Jual Sepatu Usang Mulai 7 Juta, Balenciaga Klaim Hanya Ada 100 di Dunia

Balenciaga merilis sepatu kets usang

mode

Jual Sepatu Usang Mulai 7 Juta, Balenciaga Klaim Hanya Ada 100 di Dunia

Jumat, 13 Mei 2022 08:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaBalenciaga merilis sepatu limited edition yang diberi nama 'Paris Sneaker'. Bukan sembarangan, sepatu ini memiliki tema rusak dan kotor. Meski tampilannya tampak seperti sepatu tak layak, nyatanya harga sneakers ini mencapai puluhan juta.

Salah satu sneakers yang diluncurkan itu berasal dari merek Converse yang diberi harga hingga Rp26 juta per pasangnya. Sepatu ini pun hanya ada 100 pcs di dunia. Terdapat dua sepatu lain yang memiliki konsep yang sama, yakni rusak dan kotor, yang dibanderol harga Rp7 juta dan Rp9 juta.

Sepatu usang ini memiliki konsep rusak, sobek, dipenuhi coretan dan bolong. Semakin terlihat tak layak pakai, harganya semakin mahal. Pembelian sepatu ini pun sudah bisa dilakukan melalui situs resmi mereka. Peluncuran sepatu rombeng ini memiliki tujuan dan pesan khusus.

Balenciaga sengaja menunjukkan adanya sepatu yang bisa dipakai seumur hidup. Menurutnya, konsep ini sangat relevan di tengah industri mode yang cepat berkembang dan berganti sehingga dampak konsumsi berlebihan dari manusia. Koleksi terbaru dari Balenciaga ini pun viral di media sosial karena mendapat kritikan tajam dari warganet.

Mereka menilai Balenciaga sengaja menjual 'gambaran kemiskinan' untuk meraup untung. Netizen juga menilai Balenciaga sedang melakukan social experiment untuk melihat siapa orang yang mau membeli sepatu tersebut.

Merek asal Paris ini memang kerap memiliki ide yang di luar kebiasaan, sebelumnya mereka membuat gebrakan unik untuk mengundang para tamu ke acara fashion show. Bukan menggunakan undangan kerta biasa, Balenciaga mengirimkan iPhone rusak bekas sebagai undangan untuk acara Fall/Winter 2022 show di Paris Fashion Week pada Minggu, 6 Maret 2022 lalu. Undangan tersebut ditulis di bagian belakang ponsel iPhone 6 yang rusak. Balenciaga bahkan membungkus iPhone tersebut ke dalam kardus khusus.

Dalam kardus tersebut, terdapat tulisan yang mengatakan bahwa undangan terdapat di bagian belakang ponsel. "Silakan temukan informasi yang dipersonalisasi di bagian belakang ponsel ini. Ini (iPhone) adalah artefak asli dari tahun 2022," tulis Balenciaga dikutip dari dailymail. "Ini tidak berfungsi dan hanya digunakan untuk tujuan tampilan," lanjut Balenciaga.

Baca: Detail Tas Balenciaga yang Mirip Kantong Belanja Supermarket