7 Manfaat Membaca untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Menurut Penelitian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang membaca buku. Unsplash/Streetwindy

Ilustrasi wanita sedang membaca buku. Unsplash/Streetwindy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu membaca punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Salah satu manfaat membaca yang diungkap studi adalah mengurangi stres. Penelitian lain mengungkapkan membaca bisa memperpanjang usia. Wah, banyak sekali manfaat untuk kita, ya. Sayang sekali jika dilewatkan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tujuh manfaat membaca yang dihimpun dari berbagai penelitian.

1. Mengurangi Stres

Membaca adalah kegiatan yang menenangkan pikiran. Membaca juga memberi informasi dan memberi kamu ruang untuk menjadi diri sendiri dan memproses pikiran kamu.

Mindful reading tidak hanya melibatkan otak kamu untuk membaca dan memahami beberapa kata, tetapi juga merangsang pikiran untuk memikirkan beberapa hal. Jadi, alih-alih memahami membaca sebagai proses mendapatkan informasi dari teks tertulis, perlu dipahami bahwa membaca lebih merupakan proses interaktif antara pembaca dan kata-kata.

Menurut studi Universitas Sussex di Inggris pada tahun 2009, aktivitas membaca bisa mengurangi stres dan kecemasan sebesar 68%. Studi tersebut juga menemukan bahwa membaca terbukti lebih efektif dalam memerangi stres daripada musik dan jalan-jalan sore.

2. Mengurangi Risiko Penurunan Kognitif

Beberapa studi penelitian telah menemukan bahwa membaca mengurangi risiko penurunan kognitif dan juga menunda timbulnya penyakit. Membaca telah dilihat sebagai aktivitas yang merangsang mental dan mampu memperlambat demensia.

Sebuah studi tentang penyakit Alzheimer, yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences pada tahun 2001, menyimpulkan bahwa orang yang terlibat dalam aktivitas yang merangsang mental memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih kecil untuk mengembangkan Alzheimer.

3. Berkontribusi pada Umur Panjang

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine menemukan bahwa membaca buku meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hingga 23%.

Seperti dikutip dari Medical News Today, dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak membaca buku, mereka yang membaca buku hingga 3 ½ jam setiap minggu memiliki kemungkinan 17 persen lebih kecil untuk meninggal selama 12 tahun masa tindak lanjut.

Sementara mereka yang membaca lebih dari 3 ½ jam setiap minggu lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal. Sebanyak 23 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal.

Masih menurut studi tersebut, orang dewasa yang membaca buku bertahan hidup hampir 2 tahun lebih lama selama 12 tahun tindak lanjut dibandingkan pembaca non-buku.

4. Semakin Berempati

Membaca buku fiksi membangkitkan perasaan empati pada orang-orang. Bacaan tersebut bisa membuat kita sadar akan emosi yang berbeda dan mengenalkannya pada berbagai perilaku manusia melalui karakter.

5. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Orang yang banyak membaca biasanya berpengetahuan luas dan memiliki teori pikiran yang lebih baik. Selain selalu terinformasi dengan baik, mereka juga memiliki kemampuan untuk memahami orang, lingkungan sekitar, dan berbagai proses berpikir.
Membaca juga memberi kamu epercayaan diri untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa ragu-ragu.

6. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Sejumlah studi juga mengungkapkan membaca bisa bantu tidur lebih nyenyak. Pakar kesehatan merekomendasikan orang dewasa untuk mengurangi penggunaan gawai satu jam sebelum tidur. Disarankan membaca buku karena meningkatkan produksi melatonin di otak yang menginduksi tidur di dalam diri kita.

7. Bikin Lebih Pintar

Manfaat membaca yang satu ini tidak perlu dikatakan lagi. Membaca pasti menambah cakrawala belajar dan informasi serta memperkaya pikiran kamu. Selain itu, membaca mempertajam otak kamu dan membuatnya lebih mudah menerima informasi baru.

Membaca juga membuat kamu mengikuti peristiwa terkini dan memberi kamu keberanian untuk berbicara di depan orang lain dengan percaya diri.

Wah, banyak sekali manfaat membaca untuk kita, ya. Sayang jika dilewatkan, Sahabat Cantika.

TIMES OF INDIA

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Membaca Buku untuk Bayi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."