Sri Asih Tayang Hari Ini, Padukan Superhero Perempuan dengan Kearifan Lokal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Bumilangit Cinematic Universe merilis trailer film Sri Asih. Foto: Instagram Bumilangit Official.

Bumilangit Cinematic Universe merilis trailer film Sri Asih. Foto: Instagram Bumilangit Official.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhirnya yang ditunggu-tunggu tayang juga, kehadiran film Sri Asih dengan genre superhero seperti oase di padang pasir. Bisa dibilang film superhero di Indonesia khususnya perempuan belum ada. Sementara di jagat Hollywood sudah didahului dengan munculnya film superhero berjudul Black Panther dan Wonder Woman. 

Tak heran jika penonton film Indonesia menaruh ekspektasi tinggi pada film yang dibintangi oleh sederet aktor papan atas Indonesia. Film besutan sutradara perempuan Upi ini dibuka dengan asal muasal kisah kelahiran Alana yang dilingkupi oleh Dewi Api (diperankan Dian Sastro). 

Sri Asih yang diperankan Pevita Pearce berkisah tentang seorang perempuan bernama Alana yang tidak mengerti kenapa ia selalu dipengaruhi amarah, tetapi ia selalu berusaha melawannya. Memasuki usia dewasa, Alana menemukan fakta mengenai asalnya: ia bukan perempuan biasa. 

Pevita Pearce berpose saat menghadiri gala premier film Sri Asih di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Selasa, 15 November 2022. Film superhero Sri Asih ini dibintangi Pevita Pearce, Reza Rahardian, Jefri Nichol, Dian Sastrowardoyo, Dimas Anggara, dan Randy Pangalila. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Kehadiran Alana bisa jadi adalah berkah untuk kemanusiaan dan menjadi pelindungnya sebagai Sri Asih keturunan Dewi Asih, sang dewi kebajikan. Atau sebaliknya, ia bisa juga menyebabkan kehancuran bagi dunia, jika ia tak bisa mengontrol amarahnya. 

Uniknya, karena Indonesia kental dengan kearifan lokal maka kehadiran perkumpulan Jaga Bumi yang diketuai dan diperankan dengan ciamik oleh Christine Hakim ini turut mewarnai plot cerita kebaikan melawan kejahatan.  Sentuhan nuansa lokal Jawa sangat kental manakala terdapat ritual Alana ditahbiskan menjadi Sri Asih. Pevita juga tampak menjiwai saat ia menyanyikan senandung lagu Jawa dengan cengkok khasnya. 

Di luar jalan cerita yang dilapisi twist demi twist yang akan membuat penonton meraba-raba siapa dalang dibalik kondisi chaos yang akan membangkitkan kembali kehadiran penguasa kejahatan Dewi Api, film Sri Asih menandai esksistensi perempuan sebagai superhero. 

Jefri Nichol berpose saat menghadiri gala premier film Sri Asih di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Selasa, 15 November 2022. Film fiksi-laga Sri Asih merupakan bagian dari Jagat Sinema Bumilangit. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Ditampilkan sosok Alana yang tegas, chill, kekinian, dan segera bangkit menyelesaikan masalah tanpa drama yang melankolis. Bagaimana cara dia mengambil keputusan di situasi genting walau tak dimungkiri hatinya juga diliputi perasaan hancur manakala ingat keselamatan ibu sambungnya. 

Penasaran, apakah Alana bisa mengontrol amarahnya untuk menyelesaikan misi penting dalam kehidupan umat manusia? Sahabat Cantika pastikan nonton aksi Pevita Pearce yang menawan dan layak mendapat tepuk tangan atas pencapaiannya memerankan karakter superhero. 

Kalian juga akan dimanjakan oleh akting yang tak kalah menarik lainnya sepeti Reza Rahadian, Jeffri Nichol, Dimas Anggara, Revaldo, Randy Pangalila, Surya Saputra, Ario Bayu, Faradina, dan masih banyak lagi 

Baca: Sri Asih Tayang Hari Ini, Pevita Pearce Nervous Sampai Ogah Buka Media Sosial

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."