Hari Diabetes Sedunia, Tahukah Anda 3 Gaya Hidup Ini Bisa Kelola Kadar Gula Darah

Ilustrasi dua orang sedang berolahraga (Sumber: freepik)

kesehatan

Hari Diabetes Sedunia, Tahukah Anda 3 Gaya Hidup Ini Bisa Kelola Kadar Gula Darah

Senin, 14 November 2022 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Merefleksikan Hari Diabetes Sedunia, salah satu tantangan terbesar dalam dunia kesehatan adalah Diabetes Mellitus. Masalah kesehatan ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Nah, diabetes tidak hanya memengaruhi kadar glukosa tubuh tetapi juga dikaitkan dengan komplikasi ginjal, obesitas, serta penyakit jantung.

Setiap tahun pada tanggal 14 November, Hari Diabetes Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang semakin kompleksnya kondisi kesehatan ini. Hari itu juga diperingati untuk memperingati ulang tahun kelahiran Sir Frederick Banting, yang menemukan insulin bersama Charles Best pada tahun 1922.

Diabetes dapat dikontrol dengan beberapa penyesuaian dalam pola makan dan gaya hidup. Sementara pengobatan memainkan peran penting, gaya hidup sehat hanya mempercepat dan melengkapi proses pemulihan. Berikut perubahan gaya hidup yang bisa mempertahankan kadar gula darah Anda:

1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi telah dikaitkan dengan kadar gula darah yang terkontrol. Anda harus mengonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam sehari. Mengonsumsi air secara teratur membantu tubuh membuang racun.

2. Aktivitas fisik

Termasuk beberapa bentuk aktivitas fisik, terutama bagi orang yang menjalani gaya hidup tidak aktif, sangat penting untuk manajemen gula darah. Olahraga dianggap sebagai rejimen terapi yang penting. Pada pasien diabetes, ini meningkatkan manfaat kardiovaskular, membantu manajemen berat badan, dan juga meningkatkan kontrol glikemik.

3.  Kontrol ukuran porsi makan

Mempraktikkan kontrol porsi dengan diabetes tipe 2 sangat penting. Sesuai laporan Healthline, "strategi seperti menghitung karbohidrat, metode piring, dan mengukur porsi dengan tangan dapat membantu Anda menghindari makan terlalu banyak karbohidrat dan kalori." Dengan mengikuti metode ini, Anda akan dapat menjaga berat badan serta kadar gula darah tetap terkendali.

Selain perubahan gaya hidup ini, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sertakan makanan karbohidrat sehat, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan kaya Omega 3 dalam makanan.

Baca: Hari Diabetes Sedunia, Anak Kurus Juga Bisa Kena Kencing Manis

HEALTHLINE | NEWS 18

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika