8 Makanan yang Dihindari Saat Hemoglobin Rendah, Wajib Diketahui!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita pusing/darah rendah. Shutterstock

Ilustrasi wanita pusing/darah rendah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kalau kamu sering mengalami pusing, lemas, pucat dan sakit kepala, bisa jadi penyebabnya adalah hemoglobin dalam tubuhmu rendah. Ketika hemoglobin (hb) rendah, maka sel darah merah tidak bisa mencukupi kebutuhan tubuh. Jika mengalami gejala tersebut maka wajib untuk memeriksakan diri ke dokter. Tidak hanya itu, ada pula makanan yang dihindari saat hemoglobin rendah. Harapannya agar kondisi tubuh tidak semakin parah.

Berikut 8 makanan yang dihindari saat hemoglobin rendah.

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan yang perlu dihindari saat hb rendah. Karena ada beberapa senyawa di dalamnya yang dapat membuat penurunan tekanan darah secara drastis, sehingga berisiko memperburuk kondisi saat hb rendah. Maka dari itu, bawang putih lebih disarankan untuk penderita darah tinggi atau hipertensi.

2. Frozen Food

Makanan beku alias frozen food juga termasuk ke dalam makanan yang dihindari saat hb rendah karena memiliki kandungan sodium yang tinggi. Alasannya adalah frozen food dapat memperburuk peradangan yang terjadi bagi penderita autoimun. Jika autoimun yang dialami adalah trombositopenia atau kekurangan trombosit darah, hal ini bisa membuat keadaan tubuh semakin parah nantinya.

3. Makanan dengan Pemanis Buatan

Ternyata makanan dengan gula buatan seperti macam-macam snack, permen dan coklat yang ada di minimarket juga wajib dihindari oleh penderita hb rendah loh.  Dilansir dari verywellhealth.com, dengan mengkonsumsi gula tambahan dapat menyebabkan kelelahan yang berlebih dan mengurangi jumlah trombosit di dalam tubuh.

Ilustrasi jagung. Unsplash.com/Estudio Bloom

4. Jagung

Jagung merupakan makanan yang dihindari saat hb rendah pada ibu hamil. Untuk kamu yang sedang hamil dan mengalami kondisi hb rendah maka jangan mengkonsumsi jagung ya. Karena jagung memiliki zat tanin yang bisa menghambat penyerapan zat besi  yang mengakibatkan kekurangan zat besi dan menyebabkan terjadinya gejala anemia.

5. Bayam

Selain jagung, bayam juga termasuk ke dalam makanan yang dihindari saat hb rendah pada ibu hamil. Karena bayam mengandung asam oksalat tinggi yang dapat mengikat zat besi dan membuat kamu kekurangan zat besi yang menyebabkan terjadinya anemia.

Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

6. Kacang-kacangan

Makan kacang-kacangan perlu dihindari saat hb rendah karena mengandung zat tanin yang mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu detail jenis kacang-kacangan apa yang tidak boleh sama sekali dan yang masih bisa dikonsumsi untuk orang darah rendah.

7. Mie Instan

Mengkonsumsi mie instan terlalu sering dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan hemoglobin rendah yang akhirnya menyebabkan anemia karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan tidak diimbangi dengan makanan bergizi lainnya.

8. Umbi-umbian

Meskipun umbi-umbian seperti singkong, ubi, kentang, wortel dan lainnya memiliki kandungan zat besi yang tinggi namun tetap saja  tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Karena ternyata bisa beresiko anemia defisiensi besi, yaitu salah satu jenis anemia yang mengakibatkan menurunnya jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Baca: Kadar Hemoglobin Rendah, Kenali Sebab dan Cara Mengatasinya

LINTANG OLIVIA | TIKTOK | VERYWELLHEALTH | GODIGIT | AIDO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."