11 Hantaran Lamaran Sederhana yang Wajib Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi hantaran lamaran/Pinterest

Ilustrasi hantaran lamaran/Pinterest

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu sebentar lagi akan mulai mengikat janji dengan pasangan? Lalu apa saja yang dibawa saat lamaran nanti? Pada saat prosesi lamaran, biasanya calon suami akan memberikan beberapa hantaran yang berisi barang-barang kesukaan atau kebutuhan untuk pihak calon istri. Hantaran lamaran menjadi simbol kesepakatan dan juga simbol kesanggupan dari calon suami yang nantinya siap untuk menafkahi calon istri. 

Lalu sudah kepikiran apa saja yang dibawa perlu dibawa saat lamaran? Bila masih belum ada ide juga, yuk simak 11 hantaran lamaran sederhana yang bisa jadi referensi menarik kamu.

Hantaran Lamaran Sederhana

Hantaran untuk lamaran tidak perlu harus berisi barang-barang mewah dan besar. Kamu bisa menyiapkan barang-barang sederhana penuh makna atau barang yang biasa dipakai sehari-hari lho.

Berikut 11 hantaran lamaran sederhana yang wajib kamu tahu.

1. Cincin dan Satu Set Perhiasan

Cincin merupakan hantaran lamaran yang tidak boleh lupa dan harus menjadi prioritas bawaan nomer satu. Karena cincin menjadi tanda pengikat antara kedua calon untuk melanjutkan ke tahap pernikahan. Selain cincin, jika mampu dan tidak memberatkan, bisa ditambahkan perhiasan lain seperti gelang atau kalung. Namun hal ini harus sesuai kesepakatan antara kamu dan calon istri ya.

Baca Juga:

Hantaran Daun Sirih/Pinterest

2. Daun Sirih

Daun sirih dapat menjadi hantaran seserahan pernikahan yang simple untuk dibuat. Biasanya masyarakat daerah Aceh atau adat melayu yang menggunakan seserahan ini. Daun ini menjadi simbol kesejahteraan untuk kebahagiaan untuk rumah tangga calon pengantin kelak. Daun sirih juga sebaiknya disusun seperti contoh yang ada di gambar atau tulang daunnya saling bertemu. Karena sebagai arti keharmonisan dan juga kerukunan.

3. Tampah Berisi Makanan

Hantaran lamaran selanjutnya yang dapat menjadi pilihan adalah tampah berisi makanan. Bisa berupa jajanan basah ataupun jajanan kering sesuai selera. Disarankan untuk mengisi makanan dengan berbagai macam warna agar terlihat cantik ketika disusun.

4. Peralatan Mandi

Peralatan mandi seperti handuk lembut lengkap dengan produk mandi seperti shampo, sabun, sikat gigi juga dapat menjadi ide seserahan lamaran yang sederhana. Selain sederhana, tentunya hantaran ini akan sangat bermanfaat untuk calon pengantin. Namun kamu perlu menanyakan terlebih dahulu produk mandi apa yang biasa digunakan agar tidak salah membeli.

Satu set hantaran pakaian dalam/Pinterest

5. Satu Set Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga bisa menjadi hantaran lamaran simple dan sederhana tentunya. Tidak perlu merasa malu, saat ini sudah banyak tutorial seperti di youtube ataupun pinterest untuk menyusun seserahan berupa pakaian dalam menjadi bentuk-bentuk lucu dan indah untuk disusun.

6. Tas dan Sepatu

Tas dan sepatu dapat menjadi isi hantaran pernikahan simple karena tidak perlu repot menghiasnya dengan banyak dekorasi. Cukup gunakan kotak acrylic dengan tambahan bunga di pinggirnya sudah dapat membuat tampilannya cantik.

7. Satu Set Make Up

Semua wanita pastinya akan sangat senang jika dibawakan satu set make up seperti ini, apalagi isinya merupakan make up yang sehari-hari mereka gunakan. Berdiskusi dulu dengannya agar dapat membeli make up sesuai kebutuhan dan juga budget yang ada.

8. Satu Set Skincare

Selain make up, hantaran lamaran juga dapat berisi satu set skincare. Sama dengan make up, kamu perlu bertanya dan mendiskusikan produk apa saja yang perlu dimasukkan kepada calon mu ya. Karena nanti dia yang akan memakainya dan tentunya dia sudah punya list skincare yang biasa dipakai untuk sehari-hari.

9. Hobi yang Dia Sukai

Terkadang, seserahan atau hantaran lamaran tidak harus selalu yang bermanfaat. Kamu juga bisa mengisi kotak seserahan dengan hal-hal atau hobi yang dia sukai. Misalnya isi dengan buku-buku genre tertentu jika dia suka membaca buku atau misalnya dia merupakan fans dari idol grup korea, maka kamu dapat memberikan merchandise idol grup korea favoritnya. Dijamin calonmu akan sangat senang dan merasa terharu karena kamu mendukung hobinya.

10. Perlengkapan untuk Tidur

Perlengkapan untuk tidur juga bisa masuk ke dalam list seserahan pernikahan simple yang wajib untuk dibawa. Isinya dapat berupa piyama couple dengan calon suami, lingerie, selimut, ataupun sprei. Pilihlah bahan yang lembut dengan kualitas tinggi agar nyaman digunakan nantinya untuk tidur berdua.

11. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah juga dapat menjadi inspirasi bawaan untuk seserahan. Namun memberikan hantaran ini tidak boleh hanya menjadi sebatas simbol bawaan saja. Ketika kamu memberikannya perlengkapan ibadah, tandanya kamu harus membimbing dan selalu harus melakukan ibadah bersamanya selamanya.

Perbedaan Hantaran dan Seserahan

Sebenarnya masih banyak masyarakat yang tidak bisa membedakan antara kedua istilah ini karena dianggap sama saja. Balik lagi hal ini merupakan bentuk budaya yang masing-masing daerah punya kebiasan dan aturannya masing-masing.

Namun ternyata perbedaan hantaran dan seserahan terdapat pada isinya. Seserahan biasanya berisi daftar kebutuhan penting dan memiliki nilai berharga untuk calon dari pihak wanita sebagai tanda dari calon dari pihak pria yang serius ingin meminangnya dan secara tidak langsung menunjukkan kemampuan finansialnya. 

Sedangkan hantaran, bisa dibawa secara bergantian antara dari keluarga calon wanita atau calon pria yang berisi makanan berupa jajanan pasar seperti kue manis dan asin, roti buaya dan juga buah-buahan. Biasanya hantaran makanan ini dibawa pada saat acara lamaran, sedangkan seserahan ada juga yang membawa pada saat lamaran dan pada saat acara pernikahannya. Semua tergantung kesepakatan kedua belah pihak dari masing-masing keluarga mempelai.

Itulah rangkuman rekomendasi barang yang dapat dibawa sebagai hantaran lamaran sederhana dan praktis. Semoga bisa menjadi referensi sahabat Cantika.

Baca: Betulkah Mahar Pernikahan Berkaitan dengan Harga Diri Perempuan?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA | BERBAGAI SUMBER

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."