Ketahui Manfaat Merendam Wajah dalam Air Es

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ice water facial. Shutterstock

Ilustrasi ice water facial. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merendam wajah dalam air es kembali hits di dunia kecantikan. Dilihat dari viralnya sejumlah video kreator konten di media sosial belakangan ini. Juga para selebriti seperti Sydney Sweeney, Bella Hadid, dan Kate Hudson yang menunjukkan cara tersebut sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah.

Menurut Geeta Yadav, dokter kulit bersertifikat dan pendiri FACET Dermatology, menyebutkan merendam wajah dalam air es sudah ada sejak peradaban kuno. Ritual tersebut bagian dari pemandian es di zaman Yunani dan Mesir kuno. Kala itu, mereka menggunakan air es untuk menenangkan otot yang lelah dan meredakan iritasi kulit.

Di abad ke-21, ritual tersebut dimodifikasi sesuai zaman dan salah satunya merendam wajah dalam air es, kata Dr. Yadav.

Seperti apa caranya? Anda cukup mengisi wadah dengan air dan es secukupnya, lalu rendam seluruh wajah selama 20-30 detik. 

Manfaat Merendam Wajah dalam Air Es

Air es mengurangi peradangan sekaligus memberi energi pada kulit, kata Dr. Yadav. Selain itu, bantu mengatasi peradangan, kemerahan sementara, nyeri, dan meneangkan kulit yang rawan rosacea.

Ketika kulit terkena suhu yang sangat dingin, pembuluh darah di bawah permukaannya menyempit. Ini mengurangi aliran darah ke area tersebut, mengurangi kemerahan, dan pembengkakan. Ketika wajah kembali ke homeostasis (suhu normal), kapiler terbuka kembali dan rona merah muncul secara alami.

Sementara itu, dokter kulit bersertifikat, Sheel Desai Solomon mengatakan bahwa air es membantu memberi vitalitas dan warna lebih pada wajah. Selain itu, juga mampu meningkatkan kecerahan kulit dengan melancarkan sirkulasi darah.

"Air es akan mengecilkan pori-pori Anda dan membantu mengurangi minyak berlebih. Karena minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous bergerak melalui pori-pori ke permukaan kulit. Ukuran pori-pori berkurang, sehingga meminimalkan jumlah sebum yang menutupi wajah.

JESSYCA GAZELLA | WELL+GOOD

Baca juga: Selain Mengecilkan Pori-pori Kulit, Es Batu juga Bisa Bantu Atasi Jerawat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."