciaga Cedric Charbit yang menguraikan proses internal baru untuk mengevaluasi konten.

Sebelumnya, Balenciaga menarik perhatian dalam beberapa minggu terakhir melalui dua kampanye terpisah yang diunggah di media-media sosialnya. Satu bulan lalu, iklan menampilkan koleksi hadiah dan tas tangan berbentuk boneka beruang dengan tali pengikat yang dipegang oleh anak-anak.

Sementara, kampanye kedua untuk koleksi musim semi 2023 label tersebut, menampilkan visual yang bertempat di sebuah kantor, dan menunjukkan makalah yang menampilkan teks dari keputusan Mahkamah Agung tahun 2008 terkait dengan pornografi anak.

Adapun badai atas kampanye tersebut membuat bintang reality show Kim Kardashian meninjau hubungannya dengan label fashion tersebut. Dalam sebuah pernyataan awal pekan ini, Balenciaga meminta maaf dan mengatakan bahwa penyelidikan terhadap kampanye iklan sedang berlangsung.

Namun, dalam pernyataannya, Charbit mengatakan label telah memutuskan untuk tidak melanjutkan litigasi. "Saya ingin secara pribadi mengulangi permintaan maaf saya yang tulus atas pelanggaran yang disebabkan dan bertanggung jawab," kata Charbit.

Baca: Jual Sepatu Usang Mulai 7 Juta, Balenciaga Klaim Hanya Ada 100 di Dunia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."