21 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Paling Menakutkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi menonton film horor. Freepik.com

Ilustrasi menonton film horor. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film horor merupakan genre paling favorit bagi banyak orang, karena tingginya minat pasar tentang genre ini, banyak sutradara Indonesia berlomba-lomba membuat film horor yang kualitasnya tak kalah dari film garapan luar negeri. Ada beberapa rekomendasi film horor Indonesia yang pastinya bikin olahraga jantung. 

Berikut 21 rekomendasi film horor Indonesia paling menakutkan yang dijamin bikin kamu merinding.

1. Perempuan Tanah Jahanam

Dua karakter protagonist perempuan dari film Perempuan Tanah Jahanam, yang diperankan oleh Tara Basro dan Marissa Anita.

Rekomendasi film horor Indonesia yang pertama adalah Perempuan Tanah Jahanan. Film garapan Joko Anwar pada 2019 telah meraih banyak piala citra. Di ajang itu, mereka berhasi merebut piala kategori best feature film, best film editor, best cinematography dan lainnya. Film ini diperankan oleh beberapa aktris dan aktor terkenal seperti Tara Basro, Marissa Anita, Ario bayu dan Christine Hakiem. 

Film horor ini bercerita tentang Maya, diperankan oleh Tara Basro, dan bersama sahabatnya Dini, diperankan oleh Marissa Anita, selalu merasa gagal saat mengadu nasib di kota Jakarta. Sampai akhirnya Maya memutuskan pergi ke kampung halaman karena mendapat informasi bahwa dia akan mendapatkan banyak warisan dari orang tua. 

Saat Maya pergi bersama dengan Dini, mereka tidak sadar bahwa sebuah kejadian menyeramkan telah menanti mereka berdua. Kamu bisa menonton film ini di Netflix.

2. Qodrat

Vino G. Bastian dalam film Qodrat. Dok. MAGMA Entertainment/Rapi Films.

Film horor Indonesia terbaru yang menakutkan versi Cantika adalah Qodrat. Film yang rilis pada 27 Oktober tahun 2022 ini, bercerita tentang kisah Vino G. Bastian yang berperan sebagai ustad bernama Qodrat. Ustad itu bisa mengaplikasikan ilmu ruqyah. Namun ilmu ini justru gagal ketika dia mencoba untuk menyembuhkan anaknya sendiri yaitu Alif yang sudah lama dirasuki setan bernama Assuala. 

Akhirnya ustad Qodrat pergi ke sebuah pesantren di desa terpencil untuk lebih mendalami ilmunya. Namun betapa terkejutnya dia, ternyata di desa itu banyak gangguan-gangguan setan yang susah untuk ditaklukkan.

Salah satu anak di desa tersebut, Alif, pun harus dirukiah.  Alif adalah anak dari Yasmin, yang diperankan Marsha Timothy. Apakah ustad Qodrat berhasil menyelesaikan semua gangguan tersebut? 

3. Qorin

Pelucuran trailer dan poster film Qorin di Epicentrum XXI, Selasa, 8 November 2022. Dok. IDN Pictures

Rekomendasi film horor Indonesia terseram selanjutnya adalah Qorin. Meski ini baru akan rilis pada tanggal 1 Desember 2022 nanti, film besutan Ginanti Rona ini sudah digadang-gadang menjadi film paling seram. Qorin bercerita tentang seorang anak bernama Zahra, siswa paling berprestasi di sebuah pesantren. Zahra adalah orang yang sangat ambisius, karena sifat ambisiusnya itu, dia rela untuk melakukan apapun yang diperintahkan oleh Ustad Jaelani. 

Suatu hari Zahra mendapat tugas untuk menjaga seorang siswi nakal bernama Yolanda. Lalu Zahra mengajak Yolanda dan siswi lainnya melakukan ritual bernama Qorin. Tanpa dia duga, setelah ritual itu dia dan teman-temannya mengalami banyak kejadian mistis.

Jadi sebenarnya apa itu ritual Qorin dan mengapa ustad Jaelani menyuruh Zahra melakukan ritual tersebut? Kamu harus menontonnya di Bioskop pada Desember nanti ya.

4. Pengabdi Setan

Salah satu adegan di film Pengabdi Setan. ANTARA

Film horor asli Indonesia yang mendunia ini telah mendapat banyak penghargaan dan ditayangkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia. Pengabdi Setan menceritakan tentang kisah sebuah keluarga yang dirundung duka mendalam karena ibunya baru saja berpulang. Setelah duka itu, ayah mereka tetap harus mencari nafkah  di luar kota dan meninggalkan anak-anaknya.

Setelah ayahnya pergi, mereka merasa bahwa Ibunya yang telah meninggal dunia itu kembali ke rumah. Situasi semakin menegangkan karena sang ibu tidak hanya “kembali” namun juga ingin menjemput nyawa para anggota keluarga. 

Karena antusias banyak orang, Pengabdi Setan pun dibuat sekual keduanya berjudul “Pengabdi Setan 2: Communion”. Film ini  sudah tersedia di Netflix. Film ini merupakan cerita lanjutan dari anak-anak yang berhasil keluar dari rumah menyeramkan itu dan pindah ke sebuah kos-kosan. Namun yang tak mereka sadari adalah gangguan menyeramkan itu muncul kembali.

5. Keramat 

Rekomendasi film horor Indonesia terseram sepanjang masa lainnya berjudul Keramat.  Banyak orang mengaku adegan dalam film ini sangat bermakna hingga membekas di ingatan mereka. Film Keramat yang dirilis pada 2009, bercerita tentang Poppy Sovia dan teman-teman kru lainnya yang sedang melakukan syuting untuk film Menari di Atas Angin.

Lokasi syuting nya berada di Kota Bantul, Yogyakarta. Namun siapa sangka proses syutingnya berjalan tidak lancar dan mereka semua terkena gangguan mistis oleh makhluk tak kasat mata. Proses syuting pun menjadi kacau. Banyak kru, artis yang tiba-tiba menghilang dan mengalami kejadian naas. Lalu apakah penyebab sebenarnya dari kejadian mistis itu? Kamu bisa menonton Keramat ini di Netflix.

Film ini sangat dicintai masyarakat, maka pembuatan sekual film ini pun dibuat. Film Keramat 2 : Caruban Larangan dirilis pada 24 November 2022 di bioskop. Jadi siapa yang sudah tidak menonton Keramat 1 dan 2? 

6. Jagat Arwah

Jagat Arwah juga dapat menjadi rekomendasi film horor fiksi karya Indonesia yang jadi pilihan kamu. Film ini baru rilis pada bulan september lalu. Kisah film Jagat Arwah dimulai saat kematian ayah Raga, diperankan oleh Ari Irham, yang terjadi sangat mendadak dan misterius. Hal inilah yang mendorong Raga untuk lebih menelusuri kehidupannya. Tak disangka ternyata dia adalah keturunan penyeimbang jagat arwah sekaligus jagat manusia yang bergelar Aditya ke-7. 

Penelusuran Raga, dibantu oleh pamannya yaitu Paklik Jaya, diperankan oleh Oka Antara. Mereka berusaha keras untuk mengendalikan kekuatan yang ada dalam dirinya sampai bertemu dengan para arwah yang masih memiliki hubungan perjalanan dengannya. Ada Noni hantu Belanda, diperankan Cinta Laura, Kunti diperankan Sheila Dara dan Genderuwo, diperankan oleh Ganindra Bimo. Lalu berhasilkah Raga mengendalikan kekuatannya bersama para arwah? Kamu masih bisa menonton Jagat Arwah di beberapa bioskop kesayangan.

7. Rumah Dara

Poster film Rumah Dara. Foto: Wikipedia.

Rumah Dara menjadi rekomendasi film horor paling dicintai di Indonesia. Saat film ini dirilis pada 2009, film ini meraih banyak prestasi. Rumah Dara bukan sekedar film horor biasa yang banyak adegan hantu seramnya. Justru karakter Maya, diperankan oleh Shareefa Daanish, dengan karakter psikopatnya membuat film ini semakin menyeramkan. 

Film ini bermula saat seorang pasangan bernama Adjie dan istrinya Astrid yang sedang hamil 8 bulan berencana untuk pergi liburan bersama para sahabatnya yaitu Eko, Alam, Jimmie. Saat mereka sedang di Perjalanan, tiba-tiba saja mereka harus berhenti karena melihat seorang perempuan bernama Maya, yang mengaku habis dirampok oleh penjahat. 

Karena mereka tidak tega, akhirnya mereka mengantar Maya untuk pulang ke rumahnya. Namun sesampainya di rumah Maya, mereka justru terjebak di rumah itu. Di rumah itulah Maya ternyata sering membunuh orang. 

8. Bangku Kosong

Selain termasuk film horor menyeramkan, Film Bangku Kosong juga dapat memberi banyak pelajaran terutama soal tindakan bullying di Sekolah. Film Bangku Kosong berkisah tentang Dinda, si kutu buku cerdas yang selalu mengalami tindakan pembullyan di sekolahnya oleh tiga remaja bernama Desty, Nancy dan Adela. Singkat cerita, ada guru baru bernama Ibu Grace yang menyuruh Dinda untuk pindah tempat duduk di bagian depan, namun siswa lain menentang itu semua karena “bangku kosong” itu adalah bangku yang tidak boleh diduduki oleh siapapun. 

Ibu Grace tidak percaya akan hal mistis itu dan tetap menyuruh Dinda untuk pindah duduk. Hingga akhirnya kejadian menyeramkan pun terjadi. Dinda terus mengalami hal-hal mistis hingga dirasuki oleh seorang hantu bernama Audi.  Dinda jadi berani untuk melawan pembully tersebut karena dirasuki, tiga remaja pembully pun jadi dihantui rasa bersalah dan juga ketakutan. Setelah diusut, ternyata Audi merupakan siswa di sekolah yang sama dan telah meninggal dengan cara bunuh diri karena menjadi korban pembulian juga, namun dilakukan oleh orang lain di sekolahnya.

9. Suzanna : Bernafas Dalam Kubur

Luna Maya menjadi Suzzanna di film horor Bernafas dalam Kubur. Instagram

Beranak Dalam Kubur merupakan salah satu film setan Indonesia yang sangat populer. Film remake yang berjudul sama dibuat pada tahun 1984 dengan aktris spesialis horor Suzzana. Film ini bercerita tentang pernikahan Suzanna dan suaminya bernama Satria yang telah lama menanti adanya buah hati. Sampai akhirnya Suzanna berhasil mengandung, namun sayang Satria harus meninggalkannya untuk dinas ke luar negeri. 

Saat Satria pergi, ternyata ada penjahat masuk ke rumahnya dan akhirnya Suzanna terbunuh. Arwah Suzanna menjadi bergentayangan demi membalaskan dendam kepada para penjahat.

10. Ratu Ilmu Hitam

Poster film Ratu llmu Hitam 2019. Instagram

Ratu Ilmu Hitam yang tayang pada 2019  juga merupakan film horor remake dari judul sama pada 1981. Walau begitu, cerita mereka berbeda. Ratu Ilmu Hitam yang hadir pada 2019 bercerita tentang Hanif yang membawa istri dan ketiga anaknya untuk berkunjung ke panti asuhan tempat Hanif dulu dibesarkan. Alasannya salah satu pengasuhnya dulu yaitu Pak Bandi jatuh sakit.

Tidak hanya Hanif, sahabat lainnya semasa di panti pun datang bersama istri-istrinya. Mereka semua memutuskan untuk bermalam di panti asuhan itu. Sampai akhirnya terdapat kejadian mistis yang membuat mereka semua dalam bahaya. Ternyata ada salah satu orang yaitu sang Ratu Ilmu Hitam yang ingin mereka semua mati demi membalaskan semua dendamnya kepada anak panti itu. Satu per satu korban berjatuhan, sementara yang lain berusaha untuk melarikan diri.

11. Sebelum Iblis Menjemput

Aktris Chelsea Islan saat menghadiri peluncuran trailer film horor terbarunya yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput di Jakarta, 10 Juli 2018. Film Sebelum Iblis Menjemput disutradarai oleh Timo Tjahjanto. TEMPO/Nurdiansah

Film setan asli karya Indonesia Sebelum Iblis Menjemput diperankan oleh dua artis cantik yaitu Pevita Pearce, berperan sebagai Maya, dan Chelsea Islan, berperan sebagai Alfie. Film ini bercerita tentang Alfie yang terus dihantui masa lalunya yang kelam. Masa lalunya ini terjadi saat ayah ibunya meninggal dengan cara yang janggal.

Akhirnya dia memutuskan untuk mendatangi sebuah villa yang dulu suka didatangi oleh ayahnya untuk mencari tahu penyebab kematian kedua orang tuanya. Di sanalah dia bertemu Maya, saudara tirinya yang juga memiliki kepentingan sendiri. Di villa itulah ternyata terkuak rahasia mengerikan ayahnya yang membawa nasib yang mengerikan untuk mereka berdua.

12. Makmum

Rekomendasi film horor Indonesia selanjutnya berjudul Makmum. Film yang dirilis pada 2019 ini mengisahkan tentang Rini yang bekerja untuk ibu Kinanti, seorang pemilik asrama. Kejadian aneh di asrama itu bermula saat tiga siswi yang tinggal di tempat itu, Nisa; Putri; dan Nurul; sedang dilarang keluar asrama karena nilainya jelek. 

Tiba-tiba saja Putri terus menerus kerasukan. Rini akhirnya menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal dari asrama ini. Ternyata terdapat sosok hantu bernama “Makmum” yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa mereka. Kisah Makmum berlanjut pada sekuel 2 yang sudah rilis pada 2021.

13. Mata Batin

Poster film Mata Batin. instagram.com

Film Mata Batin menceritakan tentang Alia, diperankan oleh Jessica Mila, yang memiliki adik dengan keahlian khusus. Adik Alia, Abel, mengaku sering melihat makhluk-makhluk halus di rumahnya. Alia berusaha untuk membawa Abel ke psikiater namun Abel menolaknya karena dia merasa bahwa mata batinnya telah terbuka semenjak dia kecil. 

Untuk membuat Alia percaya, akhirnya Abel membawa Alia ke seorang paranormal bernama bu Windu agar mata batinnya dibuka. Akhirnya Alia memiliki kemampuan yang sama dengan Abel. Namun petaka muncul, karena energi negatif dari makhluk halus itu terlalu banyak, Abel dan Alia jadi disakiti oleh mereka yang tak kasat mata itu. Cerita Alia dan Abel yang dirilis pada 2017 ini berlanjut pada film Mata Batin 2 yang sudah tayang pada 2019.

14. Alas Pati

Cerita horor ini bermula saat empat orang sahabat bernama Raya, Dito, Jessy, Vega dan Rendy mempunyai sebuah channel Youtube yang menceritakan kisah horor. Untuk mengambil video menarik lainnya, mereka pergi ke hutan bernama Alas Pati atau yang berarti hutan mati. Konon Alas Pati memiliki cerita misteri yang melegenda sehingga menjadi kawasan terlarang. 

Karena berani mendatangi kawasan terlarang tersebut, maka salah satu temannya bernama Jessy, tewas di dalam hutan itu. Bukannya menolong mayat Jessy, mereka justru pergi meninggalkan mayatnya. Akhirnya Jessy menjadi gentayangan dan menuntut semua teman-temannya untuk mati bersamanya di Alas Pati itu.

15. Mirror 

Film horor dari Indonesia berjudul Mirror diperankan oleh Nirina Zubir. Ia berperan menjadi seorang anak SMA bernama Kikan. Kikan dikenal menjadi anak paling jahil di sekolahnya dan suka menakuti teman-temannya. 

Sampai akhirnya terdapat suatu kejadian aneh yang membuat dirinya bisa melihat orang-orang di sekitarnya akan segera meninggal dengan melihat melalui sebuah cermin. Kikan pun berusaha untuk memberitahu orang-orang tersebut namun tidak ada yang mempercayainya. Sampai datang suatu hal yang membuatnya frustasi yaitu dia bisa melihat kematiannya sendiri.

16. Danur: I Can See Ghosts

Danur: I Can See Ghosts yang rilis pada 30 Maret lalu mengumpulkan 2,7 juta penonton yang berada dalam peringkat ketiga dalam film terlaris Indonesia 2017. Danur: I Can See Ghosts mampu mengumpulkan keuntungan kotor 95 miliar rupiah. facebook.com

Film Danur merupakan salah satu film horor terbaik di Indonesia,  Danur diambil dari kisah nyata seorang youtuber spesialis konten horor bernama Risa Saraswati. Film ini menjadi bagian awal dari cerita Risa yang memiliki kemampuan Indigo.

Film ini bercerita tentang masa kecil Risa yang selalu merasa kesepian karena orang tuanya sibuk bekerja dan dia selalu bermain sendiri di rumah. Suatu hari tiba-tiba ada tiga anak laki-laki keturunan belanda yaitu William, Janshen dan Peter. Risa sangat senang dengan kehadiran mereka. 

Sampai suatu saat ibu Risa menyadari ada sesuatu yang aneh dari anaknya. Akhirnya ibu Risa memanggil paranormal untuk anaknya agar dapat melihat wujud asli dari tiga anak laki-laki itu. Ternyata mereka bertiga adalah korban yang mati pada saat Jepang menyerang Belanda dan menguasai Indonesia pada zaman itu. 

Risa sempat berjauhan dengan tiga hantu tersebut, namun tak lama hantu tersebut dapat kembali menjadi temannya. Kisah mereka tidak sampai di situ saja, kamu harus menonton lanjutannya pada film Dannur 2 : Maddah yang jauh lebih menyeramkan. Makin penasaran kan?

17. Mangkujiwo

Film setan dari Indonesia berjudul Mangkujiwo secara garis besar menceritakan tentang asal usul bagaimana kuntilanak bisa tercipta dan gentayangan untuk membalaskan dendamnya yang belum usai. Tidak hanya menampilkan terbentuknya sosok kuntilanak, Mangkujiwo juga terdapat alur tentang perebutan tahta dan pusaka di tanah Jawa.

18. Lampor Keranda Terbang

Dari melihat judulnya kamu pasti sudah merinding, bukan? Lampor merupakan film horor Indonesia terseram yang bercerita tentang sebuah desa harus mengalami teror keranda terbang karena ulah salah satu  wanita bernama Netta. Ia dituduh sebagai pembawa musibah atas semua teror yang terjadi di desa itu. Kamu bisa menonton Lampor Keranda Terbang di Netflix.

19. Bangsal 13

Bangsal 13 bercerita tentang Hera yang mengalami kecelakaan akibat perbuatan Mina dan Natasha. Hera pun dilarikan ke rumah sakit, namun ruangan rumah sakit sedang penuh, sedangkan Hera harus segera mendapat penanganan medis. 

Akhirnya rumah sakit membuka sebuah bangsal 13, bangsal yang sudah kosong selama 20 tahun lamanya. Bukannya Hera membaik ketika dirawat, dia pun harus mendapatkan banyak teror dari bangsal 13 tersebut. Ada seorang arwah suster yang ingin membalas dendamnya.

20. Menjelang Magrib

Cerita Menjelang Magrib bermula saat tiga mahasiswa jurusan psikologi bernama Thalia, Ahmad, Erlan sedang melakukan penelitian bersama untuk skripsinya. Mereka bertiga meneliti seorang wanita yang mengalami gangguan jiwa bernama Nina, yang dipasung oleh keluarganya. Ternyata selain gila, Nina juga sering mengalami kerasukan dan bertingkah menyeramkan. Inilah yang pada akhirnya membuat mereka bertiga terjebak dalam situasi berbahaya.

21. KKN di Desa Penari

Poster Wahana Rumah Hantu KKN di Desa Penari. Dok. Istimewa

Rekomendasi film horor Indonesia keren lainnya adalah KKN di Desa Penari. Film ini berhasil meraih penghargaan dengan jumlah penonton terbanyak yaitu 10 juta orang. KKN di Desa Penari bercerita tentang lima mahasiswa yang pergi ke sebuah desa untuk melakukan kegiatan kuliah kerja nyata sebagai tugas kampusnya. 

Ternyata perjalanan mereka tidak berjalan lancar karena salah satu dari mereka melakukan pelanggaran berat di desa itu dan membuat hantu penunggu desa bernama Badharuwi murka dan berencana untuk menahan mereka semua di desa tersebut sampai mati. 

Itulah rekomendasi film horor paling menyeramkan versi Cantika. Jadi, film mana yang menurut kamu paling menyeramkan?   

BacaAlasan Mengapa Nonton Pengabdi Setan 2, Film Horor Rasa Drama Keluarga

Baca: 10 Rekomendasi Film Horor untuk Rayakan Halloween, Ada Ratu Ilmu Hitam

LINTANG OLIVIA | NETFLIX | DISNEY HOTSTAR | YOUTUBE 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."