Cegah Kaki Lecet Akibat Sepatu Baru dengan Plester dan 4 Hal Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mencoba sepatu baru. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mencoba sepatu baru. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berbelanja sepatu salah satu momen menyenangkan bagi perempuan. Namun ada sedikit momok yang tidak menggembirakan saat memakai sepatu baru, sekalipun ukuran sudah pas dengan kaki masing-masing. Jujur saja, beberapa di antara kita kerap mengalami lecet di tahap penyesuaian dengan bentuk kaki. Salah satu yang kerap kita lakukan adalah memasang plester di bagian belakang kaki untuk mengurangi gesekan di awal pemakaian. Tapi ternyata, bedak bayi hingga deodoran pun bisa menjadi penyelamat. Seperti apa caranya?

 

Berikut sejumlah tips mencegah kaki lecet akibat sepatu baru dikutip dari laman Pink Villa

1. Deodoran

Oleskan deodoran pada tumit dan pergelangan kaki, bagian-bagian kaki tersebut lebih rentan terhadap lecet. Penggunaan deodoran bisa mengurangi gesekan antara sepatu dan kaki Anda.

2. Petroleum jelly

Anda bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengurangi gesekan dan mencegah kaki melepuh. Oleskan pada tumit, pergelangan kaki, dan bagian belakang kaki agar membuat kaki Anda lembap dan mencegah gesekan.

3. Kaus kaki

Cara lain yang untuk mencegah lecet akibat sepatu baru dengan memakai kaus kaki. Pilihlah sepasang kaus kaki sintetis tebal dan jika sepatu Anda terasa longgar, lapisi kaus kaki Anda. Ini akan mencegah sepatu Anda menekan kulit Anda.

4. Plester

Tips ini sudah familiar diterapkan beberapa di antara kita. Gunakan plester biasa atau plester bedah untuk mencegah kaki lecet. Anda bisa memasangnya di bagian dalam sepatu atau kaki Anda. Biasanya bagian kaki yang ditutupi plester adalah bagian belakang kaki dan jari kaki Anda. Cara ini bisa melindungi kulit serta menghindari gesekan dan lecet.

5. Bedak bayi

Bedak bayi juga bisa menolong Anda mencegah lecet kaki. Taburkan sedikit bedak bayi di sepatu baru Anda. Hal itu membuat bagian dalam sepatu lembut dan mencegah kaki lecet akibat gesekan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."