9 Merek Exfoliating Toner Lokal Terbaik, Aman untuk Pemula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Toner/Freepik

Ilustrasi Toner/Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaExfoliating toner merupakan salah satu dari rangkaian produk skincare yang dipakai pada malam hari. Produk ini memiliki fungsi utama untuk mengangkat sel- sel kulit mati dan kotoran menumpuk pada wajah sekaligus meratakan warna kulit.

Saat ini banyak produk lokal yang memproduksi exfoliating toner. Jangan anggap remeh, kualitasnya tidak kalah dengan produksi luar negeri. Selain itu, harganya pun jauh lebih murah. Sebagai pemula, kamu bisa mencoba beberapa produk di bawah ini. 

Berikut 9 merek exfoliating toner lokal untuk pemula yang wajib diketahui!

1. Wardah Crystal Secret

Crystal Secret/ Website Wardah Beauty

Wardah Crystal Secret merupakan exfoliating toner lokal dengan kandungan utama seperti natural AHA + PHA, allantoin, dan edelweiss extract. Produk ini mampu mengeksfoliasi sel kulit mati dengan lembut  jadi tidak membuat iritasi atau kemerahan. Produk ini juga bermanfaat untuk mencerahkan secara menyeluruh, menenangkan dan menghaluskan tekstur wajah.

2. Somethinc Glow Maker

Glow Maker/ Instagram-Somethincofficial

Exfoliating toner dari Somethinc ini cukup banyak disukai masyarakat. Somethinc Glow Maker juga mendapatkan banyak ulasan baik di media sosial. Alasannya produk ini memiliki kandungan seperti 3 persen glycolid acid AHA, 0,01 salicylic acid BHA, 0,1 persen lactobionic acid PHA. Kandungan-kandungan dengan persentase rendah itu cocok untuk digunakan pemula.

Exfoliating toner lokal ini juga aman dipakai setiap hari. Somethinc memiliki khasiat untuk mengangkat sel-sel dan membersihkan pori-pori tersumbat. Produk ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak perlu di bilas.

3. Azarine

Azarine/ website Azarine

Azarine termasuk produk exfoliating toner terbaik dan cocok untuk pemula yang baru pertama kali mencoba exfoliasi. Azarine memiliki kandungan yang disebut sebagai key ingredients seperti, BHA, azeclair, AHA, dan keratoline. 

Azarine dapat menetralkan pH kulit serta meratakan tekstur kulit, membantu mencerahkan wajah dan mengusir flek hitam. Azarine juga bebas dari alkohol oil, dan fragrance sehingga aman di kulit sensitif. 

4. Skintific 

Skintific/ Instagram-Skintificid

Skintific Exfoliating Toner aman untuk dipakai oleh orang dengan kulit sensitif karena bebas dari kandungan alkohol yang dapat membuat iritasi. Dengan kandungan 5 persen AHA, BHA, PHA, produk ini dipercaya bisa memudarkan noda bekas jerawat, membersihkan pori-pori tersumbat dan mengecilkannya serta ampuh mengangkat komedo.

Kelebihan lainnya, produk ini tidak menimbulkan rasa perih ketika dipakai pada saat wajah kamu sedang berjerawat. Skintific disarankan untuk dipakai 2-3 kali dalam sepekan. 

5. Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin/website Avoskin

Avoskin Miraculous Refining Toner dapat menjadi pilihan toner untuk eksfoliasi wajah secara menyeluruh. Karena Avoskin memiliki kandungan AHA, BHA, PHA, dan PGA yang dipadukan dengan niacinamide, tea tree 2 persen, witch hazel, dan aloe vera. 

Campuran dari kandungan tersebut diantaranya ampuh untuk mengangkat sisa kotoran di wajah, membantu menjaga kelembaban dan menghaluskan tekstur kulit. Avoskin dapat digunakan untuk semua tipe kulit termasuk kulit berjerawat.

6. Whitelab

Whitelab/website Whitelab

Whitelab exfoliating toner merupakan salah satu merek lokal yang aman untuk pemula. Produk ini memiliki kandungan utama yaitu AHA 6 persen, Niacinamide 2 persen, BHA 1 persen, dan PHA 0,10 persen. Kamu cukup menggunakan produk ini 2 - 4 kali dalam seminggu. 

Whitelab cocok digunakan untuk tipe kulit berminyak alias oily skin. Produk ini memiliki beberapa manfaat baik selain mengangkat sel kulit mati yaitu, mengurangi kemerahan dan iritasi akibat jerawat serta membantu membersihkan pori yang tertutup oleh kotoran minyak.

7. Sbcskin

Sbcskin/website Sbcskin

Sbcskin exfoliating 2 persen BHA toner mampu mengatasi beruntusan pada wajah. Selain beruntusan, produk ini juga ampuh mengatasi keluhan wajah berjerawat pada umumnya. 

Sbcskin juga diperkaya dengan kandungan extract aloe vera dan extract chamomile yang bermanfaat untuk meredakan inflamasi dan melembutkan wajah. Produk ini cocok untuk tipe oily skin atau kombinasi. 

8. Kombucha Gentle Multi Acid Toner

Kombucha Gentle Multi Acid Toner/ Instagram The bath box

Kombucha toner exfoliating terbuat dari bahan-bahan alami pilihan sehingga aman untuk semua jenis kulit. Bahan-bahan alaminya seperti  teh kombucha, edelweiss extract, dan fruit AHA yang berasal dari sugar cane, orange, lemon, dan sugar maple extract. Dengan bahan alami tersebut, toner ini mampu mengangkat kulit mati secara lembut tanpa menimbulkan iritasi sekaligus dapat menyegarkan wajah.

9. Bhumi 

Bhumi/Website Bhumi

Bhumi memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama dengan produk rekomendasi lainnya. Namun yang membedakan toner ini dengan toner lainnya adalah produk ini memiliki kandungan utama rosehip oil. Rosehip oil yaitu carrier oil yang kaya akan linoleic acid dan retinoic acid dapat  membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan mengatasi masalah kulit lainnya. Bhumi juga dapat membantu pembentukan produksi Kolagen sebagai anti aging.

Tips Memilih Exfoliating Toner untuk Pemula

Penting agar kamu melakukan eksfoliasi alias mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati di lapisan terluar kulit perlu menggunakan produk exfoliating toner yang tepat. Karena efektif atau tidaknya proses eksfoliasi tergantung dari bahan-bahan yang ada dalam produk dan tentunya juga berbeda cara kerjanya pada tiap jenis kulit. Dengan mengikuti tips di bawah ini, kamu bisa mengetahui cara memilih produk yang sesuai tanpa perlu merusak kulit.

A. Mengetahui Tipe Kulit

Tips pertama ini sangat penting untuk dipikirkan karena beberapa jenis produk yang dijual pasti punya kualifikasi untuk jenis kulit yang berbeda-beda. Ada tipe untuk kulit kering alias dry skin, kulit berminyak alias oily skin, ataupun jenis kombinasi. Tidak hanya jenis produk yang berbeda, permasalahan kulitmu juga pasti berbeda-beda. 

Ada yang mengalami banyak jerawat dan susah hilang, ada yang mukanya kusam dan ada juga yang mempunyai keluhan pori-pori lebar. Jadi harus teliti membaca fungsi dan jenis kulit seperti apa pas dengan toner itu. 

B. Terdapat Dua Jenis Produk Exfoliator

Produk exfoliasi terbagi menjadi dua yaitu physical dan chemical exfoliator. Bentuk physical atau dalam bentuk fisik seperti, scrub, spons, dan pore brush. Produk physical ini proses pengangkatan sel kulit matinya secara manual, karena kita perlu menggosok-gosoknya di kulit wajah. Jika terlalu kencang, maka wajah bisa terluka, jadi tidak disarankan untuk kulit sensitif.

Berbeda dengan jenis chemical exfoliator, yaitu produk  cairan dengan kandungan acid seperti AHA, BHA dan PHA. Chemical cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif sekalipun. Chemical juga dinilai lebih efektif untuk semua permasalahan kulit dengan daya serapnya lebih dalam sehingga lebih ampuh.

C. Mengetahui Perbedaan Kandungan AHA, BHA, PHA

Dalam jenis chemical exfoliating, terdapat kandungan AHA, BHA, PHA yang ternyata memiliki fungsi tersendiri untuk wajah yang wajib kamu tahu. Informasi ini dilansir dari Bty aly, kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) larut dalam air dan memiliki sifat keratolitik/pengelupasan. 

Kandungan ini membantu menghilangkan sel-sel mati dan mempercepat pembaharuan sel. AHA umumnya untuk kulit kering dan juga memiliki efek anti-penuaan serta melembabkan. Kandungan BHA (Beta Hydroxy Acid), BHA dapat menembus ke dalam pori-pori dan membantu menghilangkan komedo. Berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati seperti AHA, namun lebih cocok untuk tipe kulit berminyak.

Terakhir ada kandungan PHA (Poly Hydroxy Acids), memiliki sifat anti inflamasi dan sifat antioksidan. PHA sempurna untuk kulit sensitif yang mudah iritasi. 

D. Tidak Semua Toner Bisa Digunakan Setiap Hari

Terdapat beberapa toner yang bisa digunakan setiap hari ataupun dipakai hanya dalam 1-2 kali dalam sepekan. Semua itu tergantung tinggi dan rendahnya persentase kandungan acid di dalamnya.  Kamu perlu membaca dengan detail pada deskripsi produknya. Karena kalau sampai salah dalam penggunaan, bisa-bisa dapat merusak skin barrier sehingga nantinya sulit untuk kembali seperti semula.

E. Melakukan Uji Coba

Ketika kamu sudah mengetahui jenis dan kandungan produk yang sesuai, kamu juga tetap perlu melakukan uji coba. Hal ini penting untuk meminimalisir keadaan wajah apabila tidak cocok dengan produknya. 

Karena jika tidak cocok maka akan muncul gatal-gatal, kemerahan dan rasa panas di wajah. Coba untuk memakainya pada bagian tertentu di wajah, jadi jangan langsung dipakai pada seluruh muka. Jika tidak ada reaksi tersebut maka produk aman untuk digunakan.

Itulah rekomendasi dan juga tips untuk memilih exfoliating toner agar aman versi Cantika, semoga membantu.

Baca: Bingung Memilih? Ini Perbedaan Hydrating Toner dan Exfoliating Toner

LINTANG OLIVIA |  BTYALY | WARDAH BEAUTY | WHITELAB | AZARINE | AVOSKIN | SOMETHINC | THE BATH BOX | BHUMI | SBCSKIN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."